Anindita A

21 Mei 2024 09:18

Iklan

Anindita A

21 Mei 2024 09:18

Pertanyaan

1. Stereotip merupakan citra yang kaku mengenai suatu kelompok yang dianut tanpa memperhatikan kebenaran citra tersebut. Berikan 3 contoh stereotip yang lazim ditemukan dalam masyarakat Indonesia! 2. Menurut pendapat kalian, apakah dampak positif dan negatif dari berkembangnya fanatisme dalam beragama serta berkeyakinan? Berikan penjelasan secara ringkas dan padat! 3. Kesempatan di bidang ekonomi yang seimbang akan mendukung terwujudnya integrasi sosial. Menurut pendapat kalian,mengapa demikian? 4. Pada proses asimilasi, terjadi peleburan kebudayaan sehingga pihak pihak yang tengah berasimilasi akan merasakan adanya kebudayaan tunggal sebagai milik bersama. Berikan 3 contoh realitas asimilasi dalam masyarakat Indonesia! 5. Menurut pendapat kalian, apakah pentingnya integrasi elite- massa bagi keutuhan NKRI? Berikan penjelasan secara ringkas dan padat!

1. Stereotip merupakan citra yang kaku mengenai suatu kelompok yang dianut tanpa memperhatikan kebenaran citra tersebut. Berikan 3 contoh stereotip yang lazim ditemukan dalam masyarakat Indonesia!
2. Menurut pendapat kalian, apakah dampak positif dan negatif dari berkembangnya fanatisme dalam beragama serta berkeyakinan? Berikan penjelasan secara ringkas dan padat!
3. Kesempatan di bidang ekonomi yang seimbang akan mendukung terwujudnya integrasi sosial. Menurut pendapat kalian,mengapa demikian?
4. Pada proses asimilasi, terjadi peleburan kebudayaan sehingga pihak pihak yang tengah berasimilasi akan merasakan adanya kebudayaan tunggal sebagai milik bersama. Berikan 3 contoh realitas asimilasi dalam masyarakat Indonesia!
5. Menurut pendapat kalian, apakah pentingnya integrasi elite- massa bagi keutuhan NKRI? Berikan penjelasan secara ringkas dan padat!

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

00

:

03

:

43

:

47

Klaim

4

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Kevin L

Gold

23 Mei 2024 12:56

Jawaban terverifikasi

Jawaban: 1. Stereotip yang lazim ditemukan dalam masyarakat antara lain: (a) Semua orang dari suku tertentu adalah pemalas, (b) Semua orang dari suku tertentu adalah keras kepala, (c) Semua orang dari suku tertentu adalah kurang cerdas. 2. Dampak positif dari berkembangnya fanatisme dalam beragama serta berkeyakinan adalah meningkatnya rasa percaya diri dan kepercayaan diri dalam menjalankan ajaran agama dan keyakinan. Sedangkan dampak negatifnya adalah dapat menimbulkan konflik dan perpecahan dalam masyarakat karena adanya perbedaan keyakinan dan agama. 3. Kesempatan di bidang ekonomi yang seimbang akan mendukung terwujudnya integrasi sosial karena dengan adanya kesempatan yang seimbang, masyarakat akan memiliki akses yang sama terhadap sumber daya dan peluang, sehingga dapat mengurangi kesenjangan sosial dan meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan. 4. Contoh realitas asimilasi dalam masyarakat Indonesia antara lain: (a) Adanya pernikahan antar suku, (b) Adanya pernikahan antar agama, (c) Adanya pernikahan antar ras. 5. Integrasi elite-massa sangat penting bagi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia karena dengan adanya integrasi ini, masyarakat dari berbagai lapisan dapat bersatu dan memiliki tujuan yang sama yaitu kemajuan dan kesejahteraan bangsa. 【Penjelasan】: 1. Stereotip adalah citra yang kaku dan tidak realistis mengenai suatu kelompok. Stereotip ini seringkali berdasarkan pada prasangka dan bias yang tidak berdasar. Contoh-contoh stereotip yang disebutkan di atas adalah contoh yang umum ditemui dalam masyarakat dan seringkali menimbulkan kesalahpahaman dan konflik. 2. Fanatisme dalam beragama dan berkeyakinan memiliki dampak positif dan negatif. Dampak positifnya adalah meningkatnya rasa percaya diri dan kepercayaan diri dalam menjalankan ajaran agama dan keyakinan. Namun, dampak negatifnya adalah dapat menimbulkan konflik dan perpecahan dalam masyarakat karena adanya perbedaan keyakinan dan agama. 3. Kesempatan di bidang ekonomi yang seimbang sangat penting untuk mewujudkan integrasi sosial. Dengan adanya kesempatan yang seimbang, masyarakat akan memiliki akses yang sama terhadap sumber daya dan peluang, sehingga dapat mengurangi kesenjangan sosial dan meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan. 4. Asimilasi adalah proses di mana suatu kelompok budaya mengadopsi budaya kelompok lain. Contoh-contoh asimilasi yang disebutkan di atas adalah contoh yang umum ditemui dalam masyarakat Indonesia dan menunjukkan bagaimana budaya-budaya berbeda dapat berasimilasi dan menciptakan budaya baru. 5. Integrasi elite-masa adalah proses di mana elite dan masyarakat bersatu untuk menciptakan kebijakan dan arah pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat


Anindita A

24 Mei 2024 01:25

terimakasih kak

Iklan

Nanda R

Community

24 Mei 2024 22:52

Jawaban terverifikasi

<p>1. Contoh stereotip yang lazim ditemukan dalam masyarakat Indonesia adalah:<br>&nbsp; a. Anggapan bahwa semua orang Jawa adalah pelit.<br>&nbsp; b. Keyakinan bahwa semua orang Betawi suka berjoget.<br>&nbsp; c. Pandangan bahwa semua orang Batak cenderung keras dan berisik.</p><p>2. Dampak positif fanatisme dalam beragama atau berkeyakinan bisa menciptakan rasa persatuan dan kekuatan dalam komunitas tersebut, tetapi dampak negatifnya dapat memicu intoleransi, konflik, dan ketidakmampuan untuk menerima perbedaan.</p><p>3. Kesempatan ekonomi yang seimbang memberikan akses yang sama kepada semua anggota masyarakat, mengurangi kesenjangan sosial, dan menciptakan rasa keadilan, yang pada gilirannya mendukung integrasi sosial karena semua orang merasa dihargai dan memiliki kesempatan yang sama untuk berkontribusi.</p><p>4. Contoh realitas asimilasi dalam masyarakat Indonesia adalah:<br>&nbsp; a. Penyerapan budaya Jawa oleh orang-orang non-Jawa yang tinggal di Jawa.<br>&nbsp; b. Penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa utama dalam komunikasi sehari-hari di seluruh Indonesia.<br>&nbsp; c. Adopsi adat istiadat suku Minangkabau oleh orang-orang dari luar Minangkabau yang menikah dengan orang Minang.</p><p>5. Integrasi elite-massa penting bagi keutuhan NKRI karena melalui interaksi dan koordinasi antara elit dan massa, kebijakan dan keputusan yang diambil akan mencerminkan kepentingan dan aspirasi seluruh masyarakat, mengurangi ketegangan sosial, dan memperkuat persatuan dalam keragaman.</p>

1. Contoh stereotip yang lazim ditemukan dalam masyarakat Indonesia adalah:
  a. Anggapan bahwa semua orang Jawa adalah pelit.
  b. Keyakinan bahwa semua orang Betawi suka berjoget.
  c. Pandangan bahwa semua orang Batak cenderung keras dan berisik.

