Jabbar V

06 Juli 2024 06:34

Iklan

Jabbar V

06 Juli 2024 06:34

Pertanyaan

1) Sebutkan dan jelaskan dari 3 tipe di bawah ini : [1] 3 jenis tingkat kesulitan dari LOTS ! [2] 2 jenis tingkat kesulitan dari MOTS ! [3] 5 jenis tingkat kesulitan dari HOTS ! 2) Mengapa tanda tingkat kesulitan tidak diterapkan di quiz RG? Jelaskan alasan!

1) Sebutkan dan jelaskan dari 3 tipe di bawah ini :
[1] 3 jenis tingkat kesulitan dari LOTS
[2] 2 jenis tingkat kesulitan dari MOTS
[3] 5 jenis tingkat kesulitan dari HOTS

 

2) Mengapa tanda tingkat kesulitan tidak diterapkan di quiz RG? Jelaskan alasan! 

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

01

:

01

:

32

:

13

Klaim

1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Kevin L

Gold

06 Juli 2024 07:58

Jawaban terverifikasi

Tingkat Kesulitan Soal LOTS LOTS adalah singkatan dari Level of Thinking Skills. LOTS merupakan taksonomi soal yang mengklasifikasikan soal berdasarkan tingkat kesulitannya dalam mengukur kemampuan berpikir siswa. Taksonomi LOTS terdiri dari 3 tingkatan, yaitu: 1. Pengetahuan Soal pada tingkat pengetahuan hanya mengukur kemampuan siswa untuk mengingat dan mengenali informasi. Contoh soal pada tingkat pengetahuan: * Sebutkan 5 negara di Asia Tenggara! * Jelaskan perbedaan antara katak dan kodok! * Sebutkan rumus luas persegi panjang! 2. Pemahaman Soal pada tingkat pemahaman mengukur kemampuan siswa untuk memahami informasi dan mengolahnya menjadi makna yang lebih dalam. Contoh soal pada tingkat pemahaman: * Jelaskan mengapa Indonesia memiliki iklim tropis! * Bagaimana cara menghitung volume kubus? * Apa yang dimaksud dengan demokrasi? 3. Penerapan Soal pada tingkat penerapan mengukur kemampuan siswa untuk menerapkan pengetahuan dan pemahamannya dalam situasi yang baru. Contoh soal pada tingkat penerapan: * Seorang petani memiliki lahan seluas 1.000 meter persegi. Dia ingin menanami lahan tersebut dengan padi. Berapa banyak bibit padi yang dia butuhkan jika jarak antar bibit padi adalah 20 cm? * Seorang pengusaha ingin menaikkan keuntungan perusahaannya. Strategi apa yang dapat dia terapkan? * Jelaskan bagaimana cara memecahkan masalah pencemaran lingkungan! Tingkat Kesulitan Soal MOTS MOTS adalah singkatan dari Middle Order Thinking Skills. MOTS merupakan taksonomi soal yang mengklasifikasikan soal berdasarkan tingkat kesulitannya yang lebih tinggi dari LOTS. Taksonomi MOTS terdiri dari 2 tingkatan, yaitu: 1. Analisis Soal pada tingkat analisis mengukur kemampuan siswa untuk mengurai informasi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan memahami hubungan antar bagian tersebut. Contoh soal pada tingkat analisis: * Jelaskan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya revolusi industri! * Bandingkan dan bedakan antara teori Darwin dan Lamarck tentang evolusi! * Analisislah data berikut dan buatlah kesimpulannya! 2. Evaluasi Soal pada tingkat evaluasi mengukur kemampuan siswa untuk menilai informasi dan memberikan penilaian terhadapnya. Contoh soal pada tingkat evaluasi: * Berikan penilaian Anda terhadap kebijakan pemerintah tentang kenaikan harga BBM! * Seberapa efektifkah program pendidikan karakter di sekolah Anda? * Menurut Anda, apa dampak positif dan negatif dari penggunaan media sosial? Tingkat Kesulitan Soal HOTS HOTS adalah singkatan dari Higher Order Thinking Skills. HOTS merupakan taksonomi soal yang mengklasifikasikan soal berdasarkan tingkat kesulitannya yang paling tinggi. Taksonomi HOTS terdiri dari 5 tingkatan, yaitu: 1. Sintesis Soal pada tingkat sintesis mengukur kemampuan siswa untuk menggabungkan informasi dari berbagai sumber dan menghasilkan sesuatu yang baru. Contoh soal pada tingkat sintesis: * Buatlah sebuah puisi tentang keindahan alam Indonesia! * Rancanglah sebuah strategi pemasaran untuk produk baru! * Kembangkanlah sebuah teori baru tentang asal-usul alam semesta! 2. Evaluasi Soal pada tingkat evaluasi mengukur kemampuan siswa untuk menilai informasi dan memberikan penilaian terhadapnya. Contoh soal pada tingkat evaluasi: * Berikan penilaian Anda terhadap kebijakan pemerintah tentang kenaikan harga BBM! * Seberapa efektifkah program pendidikan karakter di sekolah Anda? * Menurut Anda, apa dampak positif dan negatif dari penggunaan media sosial? 3. Kreativitas Soal pada tingkat kreativitas mengukur kemampuan siswa untuk menghasilkan ide-ide baru dan orisinal. Contoh soal pada tingkat kreativitas: * Buatlah sebuah desain logo untuk perusahaan baru! * Tulislah sebuah cerita fiksi ilmiah tentang kehidupan di masa depan! * Buatlah sebuah karya seni yang menggambarkan perdamaian dunia! 4. Keterampilan Berkomunikasi Soal pada tingkat keterampilan berkomunikasi mengukur kemampuan siswa untuk menyampaikan ide-idenya dengan jelas dan efektif. Contoh soal pada tingkat keterampilan berkomunikasi: * Buatlah sebuah presentasi tentang sejarah Indonesia! * Tulislah sebuah artikel opini tentang isu terkini! * Lakukanlah negosiasi dengan teman Anda untuk menyelesaikan suatu masalah! 5. Keterampilan Berkolaborasi Soal pada tingkat keterampilan berkolaborasi mengukur kemampuan siswa untuk bekerja sama dengan orang lain dalam mencapai tujuan bersama. Contoh soal pada tingkat keterampilan berkolaborasi: * Lakukanlah sebuah proyek penelitian dengan kelompok Anda! * Buatlah sebuah pertunjukan drama dengan teman-teman sekelas Anda! * Adakanlah sebuah diskusi kelompok tentang suatu topik! Tingkat kesulitan soal LOTS, MOTS, dan HOTS dapat membantu guru dalam merancang soal yang sesuai dengan kemampuan dan tingkat perkembangan siswa. Dengan menggunakan soal-soal yang tepat,


