Anindita A

21 Mei 2024 09:18

Iklan

Anindita A

21 Mei 2024 09:18

Pertanyaan

1. Stereotip merupakan citra yang kaku mengenai suatu kelompok yang dianut tanpa memperhatikan kebenaran citra tersebut. Berikan 3 contoh stereotip yang lazim ditemukan dalam masyarakat Indonesia! 2. Menurut pendapat kalian, apakah dampak positif dan negatif dari berkembangnya fanatisme dalam beragama serta berkeyakinan? Berikan penjelasan secara ringkas dan padat! 3. Kesempatan di bidang ekonomi yang seimbang akan mendukung terwujudnya integrasi sosial. Menurut pendapat kalian,mengapa demikian? 4. Pada proses asimilasi, terjadi peleburan kebudayaan sehingga pihak pihak yang tengah berasimilasi akan merasakan adanya kebudayaan tunggal sebagai milik bersama. Berikan 3 contoh realitas asimilasi dalam masyarakat Indonesia! 5. Menurut pendapat kalian, apakah pentingnya integrasi elite- massa bagi keutuhan NKRI? Berikan penjelasan secara ringkas dan padat!

1. Stereotip merupakan citra yang kaku mengenai suatu kelompok yang dianut tanpa memperhatikan kebenaran citra tersebut. Berikan 3 contoh stereotip yang lazim ditemukan dalam masyarakat Indonesia!
2. Menurut pendapat kalian, apakah dampak positif dan negatif dari berkembangnya fanatisme dalam beragama serta berkeyakinan? Berikan penjelasan secara ringkas dan padat!
3. Kesempatan di bidang ekonomi yang seimbang akan mendukung terwujudnya integrasi sosial. Menurut pendapat kalian,mengapa demikian?
4. Pada proses asimilasi, terjadi peleburan kebudayaan sehingga pihak pihak yang tengah berasimilasi akan merasakan adanya kebudayaan tunggal sebagai milik bersama. Berikan 3 contoh realitas asimilasi dalam masyarakat Indonesia!
5. Menurut pendapat kalian, apakah pentingnya integrasi elite- massa bagi keutuhan NKRI? Berikan penjelasan secara ringkas dan padat!

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

00

:

18

:

08

:

05

Klaim

2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Kevin L

Gold

23 Mei 2024 12:56

Jawaban terverifikasi

Jawaban: 1. Stereotip yang lazim ditemukan dalam masyarakat antara lain: (a) Semua orang dari suku tertentu adalah pemalas, (b) Semua orang dari suku tertentu adalah keras kepala, (c) Semua orang dari suku tertentu adalah kurang cerdas. 2. Dampak positif dari berkembangnya fanatisme dalam beragama serta berkeyakinan adalah meningkatnya rasa percaya diri dan kepercayaan diri dalam menjalankan ajaran agama dan keyakinan. Sedangkan dampak negatifnya adalah dapat menimbulkan konflik dan perpecahan dalam masyarakat karena adanya perbedaan keyakinan dan agama. 3. Kesempatan di bidang ekonomi yang seimbang akan mendukung terwujudnya integrasi sosial karena dengan adanya kesempatan yang seimbang, masyarakat akan memiliki akses yang sama terhadap sumber daya dan peluang, sehingga dapat mengurangi kesenjangan sosial dan meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan. 4. Contoh realitas asimilasi dalam masyarakat Indonesia antara lain: (a) Adanya pernikahan antar suku, (b) Adanya pernikahan antar agama, (c) Adanya pernikahan antar ras. 5. Integrasi elite-massa sangat penting bagi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia karena dengan adanya integrasi ini, masyarakat dari berbagai lapisan dapat bersatu dan memiliki tujuan yang sama yaitu kemajuan dan kesejahteraan bangsa. 【Penjelasan】: 1. Stereotip adalah citra yang kaku dan tidak realistis mengenai suatu kelompok. Stereotip ini seringkali berdasarkan pada prasangka dan bias yang tidak berdasar. Contoh-contoh stereotip yang disebutkan di atas adalah contoh yang umum ditemui dalam masyarakat dan seringkali menimbulkan kesalahpahaman dan konflik. 2. Fanatisme dalam beragama dan berkeyakinan memiliki dampak positif dan negatif. Dampak positifnya adalah meningkatnya rasa percaya diri dan kepercayaan diri dalam menjalankan ajaran agama dan keyakinan. Namun, dampak negatifnya adalah dapat menimbulkan konflik dan perpecahan dalam masyarakat karena adanya perbedaan keyakinan dan agama. 3. Kesempatan di bidang ekonomi yang seimbang sangat penting untuk mewujudkan integrasi sosial. Dengan adanya kesempatan yang seimbang, masyarakat akan memiliki akses yang sama terhadap sumber daya dan peluang, sehingga dapat mengurangi kesenjangan sosial dan meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan. 4. Asimilasi adalah proses di mana suatu kelompok budaya mengadopsi budaya kelompok lain. Contoh-contoh asimilasi yang disebutkan di atas adalah contoh yang umum ditemui dalam masyarakat Indonesia dan menunjukkan bagaimana budaya-budaya berbeda dapat berasimilasi dan menciptakan budaya baru. 5. Integrasi elite-masa adalah proses di mana elite dan masyarakat bersatu untuk menciptakan kebijakan dan arah pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat


