Lily S

09 Maret 2022 00:27

Iklan

Iklan

Lily S

09 Maret 2022 00:27

Pertanyaan

23. Dalam teks persuasi, yang dimaksud dengan pengenalan isu adalah A. pengantar atau penyampaian tentang masalah yang menjadi dasar tulisan atau pembicaraannya itu. B. Pendapat penulis/pembicara terkait dengan isu yang dikemukakan pada bagian sebelumnya. Pada bagian ini dikemukakan pula sejumlah fakta yang memperkuat argumen- argumennya itu. C. Dorongan kepada pembaca atau pendengar untuk melakukan sesuatu D. Penegasan kembali


104

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

R. Subakti

Mahasiswa/Alumni Universitas Terbuka

20 Juli 2022 09:54

Jawaban terverifikasi

Jawaban yang tepat adalah A. pengantar atau penyampaian tentang masalah yang menjadi dasar tulisan atau pembicaraannya itu. Teks persuasif adalah teks yang bertujuan untuk membujuk atau mengajak orang lain agar mengikuti pemikiran atau tindakan tertentu. Struktur teks persuasif terdiri dari: Pengenalan isu, yakni berupa pengantar atau penyampaian tentang masalah yang menjadi dasar tulisan atau pembicaraan itu. Rangkaian argumen, yakni berupa sejumlah pendapat penulis/pembicara terkait dengan isu yang dikemukakan pada bagian sebelumnya. Pernyataan ajakan, yakni sebagai inti dari teks persuasi yang di dalamnya dinyatakan dorongan kepada pembaca/pendengarnya untuk melakukan sesuatu. Penegasan kembali atas pernyataan-pernyataan sebelumnya, yang biasanya ditandai oleh ungkapan-ungkapan seperti demikianlah, dengan demikian, oleh karena itulah. Dengan demikian, pengenalan isu adalah pengantar atau penyampaian tentang masalah yang menjadi dasar tulisan atau pembicaraan itu.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Dapatkan akses pembahasan sepuasnya
tanpa batas dan bebas iklan!

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Perhatikan teks cerpen berikut! Hari ini intan hanya termenung di kamarnya. Memandangi hujan yang menari-nari mengikuti hembusan angin yang membawanya semakin ceria menari. Tirai jendela bergerak perlahan mengintip Intan yang tengah bermuram durga. la masih memikirkan kejadian siang tadi di kelas. Sungguh ia tidak sengaja menjatuhkan bekal makan milik Santi, Santi adalah sahabat yang baik dan pengertian. Intan berniat mengganti dengan mengajak Santi makan di kantin, namun ia menolaknya. Tuliskan dua kalimat bermajas personifikasi pada teks tersebut!

23

0.0

Jawaban terverifikasi