Iklan

Nail K

07 Juli 2024 05:40

Jawaban terverifikasi

<p>1.1) LOTS (Lower Order Thinking Skills):<br>&nbsp; a) Mengingat (Remembering): Kemampuan mengingat atau mengenali informasi yang telah dipelajari.<br>&nbsp; b) Memahami (Understanding): Kemampuan memahami makna dari informasi yang diterima.<br>&nbsp; c) Menerapkan (Applying): Kemampuan menggunakan informasi dalam situasi baru atau konkret.</p><p>2) MOTS (Middle Order Thinking Skills):<br>&nbsp; a) Menganalisis (Analyzing): Kemampuan memecah informasi menjadi bagian-bagian dan menentukan bagaimana bagian-bagian tersebut saling berhubungan.<br>&nbsp; b) Mengevaluasi (Evaluating): Kemampuan membuat penilaian berdasarkan kriteria dan standar tertentu.</p><p>3) HOTS (Higher Order Thinking Skills):<br>&nbsp; a) Mencipta (Creating): Kemampuan menghasilkan ide atau produk baru.<br>&nbsp; b) Menalar (Reasoning): Kemampuan membuat kesimpulan logis berdasarkan informasi yang ada.<br>&nbsp; c) Refleksi (Reflecting): Kemampuan memikirkan kembali dan mengevaluasi proses berpikir sendiri.<br>&nbsp; d) Metakognisi (Metacognition): Kemampuan untuk memahami dan mengontrol proses berpikir sendiri.<br>&nbsp; e) Berpikir kritis (Critical thinking): Kemampuan menganalisis dan mengevaluasi informasi secara objektif untuk membuat keputusan atau penilaian.</p><p>2.Alasan tanda tingkat kesulitan tidak diterapkan di quiz RG mungkin karena:</p><p>1. Fokus pada pemahaman keseluruhan, bukan tingkat kognitif tertentu.<br>2. Menghindari bias dan prasangka tentang kesulitan soal.<br>3. Mendorong pemikiran mandiri tanpa label.<br>4. Fleksibilitas dalam penilaian, karena tingkat kesulitan bisa berbeda bagi setiap peserta.<br>5. Mengurangi kecemasan peserta.<br>6. Lebih mendekati kondisi membaca di dunia nyata.<br>7. Memungkinkan penilaian yang lebih holistik.</p>