Anindita A

24 Mei 2024 01:25

terimakasih kak

Iklan

Nanda R

Community

24 Mei 2024 22:52

Jawaban terverifikasi

<p>1. Contoh stereotip yang lazim ditemukan dalam masyarakat Indonesia adalah:<br>&nbsp; a. Anggapan bahwa semua orang Jawa adalah pelit.<br>&nbsp; b. Keyakinan bahwa semua orang Betawi suka berjoget.<br>&nbsp; c. Pandangan bahwa semua orang Batak cenderung keras dan berisik.</p><p>2. Dampak positif fanatisme dalam beragama atau berkeyakinan bisa menciptakan rasa persatuan dan kekuatan dalam komunitas tersebut, tetapi dampak negatifnya dapat memicu intoleransi, konflik, dan ketidakmampuan untuk menerima perbedaan.</p><p>3. Kesempatan ekonomi yang seimbang memberikan akses yang sama kepada semua anggota masyarakat, mengurangi kesenjangan sosial, dan menciptakan rasa keadilan, yang pada gilirannya mendukung integrasi sosial karena semua orang merasa dihargai dan memiliki kesempatan yang sama untuk berkontribusi.</p><p>4. Contoh realitas asimilasi dalam masyarakat Indonesia adalah:<br>&nbsp; a. Penyerapan budaya Jawa oleh orang-orang non-Jawa yang tinggal di Jawa.<br>&nbsp; b. Penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa utama dalam komunikasi sehari-hari di seluruh Indonesia.<br>&nbsp; c. Adopsi adat istiadat suku Minangkabau oleh orang-orang dari luar Minangkabau yang menikah dengan orang Minang.</p><p>5. Integrasi elite-massa penting bagi keutuhan NKRI karena melalui interaksi dan koordinasi antara elit dan massa, kebijakan dan keputusan yang diambil akan mencerminkan kepentingan dan aspirasi seluruh masyarakat, mengurangi ketegangan sosial, dan memperkuat persatuan dalam keragaman.</p>

1. Contoh stereotip yang lazim ditemukan dalam masyarakat Indonesia adalah:
  a. Anggapan bahwa semua orang Jawa adalah pelit.
  b. Keyakinan bahwa semua orang Betawi suka berjoget.
  c. Pandangan bahwa semua orang Batak cenderung keras dan berisik.

2. Dampak positif fanatisme dalam beragama atau berkeyakinan bisa menciptakan rasa persatuan dan kekuatan dalam komunitas tersebut, tetapi dampak negatifnya dapat memicu intoleransi, konflik, dan ketidakmampuan untuk menerima perbedaan.

3. Kesempatan ekonomi yang seimbang memberikan akses yang sama kepada semua anggota masyarakat, mengurangi kesenjangan sosial, dan menciptakan rasa keadilan, yang pada gilirannya mendukung integrasi sosial karena semua orang merasa dihargai dan memiliki kesempatan yang sama untuk berkontribusi.

4. Contoh realitas asimilasi dalam masyarakat Indonesia adalah:
  a. Penyerapan budaya Jawa oleh orang-orang non-Jawa yang tinggal di Jawa.
  b. Penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa utama dalam komunikasi sehari-hari di seluruh Indonesia.
  c. Adopsi adat istiadat suku Minangkabau oleh orang-orang dari luar Minangkabau yang menikah dengan orang Minang.