2. Dampak positif fanatisme dalam beragama atau berkeyakinan bisa menciptakan rasa persatuan dan kekuatan dalam komunitas tersebut, tetapi dampak negatifnya dapat memicu intoleransi, konflik, dan ketidakmampuan untuk menerima perbedaan.

3. Kesempatan ekonomi yang seimbang memberikan akses yang sama kepada semua anggota masyarakat, mengurangi kesenjangan sosial, dan menciptakan rasa keadilan, yang pada gilirannya mendukung integrasi sosial karena semua orang merasa dihargai dan memiliki kesempatan yang sama untuk berkontribusi.

4. Contoh realitas asimilasi dalam masyarakat Indonesia adalah:
  a. Penyerapan budaya Jawa oleh orang-orang non-Jawa yang tinggal di Jawa.
  b. Penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa utama dalam komunikasi sehari-hari di seluruh Indonesia.
  c. Adopsi adat istiadat suku Minangkabau oleh orang-orang dari luar Minangkabau yang menikah dengan orang Minang.

5. Integrasi elite-massa penting bagi keutuhan NKRI karena melalui interaksi dan koordinasi antara elit dan massa, kebijakan dan keputusan yang diambil akan mencerminkan kepentingan dan aspirasi seluruh masyarakat, mengurangi ketegangan sosial, dan memperkuat persatuan dalam keragaman.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

1) Apa perbedaan antara kebaikan dan keburukan? Sebutkan dan jelaskan : • Beberapa contoh dari kebaikan dan keburukan! • Beberapa contoh dari keburukan dibalas dengan keburukan! • Beberapa contoh dari keburukan dibalas dengan kebaikan! 2) Di sebuah Sekolah Dasar, Si Akbar datang terlambat. Guru killer pun memukul siswa dengan penggaris kayu sampai 10x. Siswa lain hanya ketawa melihat tanpa ada kecurigaan pada situasi ini. Padahal Akbar ini lahir dari keluarga miskin. Setiap hari, Akbar harus membantu orang tua dalam waktu yang sangat banyak. Hari ke dua sampai hari ke lima, guru killer pun terus memukul Akbar sampai 50x. Siswa lain merasa khawatir, bahwa memukul sebanyak ini sangat tidak manusiawi dilakukan. Namun Guru killer tidak habis pikir, kenapa Akbar selalu terlambat sekolah. Setelah lebih dari 5 hari, guru killer mengikuti Akbar yang sedang pulang. Alangkah terkejutnya, bahwa Akbar banyak membantu orang tua kegiatan. Karena Orang tua sudah lansia. Guru killer pun sadar dan menyesal atas perbuatan itu. Tiba-tiba siswa sekelas Akbar datang menghampiri. Siswa lain merasa kaget dan siswa merasa tidak adil dengan guru killer. Keesokan harinya, saat guru killer masuk kelas. Disambut oleh kemarahan siswa lain, karena guru killer dianggap telah mencemarkan nama baik Akbar yang hidup miskin, ditambah lagi siswa mengganggap guru sebagai monster killer dan harus dipukul. Pada akhirnya siswa lain menghajar guru habis-habisan sampai gurunya menangis. Pada saat Akbar terlambat ke kelas melihat siswa lain mengeroyok Guru Killer, Akbar pun merasa bahwa Guru Killer tidak sejahat itu. Berdasarkan cerita diatas, apa dan bagaimana : • Penyebab guru killer tega memukul Akbar tanpa sebab! • Persamaan antara guru killer dan siswa lain terhadap Akbar? • Guru dianggap sebagai monster killer? jelaskan! • Rasanya jika Guru killer dikeroyok sama siswa lain? • Cara mengatasi agar guru killer dan siswa bisa diselesaikan secara damai? Jelaskan kesimpulan! 3) Setelah kejadian nomor dua tadi, para pemimpin negara langsung turun tangan ke sebuah lokasi Sekolah Dasar. Soal kasus siswa lain memukul Guru Killer, gara-gara memukul Akbar dengan alasan terlambat. Padahal Akbar hidup dalam garis kemiskinan. Akibatnya, Guru killer dikenakan sanksi tegas, karena telah membuat Akbar trauma dan siswa lain merasa provokasi. Sanksinya adalah Guru Killer tidak boleh bertemu Akbar di ruang kelas selama 3 bulan dan pengajar guru di kelas Akbar akan diganti oleh kepala sekolah untuk sementara waktu. Guru killer juga mengurangi gaji sebesar 30%/bulan. Bayangkan saja kalau Akbar sampai masuk ke rumah sakit, maka Guru killer bisa dituntut 15 tahun penjara. Berdasarkan diatas : • Apakah sanksi Guru killer dianggap pantas? Jelaskan! (kalau ada) • Mengapa pemimpin negara harus melakukan di Sekolah Dasar untuk menyelamatkan Akbar? • Apa jadinya kalau Guru Killer beneran dibenci oleh satu sekolah dasar dan cenderung dijauhi? Jelaskan! (Jika ada) • Apakah kepemimpinan perlu penanganan medis kepada Akbar? • Tuliskan contoh dari cerita diatas, berdasarkan Keburukan dibalas dengan kebaikan!

8

5.0

Jawaban terverifikasi

Pilihlah Jawaban Yang Paling Benar 1. Budi Utomo merupakan organisasi pertama di Indonesia yang perjuangannya lebih bersifat nasionalis dibandingkan organisasi organiasi perjuangan sebelumnya yang lebih bersifat kedaerahan. Pada tanggal berapa Budi Utomo itu didirikan* - 2 Mei 1908 - 20 Mei 1928 - 20 Mei 1908 - 2 Mei 1928 2. Budi Utomo mengadakan Kongres Pertama di Yogyakarta pada tanggal* - 2 Mei 1908 - 20 Mei 1908 - 5 Oktober 1908 - 28 Oktober 1908 3. Perjuangan melawan penjajah selalu mengalami kegagalan, penyebab kegagalan perjuangan melawan penjajah adalah* - bangsa Indonesia kekurangan pejuang - kuranganya persatuan dan kesatuan - penjajah terlalu banyak jumlahnya - banyak orang Indonesia yang ikut penjajah 4. Pencipta lagu Indonesia Raya adalah* - W.R. Soepratman - C. Simanjuntak - Muhammad Tabrani - M.H. Thamrin 5. Salah satu pendiri Budi Utomo adalah* - Jokowi - Bung Karno - Dr. Sutomo - Soeharto 6. Sikap positif yang perlu diwujudkan dalam rangka mengisi dan mempertahkan proklamasi Kemerdekaan RI adalah* - Semangat menantang dominasi asing dalam segala bentuk - Semangat tahan derita dan tahan uji - Semangat persatuan dan kesatuan - Semangat opportunitasi yang selalu mementingkan diri sendiri. 7. Setiap tanggal 20 Mei bagi bangsa Indonesia diperingati sebagai hari* - Sumpah pemuda - Kebangkitan nasional - Kemerdekaan Indonesia - Pendidikan Nasional 8. Bentuk penghargaan terhadap para pahlawan bangsa diwujudkan dengan cara* - diteruskan cita-citanya untuk kepentingan bangsa dan Negara - dibuat monumen atau patung pahlawan yang megah - dijadikan nama tempat yang bersejarah - diperingati setiap tahun secara meriah. 9. Contoh sikap patriotisme berbangsa dan bernegara adalah* - bersedia bertugas di daerah terpencil dengan baik - selalu mengenang jasa-jasa para pahlawan bangsa - menyumbangkan harta benda untuk pembangunan - membeli barang barang mewah 10. Persatuan dan kesatuan bangsa sangat penting bagi bangsa Indonesia, hal itu karena* - Bangsa Indonesia memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika - Pengalaman sejarah Bangsa Indonesia pernah dijajah oleh bangsa barat selama 350 tahun - Dengan persatuan dan kesatuan, bangsa Indonesia akan mampu menghilangkan keanekaragaman - Dengan persatuan dan kesatuan, bangsa Indonesia akan menjadi kokoh dan kuat 11. Tujuan dari siswa yang menyanyikan lagu kebangsaan pada awal kegiatan belajar adalah untuk* - Menanamkan nasionalisme - Menanamkan kebiasaan baik - Mengenal penciptanya - Agar hafal syair lagunya 12. Apa yang telah diperjuangkan dan ditorehkan para pemuda dalam mendorong Kebangkitan Nasional 1908 akan makin berarti apabila kita sebagai generasi penerus bangsa mampu* - Bekerja keras - Bekerja cerdas - Menorehkan prestasi di berbagai bidang - Tiada mengenal putus asa 13. Pada saat ini, upaya memperingati Kebangkitan Nasional 1908 merupakan