1.1) LOTS (Lower Order Thinking Skills):
  a) Mengingat (Remembering): Kemampuan mengingat atau mengenali informasi yang telah dipelajari.
  b) Memahami (Understanding): Kemampuan memahami makna dari informasi yang diterima.
  c) Menerapkan (Applying): Kemampuan menggunakan informasi dalam situasi baru atau konkret.

2) MOTS (Middle Order Thinking Skills):
  a) Menganalisis (Analyzing): Kemampuan memecah informasi menjadi bagian-bagian dan menentukan bagaimana bagian-bagian tersebut saling berhubungan.
  b) Mengevaluasi (Evaluating): Kemampuan membuat penilaian berdasarkan kriteria dan standar tertentu.

3) HOTS (Higher Order Thinking Skills):
  a) Mencipta (Creating): Kemampuan menghasilkan ide atau produk baru.
  b) Menalar (Reasoning): Kemampuan membuat kesimpulan logis berdasarkan informasi yang ada.
  c) Refleksi (Reflecting): Kemampuan memikirkan kembali dan mengevaluasi proses berpikir sendiri.
  d) Metakognisi (Metacognition): Kemampuan untuk memahami dan mengontrol proses berpikir sendiri.
  e) Berpikir kritis (Critical thinking): Kemampuan menganalisis dan mengevaluasi informasi secara objektif untuk membuat keputusan atau penilaian.

2.Alasan tanda tingkat kesulitan tidak diterapkan di quiz RG mungkin karena:

1. Fokus pada pemahaman keseluruhan, bukan tingkat kognitif tertentu.
2. Menghindari bias dan prasangka tentang kesulitan soal.
3. Mendorong pemikiran mandiri tanpa label.
4. Fleksibilitas dalam penilaian, karena tingkat kesulitan bisa berbeda bagi setiap peserta.
5. Mengurangi kecemasan peserta.
6. Lebih mendekati kondisi membaca di dunia nyata.
7. Memungkinkan penilaian yang lebih holistik.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke AiRIS

Yuk, cobain chat dan belajar bareng AiRIS, teman pintarmu!

