Yusni U

18 April 2024 04:58

Iklan

Iklan

Yusni U

18 April 2024 04:58

Pertanyaan

1.sebutkan peran aktif Indonesia dalam organisasi internasional dan sisi positif bagi kepentingan pemerintahan indonesia.berikan contoh nyata. 2.sebutkan peran aktif Indonesia dalam organisasi tingkat ASEAN dan hubungan bersifat regional serta berikan hal-hal positif bagi kelangsungan pemerintah indonesia.berikan contoh nyata

1.sebutkan peran aktif Indonesia dalam organisasi internasional dan sisi positif bagi kepentingan pemerintahan indonesia.berikan contoh nyata.

2.sebutkan peran aktif Indonesia dalam organisasi tingkat ASEAN dan hubungan bersifat regional serta berikan hal-hal positif bagi kelangsungan pemerintah indonesia.berikan contoh nyata 


13

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Jesaya D

18 April 2024 12:54

Jawaban terverifikasi

<p>1). Indonesia aktif&nbsp;berpartisipasi dan berkontribusi dalam Misi Pemeliharaan Perdamaian PBB. Contoh peran Indonesia melalui organisasi ini adalah mengirimkan ratusan personel infanteri sebagai bagian dari United Nations Emergency Force (UNEF) di Sinai.<br>Setiap negara memiliki kelebihan maupun kekurangannya, oleh sebeb itu dengan adanya kerjasama antar negara satu dengan yang lainnya&nbsp;dapat saling menyalurkan kelebihan dan menutupi kekurangan. Dengan demikian pembangunan di dalam suatu negara akan berjalan lancar dan dapat membangun potensi yang ada di dalam negeri.<br>2). Kerja sama regional ASIA yang aktif diikuti oleh Indonesia di antaranya adalah&nbsp;Association of Southeast Asian Nations (ASEAN), ASEAN Regional Forum (ARF), East Asia Summit (EAS), dan Asia Pacific Economic Cooperation (APEC).<br>Fungsi dan tujuan kedepannya bagi negara-negara yang bekerjasama di wilayah Regional adalah untuk 1. Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan perkembangan kebudayaan di kawasan negara-negara Asia Tenggara. 2. Memelihara perdamaian dan stabilitas dengan menjunjung tinggi hukum dan hubungan antara negara-negara di Asia Tenggara.<br>Sebagai negara yang terletak di pusat wilayah ASEAN, Indonesia memainkan peran penting dalam mengkoordinasikan upaya-upaya kerja sama antara negara-negara anggota ASEAN. Dalam kapasitasnya sebagai ketua ASEAN pada tahun 2023, hal positifnya bagi Indonesia diharapkan dapat memimpin ASEAN dalam mempromosikan perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di wilayah ini, serta meningkatkan peran ASEAN dalam memecahkan masalah global.<br>Hal-hal positif bagi kelangsungan pemerintah Indonesia adalah&nbsp;<br>a). memperkuat kerjasama Politik dan keamanan negara,&nbsp; contoh nya penyelesaian konflik antara Myanmar dan Bangladesh mengenai pengungsi Rohingya.&nbsp;<br>b). Indonesia juga memperkuat kerja sama dengan negara-negara anggota ASEAN dalam hal penanganan masalah keamanan seperti terorisme, perompakan, dan kejahatan lintas batas.<br>c). Indonesia memiliki banyak universitas dan sekolah yang dapat bekerja sama dengan negara-negara tetangga untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memfasilitasi pertukaran pelajar. Sebagai contoh, Indonesia dan Singapura telah bekerja sama dalam berbagai program pendidikan dan pelatihan, termasuk dalam bidang vokasi dan kejuruan.<br>&nbsp;</p>

1). Indonesia aktif berpartisipasi dan berkontribusi dalam Misi Pemeliharaan Perdamaian PBB. Contoh peran Indonesia melalui organisasi ini adalah mengirimkan ratusan personel infanteri sebagai bagian dari United Nations Emergency Force (UNEF) di Sinai.
Setiap negara memiliki kelebihan maupun kekurangannya, oleh sebeb itu dengan adanya kerjasama antar negara satu dengan yang lainnya dapat saling menyalurkan kelebihan dan menutupi kekurangan. Dengan demikian pembangunan di dalam suatu negara akan berjalan lancar dan dapat membangun potensi yang ada di dalam negeri.
2). Kerja sama regional ASIA yang aktif diikuti oleh Indonesia di antaranya adalah Association of Southeast Asian Nations (ASEAN), ASEAN Regional Forum (ARF), East Asia Summit (EAS), dan Asia Pacific Economic Cooperation (APEC).
Fungsi dan tujuan kedepannya bagi negara-negara yang bekerjasama di wilayah Regional adalah untuk 1. Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan perkembangan kebudayaan di kawasan negara-negara Asia Tenggara. 2. Memelihara perdamaian dan stabilitas dengan menjunjung tinggi hukum dan hubungan antara negara-negara di Asia Tenggara.
Sebagai negara yang terletak di pusat wilayah ASEAN, Indonesia memainkan peran penting dalam mengkoordinasikan upaya-upaya kerja sama antara negara-negara anggota ASEAN. Dalam kapasitasnya sebagai ketua ASEAN pada tahun 2023, hal positifnya bagi Indonesia diharapkan dapat memimpin ASEAN dalam mempromosikan perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di wilayah ini, serta meningkatkan peran ASEAN dalam memecahkan masalah global.
Hal-hal positif bagi kelangsungan pemerintah Indonesia adalah 
a). memperkuat kerjasama Politik dan keamanan negara,  contoh nya penyelesaian konflik antara Myanmar dan Bangladesh mengenai pengungsi Rohingya. 
b). Indonesia juga memperkuat kerja sama dengan negara-negara anggota ASEAN dalam hal penanganan masalah keamanan seperti terorisme, perompakan, dan kejahatan lintas batas.
c). Indonesia memiliki banyak universitas dan sekolah yang dapat bekerja sama dengan negara-negara tetangga untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memfasilitasi pertukaran pelajar. Sebagai contoh, Indonesia dan Singapura telah bekerja sama dalam berbagai program pendidikan dan pelatihan, termasuk dalam bidang vokasi dan kejuruan.
 


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

26 April 2024 10:25

Jawaban terverifikasi

<p>berikut adalah peran aktif Indonesia dalam organisasi internasional dan di tingkat ASEAN, beserta dampak positifnya bagi kepentingan pemerintah Indonesia:</p><p>Peran Aktif Indonesia dalam Organisasi Internasional:</p><p><strong>Partisipasi dalam PBB</strong>: Sebagai anggota PBB, Indonesia aktif berkontribusi dalam forum internasional untuk mempromosikan perdamaian, keamanan, pembangunan berkelanjutan, dan hak asasi manusia. Contoh konkretnya adalah peran Indonesia dalam perdamaian di Timor Leste pada tahun 1999 dan kontribusinya dalam misi penjaga perdamaian PBB di berbagai negara.</p><p><strong>Keikutsertaan dalam G20</strong>: Indonesia merupakan anggota G20, forum yang membahas masalah ekonomi global. Melalui partisipasinya di G20, Indonesia memiliki kesempatan untuk mempengaruhi kebijakan ekonomi global dan memperjuangkan kepentingan ekonomi nasional serta negara-negara berkembang lainnya.</p><p><strong>Keterlibatan dalam ASEAN</strong>: Indonesia merupakan anggota pendiri ASEAN dan secara aktif berperan dalam mendorong kerja sama regional di Asia Tenggara. Keanggotaan ini memungkinkan Indonesia untuk memainkan peran penting dalam mempengaruhi kebijakan regional yang memengaruhi stabilitas dan kemakmuran negara.</p><p>Peran Aktif Indonesia dalam ASEAN dan Hubungan Regional:</p><p><strong>Kerjasama Ekonomi</strong>: Sebagai anggota ASEAN, Indonesia terlibat dalam upaya membangun pasar tunggal dan produksi regional. Contoh nyatanya adalah melalui implementasi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), yang telah memfasilitasi pertumbuhan ekonomi, investasi, dan perdagangan antarnegara anggota.</p><p><strong>Pemeliharaan Keamanan dan Stabilitas</strong>: Indonesia berperan dalam menjaga stabilitas dan keamanan regional melalui diplomasi preventif dan kerjasama keamanan dalam forum ASEAN Regional Forum (ARF) dan ASEAN Defence Ministers' Meeting (ADMM). Contohnya adalah peran Indonesia dalam memediasi konflik di kawasan seperti di Thailand Selatan dan Filipina.</p><p><strong>Perlindungan Lingkungan</strong>: Sebagai negara maritim, Indonesia memiliki peran penting dalam perlindungan lingkungan di kawasan ASEAN. Contoh konkretnya adalah inisiatif Indonesia dalam memimpin upaya pelestarian hutan tropis dan pengurangan emisi gas rumah kaca melalui program REDD+ (Reducing Emissions from Deforestation and Forest Degradation).</p><p><br>&nbsp;</p>

