Dtpm D

14 September 2022 13:27

Iklan

Dtpm D

14 September 2022 13:27

Pertanyaan

10. jelaskan kedua simbol bahan di samping !

alt

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

01

:

15

:

40

:

38

Klaim

21

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

S. Zulaihah

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

27 Oktober 2022 06:21

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang benar adalah simbol flammable, yaitu simbol untuk bahan yang mudah terbakar dan simbol irritant untuk bahan yang dapat menyebabkan iritasi.</p><p>&nbsp;</p><p>Bahan-bahan kimia memiliki sifat yang bermacam-macam. Beberapa dari sifat-sifa tersebut ternyata berbahaya bagi kesehatan. Untuk membedakan bahan kimia yang berbahaya dan tidak berbahaya maka diberikan simbol khusus yang bersifat universal.&nbsp;</p><p>Pada soal diatas, terdapat 2 simbol, yaitu simbol flammable dan simbol irritant.</p><p>▪︎simbol flammable (mudah terbakar)</p><p>Simbol ini digambarkan seperti api yang menyala. Simbol ini menunjukkan bahwa bahan kimia tersebut bersifat mudah terbakar. Beberapa contoh bahan yang bersifat mudah terbakar dapat diklasifikasikan sebagai berikut.</p><p>1. Zat terbakar langsung, seperti alumunium alkil fosfor.</p><p>2. Gas amat mudah terbakar, seperti butana dan propana.</p><p>3. Cairan mudah terbakar, seperti aseton dan benzena.</p><p>4. Zat sensitif terhadap air.</p><p>▪︎simbol irritant (menyebabkan iritasi)</p><p>Simbol ini digambarkan seperti tanda silang. Simbol ini terbagi menjadi 2 kode, yaitu kode Xn dan kode Xi. Kode Xn menunjukkan adanya resiko kesehatan jika bahan masuk melalui pernapasan, mulut, dan kontak kulit. Kode Xi menunjukkan adanya resiko inflamasi (peradangan) jika bahan kontak langsung dengan kulit dan selaput lendir.</p><p>&nbsp;</p><p>Jadi, simbol pada gambar diatas adalah simbol flammable, yaitu simbol untuk bahan yang mudah terbakar dan simbol irritant untuk bahan yang dapat menyebabkan iritasi.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p>

Jawaban yang benar adalah simbol flammable, yaitu simbol untuk bahan yang mudah terbakar dan simbol irritant untuk bahan yang dapat menyebabkan iritasi.

 

Bahan-bahan kimia memiliki sifat yang bermacam-macam. Beberapa dari sifat-sifa tersebut ternyata berbahaya bagi kesehatan. Untuk membedakan bahan kimia yang berbahaya dan tidak berbahaya maka diberikan simbol khusus yang bersifat universal. 

Pada soal diatas, terdapat 2 simbol, yaitu simbol flammable dan simbol irritant.

▪︎simbol flammable (mudah terbakar)

Simbol ini digambarkan seperti api yang menyala. Simbol ini menunjukkan bahwa bahan kimia tersebut bersifat mudah terbakar. Beberapa contoh bahan yang bersifat mudah terbakar dapat diklasifikasikan sebagai berikut.

1. Zat terbakar langsung, seperti alumunium alkil fosfor.

2. Gas amat mudah terbakar, seperti butana dan propana.

3. Cairan mudah terbakar, seperti aseton dan benzena.

4. Zat sensitif terhadap air.

▪︎simbol irritant (menyebabkan iritasi)

Simbol ini digambarkan seperti tanda silang. Simbol ini terbagi menjadi 2 kode, yaitu kode Xn dan kode Xi. Kode Xn menunjukkan adanya resiko kesehatan jika bahan masuk melalui pernapasan, mulut, dan kontak kulit. Kode Xi menunjukkan adanya resiko inflamasi (peradangan) jika bahan kontak langsung dengan kulit dan selaput lendir.

 

Jadi, simbol pada gambar diatas adalah simbol flammable, yaitu simbol untuk bahan yang mudah terbakar dan simbol irritant untuk bahan yang dapat menyebabkan iritasi.

 

 

 

 

alt

Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan