Tissa Y

24 Maret 2022 09:36

Iklan

Iklan

Tissa Y

24 Maret 2022 09:36

Pertanyaan

22. Nah, untungnya kita sudah akrab dengan teknologi internet. Media ini memungkinkan kita untuk mencari informasi semua kebutuhan kita. Banyak situs di internet yang menyediakan berbagai informasi tentang seksualitas dan reproduksi bagi remaja. Hanya saja kemajuan teknologi (termasuk internet) biasanya bagai pisau bermata dua: dia bisa bersifat sebagai teman alias penyedia informasi yang tepat, tetapi bisa juga sebagai devil advocate, teman yang malah justru menjerumuskan kita ke perbuatan yang tidak baik. Nah! Sekali lagi kita harus hati-hati dan waspada dengan situs-situs yang akan kita kunjungi. Termasuk struktur teks bagian apakah cuplikan paragraf di atas? a. Pengenalan isi b. rangkaian argumen c. penegasan kembali d. pernyataan ajakan


2

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Habibi

11 September 2022 07:11

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban: D</p><p>&nbsp;</p><p>Pembahasan:</p><p>Jika kita cermati, penggalan teks di atas adalah bagian dari teks persuasi. Teks persuasi merupakan teks yang berisi ajakan, saran, bujukan, imbauan, pengaruh, arahan, larangan, atau perintah kepada seseorang untuk melakukan suatu hal.</p><p>&nbsp;</p><p>Untuk mengetahui penggalan teks di atas termasuk pada bagian apa, maka kita perlu tahu struktur dari teks persuasi. Struktur teks persuasi adalah sebagai berikut.&nbsp;</p><p>1. Pengenalan Isu (pengantar permasalahan). Berisi awalan atau pengantar, tentang topik dasar yang menjadi pembahasan.&nbsp;</p><p>2. Rangkaian Argumen (pendapat penulis dan fakta-fakta). Berisi sejumlah pendapat penulis terkait topik yang telah dipaparkan sebelumnya. Maksudnya, bagian ini berisi data atau fakta untuk memperkuat argumen.&nbsp;</p><p>3. Pernyataan Ajakan. Berisi berbagai ajakan/dorongan kepada pembacanya agar melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang diinginkan penulis.</p><p>&nbsp;</p><p>Berdasarkan penjelasan tersebut, jika kita amati penggalan teks di atas dapat kita kategorikan sebagai bagian dari pernyataan ajakan. Hal tersebut ditandai dengan kalimat "Nah! Sekali lagi kita harus hati-hati dan waspada dengan situs-situs yang akan kita kunjungi."</p><p>&nbsp;</p><p>Dengan demikian pilihan jawaban yang tepat adalah D.</p>

Jawaban: D

 

Pembahasan:

Jika kita cermati, penggalan teks di atas adalah bagian dari teks persuasi. Teks persuasi merupakan teks yang berisi ajakan, saran, bujukan, imbauan, pengaruh, arahan, larangan, atau perintah kepada seseorang untuk melakukan suatu hal.

 

Untuk mengetahui penggalan teks di atas termasuk pada bagian apa, maka kita perlu tahu struktur dari teks persuasi. Struktur teks persuasi adalah sebagai berikut. 

1. Pengenalan Isu (pengantar permasalahan). Berisi awalan atau pengantar, tentang topik dasar yang menjadi pembahasan. 

2. Rangkaian Argumen (pendapat penulis dan fakta-fakta). Berisi sejumlah pendapat penulis terkait topik yang telah dipaparkan sebelumnya. Maksudnya, bagian ini berisi data atau fakta untuk memperkuat argumen. 

3. Pernyataan Ajakan. Berisi berbagai ajakan/dorongan kepada pembacanya agar melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang diinginkan penulis.

 

Berdasarkan penjelasan tersebut, jika kita amati penggalan teks di atas dapat kita kategorikan sebagai bagian dari pernyataan ajakan. Hal tersebut ditandai dengan kalimat "Nah! Sekali lagi kita harus hati-hati dan waspada dengan situs-situs yang akan kita kunjungi."

 

Dengan demikian pilihan jawaban yang tepat adalah D.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

berikan 3 contoh kata bilangan di teks laporan percobaan hasil percobaan

183

5.0

Jawaban terverifikasi

Bacalah kutipan puisi berikut! Pagiku hilang sudah melayang Hari mudaku sudah pergi Sekarang petang datang membayang Batang usiaku sudah tinggi. Aku lalai di hari pagi Beta lengah di masa muda Kini hidup meracuni hati Miskin ilmu miskin harta Kata petang mempunyai makna lambang a. suasana senja b. masa tua C. waktu sore hari d. kehidupan manusia

477

3.5

Lihat jawaban (2)

Iklan

Iklan