berikut adalah peran aktif Indonesia dalam organisasi internasional dan di tingkat ASEAN, beserta dampak positifnya bagi kepentingan pemerintah Indonesia:

Peran Aktif Indonesia dalam Organisasi Internasional:

Partisipasi dalam PBB: Sebagai anggota PBB, Indonesia aktif berkontribusi dalam forum internasional untuk mempromosikan perdamaian, keamanan, pembangunan berkelanjutan, dan hak asasi manusia. Contoh konkretnya adalah peran Indonesia dalam perdamaian di Timor Leste pada tahun 1999 dan kontribusinya dalam misi penjaga perdamaian PBB di berbagai negara.

Keikutsertaan dalam G20: Indonesia merupakan anggota G20, forum yang membahas masalah ekonomi global. Melalui partisipasinya di G20, Indonesia memiliki kesempatan untuk mempengaruhi kebijakan ekonomi global dan memperjuangkan kepentingan ekonomi nasional serta negara-negara berkembang lainnya.

Keterlibatan dalam ASEAN: Indonesia merupakan anggota pendiri ASEAN dan secara aktif berperan dalam mendorong kerja sama regional di Asia Tenggara. Keanggotaan ini memungkinkan Indonesia untuk memainkan peran penting dalam mempengaruhi kebijakan regional yang memengaruhi stabilitas dan kemakmuran negara.

Peran Aktif Indonesia dalam ASEAN dan Hubungan Regional:

Kerjasama Ekonomi: Sebagai anggota ASEAN, Indonesia terlibat dalam upaya membangun pasar tunggal dan produksi regional. Contoh nyatanya adalah melalui implementasi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), yang telah memfasilitasi pertumbuhan ekonomi, investasi, dan perdagangan antarnegara anggota.

Pemeliharaan Keamanan dan Stabilitas: Indonesia berperan dalam menjaga stabilitas dan keamanan regional melalui diplomasi preventif dan kerjasama keamanan dalam forum ASEAN Regional Forum (ARF) dan ASEAN Defence Ministers' Meeting (ADMM). Contohnya adalah peran Indonesia dalam memediasi konflik di kawasan seperti di Thailand Selatan dan Filipina.

Perlindungan Lingkungan: Sebagai negara maritim, Indonesia memiliki peran penting dalam perlindungan lingkungan di kawasan ASEAN. Contoh konkretnya adalah inisiatif Indonesia dalam memimpin upaya pelestarian hutan tropis dan pengurangan emisi gas rumah kaca melalui program REDD+ (Reducing Emissions from Deforestation and Forest Degradation).


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

1. Stereotip merupakan citra yang kaku mengenai suatu kelompok yang dianut tanpa memperhatikan kebenaran citra tersebut. Berikan 3 contoh stereotip yang lazim ditemukan dalam masyarakat Indonesia! 2. Menurut pendapat kalian, apakah dampak positif dan negatif dari berkembangnya fanatisme dalam beragama serta berkeyakinan? Berikan penjelasan secara ringkas dan padat! 3. Kesempatan di bidang ekonomi yang seimbang akan mendukung terwujudnya integrasi sosial. Menurut pendapat kalian,mengapa demikian? 4. Pada proses asimilasi, terjadi peleburan kebudayaan sehingga pihak pihak yang tengah berasimilasi akan merasakan adanya kebudayaan tunggal sebagai milik bersama. Berikan 3 contoh realitas asimilasi dalam masyarakat Indonesia! 5. Menurut pendapat kalian, apakah pentingnya integrasi elite- massa bagi keutuhan NKRI? Berikan penjelasan secara ringkas dan padat!

13

5.0

Jawaban terverifikasi