Chat AiRIS

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

A. BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, ATAU C PADA JAWABAN YANG BENAR! 1. Kerajaan Hindu tertua di Indonesia adalah kerajaan …. a. Sriwijaya b. Singasari c. Kutai d. Majapahit 2. Prasasti Batu Bertulis, Prasasti Tugu dan Prasasti Kebon Kopi adalah peninggalan kerajaan …. a. Majapahit b. Demak c. Tarumanegara d. Gowa-Tallo 3. Kerajaan Mataram Islam mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan …. a. Hayam Wuruk b. Sultan Agung c. Sultan Ageng Tirtayasa d. Sultan Hasanudin 4. Kerajaan Islam pertama di Indonesia adalah …. a. Aceh b. Demak c. Gowa-Tallo d. Samudra Pasai 5. Berikut adalah peninggalan kerajaan Islam, kecuali … a. Masjid Demak b. Menara Kudus c. Candi Borobudur d. Pondok Pesantren 6. Kerajaan Majapahit dikenal dengan kerajaan yang mempunyai …. a. Permaisuri yang cantik-cantik b. Angkatan darat yang banyak c. Raja-raja yang bijak d. Kekuatan maritim yang besar 7. Berikut ini yang bukan termasuk kenampakan alam adalah …. a. Sungai b. Pelabuhan c. Danau d. Gunung 8. Daratan yang menjorok ke laut dinamakan …. a. Lembah b. Teluk c. Selat d. Tanjung 9. Wilayah Indonesia dibagi menjadi …. waktu. a. 3 bagian b. 4 bagian c. 2 bagian d. 1 bagian 10. Dataran tinggi Dieng terdapat di Provinsi …. a. Jawa Tengah b. Jawa timur c. Jawa barat d. Banten 11. Kota Semarang, Palembang dan Padang termasuk wilayah Indonesia dengan pembagian waktu … a. WITA b. WIB c. WIT d. WIS 12. Keanekaragaman suku-suku bangsa Indonesia antara lain dipengaruhi oleh …. a. Perbedaan kondisi lingkungan yang ditempati b. Persamaan lingkungan pulau yang ditempati c. Banyaknya gunung berapi di Indonesia d. Perbedaan jenis iklim antar pulau di Indonesia 13. Suku Asmat, Bintuni dan Sentani berasal dari pulau …. a. Kalimantan b. Sumatra c. Papua d. Jawa 14. Upacara pembakaran jenazah di Bali dikenal dengan nama …. a. Wiwit b. Legong c. Ngaben d. Kecak 15. Berikut adalah suku-suku yang ada di pulau Jawa, kecuali …. a. Jawa b. Sunda c. Toraja d. Tengger 16. Alat musik berikut ini yang berasal dari daerah Nusa Tenggara adalah …. a. Bonang b. Sasando c. Popondi d. Rebab 17. Berikut ini adalah contoh pakaian adat yang benar sesuai daerah asalnya adalah …. a. Ulos dari Jawa Barat b. Baju Kurung dari Sumatra Barat c. Beskap dari Sumatra Utara d. Kebaya dari Kalimantan Selatan 18. Berikut yang tidak termasuk kebudayaan daerah Indonesia adalah …. a. Tarian daerah b. Lagu daerah c. Bahasa daerah d. Tanah daerah 19. Orang yang menggunakan jasa atau barang disebut …. a. produsen b. Distributor c. Konsumen d. Penyalur 20. Kegiatan ekonomi yang menghasilkan barang, yaitu …. a. Usaha angkutan b. Usaha tukang cukur c. Usaha pelayanan kesehatan d. Usaha membuat makanan

9

5.0

Jawaban terverifikasi

[1] Gaya hidup sedentari alias kurang gerak atau mager (malas gerak) adalah masalah yang sering dialami oleh penduduk perkotaan. [2] Bekerja di depan layar komputer sepanjang hari, kelamaan terjebak macet di jalan,atau hobi main gim tanpa diimbangi olahraga merupakan bentuk dari gaya hidup sedentari. [3] Jika Anda termasuk salah satu orang yang sering melakukan berbagai rutinitas tersebut, Anda harus waspada. [4] Pasalnya, gaya hidup sedentari sangat berbahaya karena membuat Anda berisiko terkena diabetes tipe 2. [5] Gaya hidup sedentari menyebabkan masyarakat, terutama penduduk kota, malas bergerak. [6] Coba ingat-ingat, dalam sehari ini, sudah berapa kali Anda dalam menggunakan aplikasi online untuk memenuhi kebutuh Anda? [7] Selain itu, tilik juga berapa banyak langkah yang sudah Anda dapatkan pada hari ini? [8] Seiring dengan pengembangan teknologi yang makin canggih, apa pun yang Anda butuhkan kini bisa langsung diantar ke ruangan kantor Anda atau depan rumah. [9] Selain hemat waktu, Anda pun jadi tak perlu mengeluarkan energi untuk mendapatkan apa yang Anda mau. [10] Namun, tahukah Anda bahwa segala kemudahan tersebut menyimpan bahaya bagi tubuh Anda? [11] Minimnya aktifitas fisik karena gaya hidup ini membuatmu berisiko lebih tinggi terkena berbagai penyakit kronis, termasuk diabetes. [12] Bahkan, Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa gaya hidup ini juga termasuk 1 dari 10 penyebab kematian terbanyak di dunia. [13] Selain itu, data terbaru dari Riskedas 2018 menguak bahwa DKI Jakarta merupakan provinsi dengan tingkat diabetes melitus tertinggi di Indonesia. [14] Ini menunjukkan bahwa gaya hidup mager amat erat kaitannya dengan tingkat diabetes di perkotaan. Bentuk bahasa yang sejenis dengan mager pada kalimat 1 adalah.... a. magang b. oncom c. rudal d. pugar

5

5.0

Jawaban terverifikasi