5. Integrasi elite-massa penting bagi keutuhan NKRI karena melalui interaksi dan koordinasi antara elit dan massa, kebijakan dan keputusan yang diambil akan mencerminkan kepentingan dan aspirasi seluruh masyarakat, mengurangi ketegangan sosial, dan memperkuat persatuan dalam keragaman.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Cermati teks berikut! Semangat gotong royong Saat ini masyarakat tengah menghadapi cuaca ekstrim akibat musim pancaroba. Musim pancaroba adalah perallihan dari musim panas ke musim hujan, seperti terjadinya hujan deras yang disertai dengan petir dan angin kencang. Kondisi tersebut terjadi di berbagai daerah di indonesia. Bahkan ada beberapa daerah yang dilanda angin puting beliung. Bersyukur kejadian tersebut tidak menyebabkan jatuhnya korban jiwa walaupun kerugian materi yang diderita cukup besar. Tindakan warga sekitar sangat cepat, mereka segera membantu warga yang terkena dampak bencana. Mereka juga secara swadaya menyediakan bahan-bahan bangunan dan tenaga untuk memperbaiki bangunan-bangunan yang rusak. Peran para pemuka agama juga cukup besar bagi warga yang terkena bencana, mereka memberikan bimbingan mental atau nasehat agar warga tetap tabah dan tidak patah semangat dalam menghadapi bencana tersebut. Mereka memotivasi warga agar dapat menghadapi bencana tersebut agar dapat bangkit dan segera melakukan tindakan- tindakan yang diperlukan untuk memperbaiki keadaan ke kondisi semula atau bahkan menjadi lebih baik. Pihak pemerintah daerah juga melakukan berbagai upaya pertolongan, seperti pendirian posko pengungsian dan dapur umum serta penyediaan tenaga medis dan tenaga SAR untuk membantu warga yang terdampak. Pemerintah juga segera memperbaiki sarana dan prasarana umum yang rusak serta menyediakan bantuan untuk rekonstruksi rumah warga yang rusak. Berkat partisipasi dan tindakan cepat dari berbagai pihak tersebut, proses pemulihan lokasi bencana dapat berjalan dengan baik dan lancar. Wargapun dapat kembali beraktifitas seperti semula Berdasarkan teks semangat gotong royong, perhatikan paragraf pertama pada kalimat "Tindakan warga sekitar sangat cepat, mereka segera membantu warga yang terkena dampak bencana. Mereka juga secara swadaya menyediakan bahan-bahan bangunan dan tenaga untuk memperbaiki bangunan-bangunan yang rusak." Kalimat tersebut merupakan contoh dari tindakan sosial yaitu..... A. tindakan afektif B. tradisional C. berorientasi nilai D. rasional instrumental E. insidental

22

0.0

Jawaban terverifikasi

1) Apa perbedaan antara kebaikan dan keburukan? Sebutkan dan jelaskan : • Beberapa contoh dari kebaikan dan keburukan! • Beberapa contoh dari keburukan dibalas dengan keburukan! • Beberapa contoh dari keburukan dibalas dengan kebaikan! 2) Di sebuah Sekolah Dasar, Si Akbar datang terlambat. Guru killer pun memukul siswa dengan penggaris kayu sampai 10x. Siswa lain hanya ketawa melihat tanpa ada kecurigaan pada situasi ini. Padahal Akbar ini lahir dari keluarga miskin. Setiap hari, Akbar harus membantu orang tua dalam waktu yang sangat banyak. Hari ke dua sampai hari ke lima, guru killer pun terus memukul Akbar sampai 50x. Siswa lain merasa khawatir, bahwa memukul sebanyak ini sangat tidak manusiawi dilakukan. Namun Guru killer tidak habis pikir, kenapa Akbar selalu terlambat sekolah. Setelah lebih dari 5 hari, guru killer mengikuti Akbar yang sedang pulang. Alangkah terkejutnya, bahwa Akbar banyak membantu orang tua kegiatan. Karena Orang tua sudah lansia. Guru killer pun sadar dan menyesal atas perbuatan itu. Tiba-tiba siswa sekelas Akbar datang menghampiri. Siswa lain merasa kaget dan siswa merasa tidak adil dengan guru killer. Keesokan harinya, saat guru killer masuk kelas. Disambut oleh kemarahan siswa lain, karena guru killer dianggap telah mencemarkan nama baik Akbar yang hidup miskin, ditambah lagi siswa mengganggap guru sebagai monster killer dan harus dipukul. Pada akhirnya siswa lain menghajar guru habis-habisan sampai gurunya menangis. Pada saat Akbar terlambat ke kelas melihat siswa lain mengeroyok Guru Killer, Akbar pun merasa bahwa Guru Killer tidak sejahat itu. Berdasarkan cerita diatas, apa dan bagaimana : • Penyebab guru killer tega memukul Akbar tanpa sebab! • Persamaan antara guru killer dan siswa lain terhadap Akbar? • Guru dianggap sebagai monster killer? jelaskan! • Rasanya jika Guru killer dikeroyok sama siswa lain? • Cara mengatasi agar guru killer dan siswa bisa diselesaikan secara damai? Jelaskan kesimpulan! 3) Setelah kejadian nomor dua tadi, para pemimpin negara langsung turun tangan ke sebuah lokasi Sekolah Dasar. Soal kasus siswa lain memukul Guru Killer, gara-gara memukul Akbar dengan alasan terlambat. Padahal Akbar hidup dalam garis kemiskinan. Akibatnya, Guru killer dikenakan sanksi tegas, karena telah membuat Akbar trauma dan siswa lain merasa provokasi. Sanksinya adalah Guru Killer tidak boleh bertemu Akbar di ruang kelas selama 3 bulan dan pengajar guru di kelas Akbar akan diganti oleh kepala sekolah untuk sementara waktu. Guru killer juga mengurangi gaji sebesar 30%/bulan. Bayangkan saja kalau Akbar sampai masuk ke rumah sakit, maka Guru killer bisa dituntut 15 tahun penjara. Berdasarkan diatas : • Apakah sanksi Guru killer dianggap pantas? Jelaskan! (kalau ada) • Mengapa pemimpin negara harus melakukan di Sekolah Dasar untuk menyelamatkan Akbar? • Apa jadinya kalau Guru Killer beneran dibenci oleh satu sekolah dasar dan cenderung dijauhi? Jelaskan! (Jika ada) • Apakah kepemimpinan perlu penanganan medis kepada Akbar? • Tuliskan contoh dari cerita diatas, berdasarkan Keburukan dibalas dengan kebaikan!

14

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

1.Pancasila adalah fondasi sekaligus pedoman dalam penyelenggaraan negara Indonesia. Dengan demikian Pancasila berfungsi sebagai.... a. dasar negara b. idelogi negara c. pandangan hidup bangsa d. cita-cita nasional 2.Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dibentuk oleh pemerintah pendudukan Jepang pada tanggal 1 Maret 1945 bertepatan dengan hari ulang tahun Kaisar Hirohito. Wakil ketua BPUPKI ketika itu dijabat oleh .... a. Ir. Soekarno dan Mr. Soepomo b. K.R.T Radjiman Wediodiningrat c. Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta d. Ichibangase Yosio dan Radern Pandji Soeroso 3.Ir. Soekarno mengemukakan gagasannya tentang dasar negara pada tanggal .... a. 4 Juni 1945 b. 3 Juni 1945 c. 2 Juni 1945 d. 1 Juni 1945 4."Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik". Pernyataan tersebut tercantum di dalam UUD 1945 .... a. Pasal 1 Ayat 1 b. Pasal 1 Ayat 2 c. Pasal 1 Ayat 3 d. Pasal 18 5.Pemilu pada 15 Desember 1955 dilaksanakan untuk memilih anggota.... a.MPRS b.KNIP c.DPR d.konstitusi 6.Pemilihan umum (pemilu) merupakan proses memilih orang untuk mengisi jabatan-jabatan politik tertentu mulai dari presiden, wakil rakyat dari tingkat pusat sampai daerah. Di Indonesia pemilu dilaksanakan tiap .... a. 3 tahun sekali b. 4 tahun sekali c. 5 tahun sekali d. 6 tahun sekali 7.Pemilu merupakan salah satu syarat terbentuknya pemerintahan yang .... a. bersih b. terbuka c. transparan d. demokratis 8.Perhatikan pernyataan di bawah ini ! (1) Memperlakukan peserta pemilu secara adil dan setara (2) Menyuarakan pemilu (3) Menyampaikan informasi kegiatan pemilu kepada masyarakat (4) Melaporkan penyelenggaraan pemilu Pernyataan-pernyataan di atas merupakan tugas .... a. KPU b. rakyat c. presiden d. PPS 9.Pemilu tahun 2004 dibagi menjadi tiga tahap. Tahap pertama pemilu tersebut adalah untuk memilih .... a. anggota DPR dan DPRD b. anggota KPU c. persaingan calon presiden dan wakil presiden d. partai politik 10.Indonesia merupakan negara demokrasi yang menerapkan teori trias politika, yaitu eksekutif legislatif, dan yudikatif. Pemegang kekuasaan legislatif pada tingkat pemerintah desa ialah .... a. BPD b. kepala desa c. Sekretaris desa d. perangkat desa 11.Munurut UUD 1945, BPK merupakan lembaga yang bebas dan mandiri. Anggota BPK dipilih oleh Dewan Perwakilan Rakyat dengan Memperhatikan pertimbangan Dewan Perwakilan Daerah, dan diresmikan oleh .... a. presiden b. DPR c. MPR d. MK 12.Perhatikan pernyataan berikut ini ! (1) Perlindungan konstitusional (2) Kebebasan menyatakan pendapat (3) Kebebasan untuk berserikat (4) Jaminan hak asasi manusia (5) Badan peradilan dikendalikan pemerintah Prinsip-prinsip demokrasi ditunjukkan oleh nomor .... a. (1), (2), (3), (4), dan (5) b. (1), (2), (3), dan (4) c. (1), (2), dan (3) d. (1), dan (2) 13.Tiap negara memiliki sistem untuk menjalankan kehidupan pemerintahannya. Sistem tersebut adalah sistem pemerintahan. Ada beberapa macam sistem pemerintahan si dunia ini. Saat ini, Indonesia menganut sistem pemerintahan .... a. sosialisasi b. komunis c. Presidensial d. parlementer 14.Dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan, khusus nya pemerintahan daerah, sangat berhubungan erat dengan beberapa asas dalam pemerintahan suatu negara. Asas-asas yang dimaksud adalah .... a. desentralisasi, dekonsentrasi, dan tugas pembantuan b. desentralisasi, konsentrasi, dan tugas pembantuan c. desentralisasi, dekonsentrasi, dan tugas utama d. desentralisasi, dekonsentrasi, dan sentralisasi 15.Bacalah pernyataan-pernyataan berikut ini ! (1) Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia (2) Memajukan kesejahteraan umum (3) Mencerdaskan kehidupan bangsa (4) Menciptakan masyarakat yang jujur dan adil (5) Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Tujuan nasional bangsa Indonesia tercantum pada nomor .... a. (1), (2), (3), (4), dan (5) b. (1), (2), (3), dan (4) c. (1), (2), (3), dan (5) d. (1), (2), dan (3) 16.Anggota komisi Yudisial di angkat diberhentikan oleh .... a. presiden dan para menteri b. presiden dengan persetujuan DPR RI c. DPR RI dan MPR d. Mahkamah Agung 17.Lembaga tinggi negeri ini menurut UUD 45 sebelum diamandemen memiliki fungsi memberi masukan atau pertimbangan kepada presiden. Lembaga tinggi negara ini juga berkewajiban memberi jawaban atas pertanyaan presiden dan berhak mengajukan usul kepada pemerintah. Namun sekarang, lembaga tinggi negara ini sudah dihapuskan. Lembaga yang dimaksudkan adalah .... a. Dewan Pertimbangan Daerah b. Dewan Pertimbangan Agung c. Mahkamah Konstitusi d. Mahkamah Agung 18.Memantau dan mengevaluasi penyelenggaraan pemerintahan kabupaten dan atau kota bagi kepala daerah atau provinsi. Pernyataan ini merupakan tugas dan wewenang .... a. presiden b. kepala daerah c. wakil presiden d. wakil kepala daerah 19.Fungsi anggaran yang dijalankan oleh DPR ditunjukkan oleh .... a. Kekuasaan dalam membentuk UU b. mengesahkan rancangan APBN yang telah diajukan oleh presiden c. mengawasi jalannya pemerintahan d. menindak pelaku kejahatan 20.Basis daerah pemilihan anggota DPD adalah provinsi. Tiap provinsi diwakili oleh perwakilan DPD, yang terdiri dari .... a. 2 anggota b. 3 anggota c. 5 anggota d. 4 anggota

43

5.0

Jawaban terverifikasi