upaya kita untuk mengingat dan menjadi pendorong agar Indonesia bangkit kembali untuk membangun Indonesia yang maju dan mandiri serta* - Dapat berdiri sejajar dengan bangsa lain - Dapat mengolah kekayaan alam dengan teknologi maju - Dapat menjadi negara yang kompetitif - Dapat melawan ketidakadilan dunia 14. Rasa cinta terhadap tanah air disebut juga dengan* - Sukuisme - Nasionalisme - Imprealisme - Rasisme 15. Dari sejarah Sumpah Pemuda terdapat nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dan membuktikan bahwa ternyata berbagai perbedaan dapat disatukan. Yang tidak termasuk dalam nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Sumpah Pemuda adalah* - Cinta bangsa dan tanah air - Sikap rela berkorban - Aktualisasi diri - Bangga dengan produk luar negeri 16. Dalam peristiwa Sumpah Pemuda yang bersejarah, untuk pertama kalinya diperdengarkan lagu kebangsaan Indonesia dan dipublikasikan pertama kali pada tahun 1928 yaitu pada media cetak* - Lembaran Negara - Surat Kabar Sin Po - Berita Negara - Surat Kabar Kompas 17. Gerakan Budi Utomo yaitu sebuah organisasi pertama di Indonesia yang bersifat nasional dan berbentuk modern atau lebih jelasnya sebuah organisasi dengan sistem pengurusan yang tetap, ada anggota, tujuan dan program kerja. Organisasi Budi Utomo sendiri dibentuk oleh pelajar STOVIA yang bernama* - Moh. Hatta - Soeharto - Bung Tomo - Sutomo 18. Lahirnya organisasi kebangsaan di Indonesia mempunyai pengaruh terhadap perubahan bentuk perjuangan bangsa Indonesia yaitu* - Tidak tergantung pada satu pimpinan - Menggunakan persenjataan tradisional - Bersifat lokal kedaerahan - Kurang menggunakan siasat perjuangan diplomasi. 19. Semangat sumpah pemuda bukan hanya menggerakkan pada pemuda untuk meraih kemerdekaan, tetapi juga mempertegas jati diri bangsa Indonesia sebagai sebuah negara yang mencapai puncaknya pada...* - 28 Oktober 1945 - 20 Mei 1908 - 17 Agustus 1945 - 18 Agustus 1945 20. Sumpah pemuda merupakan intisari putusan kerapatan pemuda-pemudi Indonesia yang dikenal dengan kongres pemuda I dan kongres pemuda II melalui kongres itulah kita bisa mengenal istilah ...* - Bhineka tunggal ika berbeda-beda tetap satu jua - Sumpah Pemuda - Kebangkitan Nasional - Satu tanah air, bangsa dan bahasa 21. Awal kebangkitan semangat persatuan dan kesatuan serta nasionalisme bangsa Indonesia ditandai dengan* - Lahirnya Budi Utomo - Tumbangnya Rezim Orde Baru - Dicetuskannya Sumpah Pemuda - Proklamasi Kemerdekaan 22. Peristiwa nasional yang mampu menggerakkan persatuan dan kesatuan bangsa sehingga mewujudkan perasaan sebangsa, setanah air, dan berbahasa satu adalah* - Sumpah Pemuda - Kebangkitan Nasional - Pergerakan Nasional - Proklamasi Kemerdekaan 23. Dalam rangka menjaga keutuhan Negara Kesatuan RI demi terciptanya persatuan dan kesatuan, seluruh bangsa Indonesia hendaknya dapat menuunjung tinggi nilai-nilai persatuan. Nilai-nilai tersebut merupakan cerminan nilai Pancasila yang terdapat pada sila* - I - II - III - V 24. Sikap berani dan pantang menyerah seseorang yang ditunjukkan dengan rela berkorban untuk bangsa dan negara demi keutuhan negara disebut sebagai* - Patriotisme - Chauvenisme - Imprealisme - kolonialisme 25. Dari sekian banyak negara yang menjajah bangsa Indonesia, negara mana yang paling lama menjajah Indonesia* - Jepang - Belanda - Portugal - Inggris 26. Berdasarkan hasil Kongres Pemuda I semua organisasi kepemudaan dilebur dalam satu wadah organisasi dengan nama...* - PPM - PPI - PIR - PI 27. Sumpah Pemuda merupakan babak baru bagi perjuangan bangsa Indonesia karena hal-hal berikut ini, kecuali...* - Perjuangan menggunakan senjata meriam dan rudal - Para pemuda sadar bahwa perjuangan yang bersifat lokal adalah sia-sia - Mereka juga sadar bahwa hanya dengan persatuan dan kesatuan cita-cita kemerdekaan dapat diraih - Perjuangan yang bersifat lokal kedaerahan berubah menjadi perjuangan yang bersifat nasional 28. Organisasi Boedi Oetomo didirikan oleh para pemuda Indonesia memiliki tujuan utama...* - Membantu penduduk yang fakir dan miskin - Menjual hasil rempah rempah kepada belanda, dan keuntunganya untuk kesejahteraan penduduk - Pendidikan dan pengajaran - membantu pihak jepang untuk mengalahkan belanda 29. Hidup di jaman now yang sangat akrab dengan media sosial tentu kita sering membaca HOAX (berita palsu yang menyesatkan) bagaimana sikap anda, Sebagai pelajar yang memahami dan menerapkan nilai nilai Kebangkitan Nasional, harus bersikap* - Membiarkan saja dan ikut menyebarkan - berusaha mencari tahu kebenarannya dengan bertanya kepada guru atau orang tua - Membalas dengan membuat info lain yang menyesatkan - Berusaha menenangkan diri 30. Pengaruh sumpah pemuda 28 Oktober 1928 bagi perjuangan bangsa Indonesia adalah* - Memperkuat semangat dan tekad para pemuda untuk bersatu - Belanda bersikap lunak kepada pejuang indonesia - Mempercepat proses kemerdekaan indonesia - Para pemuda makin berani melawan penjajah 31.Berikut ini merupakan katakteristik yang dimiliki oleh budaya Indonesia, kecuali...* - hasil dari budidaya individu - merupakan kebanggan nasional - hasil dari budidaya masyarakat Indonesia yang sudah ada sebelum tahun 1945 - berasal dari budaya-budaya lokal daerah dan budaya nasional 32. Pembangunan nasional harus didasarkan pada pembangunan karakter dan semangat gotong royong. Hal tersebut merupakan contoh dari tujuan pemajuan budaya, yaitu...* - haluan pembangunan nasional - mencerdaskan kehidupan bangsa - meningkatkan kesejahteraan rakyat - melestarikan warisan budaya Indonesia 33. Dalam pemajuan budaya, hendaknya kebudayaan dilaksanakan dengan semangat kerja sama yang tulus. Hal tersebut merupakan asas.... dalam pemajuan kebudayaan.* - keberlanjutan - kelokalan - keterpaduan - gotong royong 34. Investasi kebudayaan atau pencatatan kebudayaan merupakan salah satu upaya pemajuan kebudayaan. Hasil dari pencatatan ini umumnya akan mengalami peningkatan, misalnya pada tahun 2016 tercatat ada 50 warisan budaya tak benda berupa adat istiadat dan ritual di seluruh Indonesia. Ternyata pada tahun 2018 ditemukan lebih banyak lagi yang jumlahnya mencapai 72. Oleh karena itu, dapat disimpulkan kebudayaan Indonesia makin berkembang tiap tahunnya. Hal sesuai dengan salah satu tujuan pemajuan kebudayaan nasional, yaitu...* - memperkaya keragaman budaya - mencerdaskan kehidupan bangsa - menciptakan masyrakat yang sejahtera - meningkatkan citra bangsa di mata dunia 35. Pengenalan kebudayaan tradisional Indonesia perlu dilakukan sejak dini. Hal ini penting dilakukan agar generasi muda tidak lupa dengan asalnya dan malah mengikuti kebudayaan asing dari negara lain. Uraian tersebut berkaitan erat dengan tujuan pemajuan kebudayaan nasional, yaitu...* - memperteguh jati diri bangsa - mewujudkan masyarakat madani - mencerdaskan kehidupan bangsa - memperkaya keberagaman budaya 36. Pemajuan kebudayaan Indonesia harus dilakukan dengan memperhatikan karakteristik daerahnya masing-masing. Hal ini merupakan penjabaran dari salah satu asas pemajuan kebudayaan, yaitu...* - keberagaman - kelokalan - kesederajatan - keselarasan 37. Berikut yang bukan merupakan tujuan pemajuan kebudayaan adalah...* - memperteguh jati diri bangsa - mengembangkan nilai luhur bangsa - mewujudkan masyarakat madani - menerima kebudayaan asing sebagai kebudayaan bangsa 38. Anak-anak dari SMP Ruan Raya memainkan permainan tradisional bakiak. Permainan ini melatih keseimbangan, konsentrasi serta kerja sama tim sehingga dapat memupuk karakter anak. Ilustrasi tersebut sesuai dengan tujuan pemajuan kebudayaan nasional, yaitu...* - memperkaya keragaman budaya - mencerdaskan kehidupan bangsa - meningkatkan kesejahteraan rakyat - memperteguh persatuan dan kesatuan bangsa 39. Perhatikan pernyataan berikut ini! (1) Merawat alat musik tradisional (2) Menulis penelitian seputar batik dan memublikasikannya (3) Menggelar lomba robotik (4) Menggeluti hobi fotograi Dari pernyataan tersebut, yang merupakan upaya melestarikan budaya nasional ditunjukkan oleh nomor ….* - 1 dan 2 - 1 dan 3 - 2 dan 3 - 2 dan 4 40. Setiap bangsa memiliki karakteristik budaya masing-masing, termasuk bangsa Indonesia. Hal tersebut terjadi karena adanya nilai-nilai yang mendasari kebudayaan bangsa Indonesia yang membedakannya dari - kebudayaanbangsa-bangsalain. Pernyataanyangsesuaidenganparagraf tersebut yaitu...* - budaya nasional memiliki persamaan dan perbedaan dengan budaya bangsa lain - gaya berpakaian dan berbahasa bukan merupakan bagian dari suatu budaya - budaya nasional menjadi identitas dan jati diri yang terdapat pada suatu bangsa budaya nasional dapat tersisih oleh budaya yang terdapat pada bangsa-bangsa lain

20

0.0

Jawaban terverifikasi