Jabbar V

06 Juli 2024 06:34

Iklan

Jabbar V

06 Juli 2024 06:34

Pertanyaan

1) Sebutkan dan jelaskan dari 3 tipe di bawah ini : [1] 3 jenis tingkat kesulitan dari LOTS ! [2] 2 jenis tingkat kesulitan dari MOTS ! [3] 5 jenis tingkat kesulitan dari HOTS ! 2) Mengapa tanda tingkat kesulitan tidak diterapkan di quiz RG? Jelaskan alasan!

1) Sebutkan dan jelaskan dari 3 tipe di bawah ini :
[1] 3 jenis tingkat kesulitan dari LOTS
[2] 2 jenis tingkat kesulitan dari MOTS
[3] 5 jenis tingkat kesulitan dari HOTS

 

2) Mengapa tanda tingkat kesulitan tidak diterapkan di quiz RG? Jelaskan alasan! 

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

01

:

17

:

19

:

05

Klaim

1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Kevin L

Gold

06 Juli 2024 07:58

Jawaban terverifikasi

Tingkat Kesulitan Soal LOTS LOTS adalah singkatan dari Level of Thinking Skills. LOTS merupakan taksonomi soal yang mengklasifikasikan soal berdasarkan tingkat kesulitannya dalam mengukur kemampuan berpikir siswa. Taksonomi LOTS terdiri dari 3 tingkatan, yaitu: 1. Pengetahuan Soal pada tingkat pengetahuan hanya mengukur kemampuan siswa untuk mengingat dan mengenali informasi. Contoh soal pada tingkat pengetahuan: * Sebutkan 5 negara di Asia Tenggara! * Jelaskan perbedaan antara katak dan kodok! * Sebutkan rumus luas persegi panjang! 2. Pemahaman Soal pada tingkat pemahaman mengukur kemampuan siswa untuk memahami informasi dan mengolahnya menjadi makna yang lebih dalam. Contoh soal pada tingkat pemahaman: * Jelaskan mengapa Indonesia memiliki iklim tropis! * Bagaimana cara menghitung volume kubus? * Apa yang dimaksud dengan demokrasi? 3. Penerapan Soal pada tingkat penerapan mengukur kemampuan siswa untuk menerapkan pengetahuan dan pemahamannya dalam situasi yang baru. Contoh soal pada tingkat penerapan: * Seorang petani memiliki lahan seluas 1.000 meter persegi. Dia ingin menanami lahan tersebut dengan padi. Berapa banyak bibit padi yang dia butuhkan jika jarak antar bibit padi adalah 20 cm? * Seorang pengusaha ingin menaikkan keuntungan perusahaannya. Strategi apa yang dapat dia terapkan? * Jelaskan bagaimana cara memecahkan masalah pencemaran lingkungan! Tingkat Kesulitan Soal MOTS MOTS adalah singkatan dari Middle Order Thinking Skills. MOTS merupakan taksonomi soal yang mengklasifikasikan soal berdasarkan tingkat kesulitannya yang lebih tinggi dari LOTS. Taksonomi MOTS terdiri dari 2 tingkatan, yaitu: 1. Analisis Soal pada tingkat analisis mengukur kemampuan siswa untuk mengurai informasi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan memahami hubungan antar bagian tersebut. Contoh soal pada tingkat analisis: * Jelaskan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya revolusi industri! * Bandingkan dan bedakan antara teori Darwin dan Lamarck tentang evolusi! * Analisislah data berikut dan buatlah kesimpulannya! 2. Evaluasi Soal pada tingkat evaluasi mengukur kemampuan siswa untuk menilai informasi dan memberikan penilaian terhadapnya. Contoh soal pada tingkat evaluasi: * Berikan penilaian Anda terhadap kebijakan pemerintah tentang kenaikan harga BBM! * Seberapa efektifkah program pendidikan karakter di sekolah Anda? * Menurut Anda, apa dampak positif dan negatif dari penggunaan media sosial? Tingkat Kesulitan Soal HOTS HOTS adalah singkatan dari Higher Order Thinking Skills. HOTS merupakan taksonomi soal yang mengklasifikasikan soal berdasarkan tingkat kesulitannya yang paling tinggi. Taksonomi HOTS terdiri dari 5 tingkatan, yaitu: 1. Sintesis Soal pada tingkat sintesis mengukur kemampuan siswa untuk menggabungkan informasi dari berbagai sumber dan menghasilkan sesuatu yang baru. Contoh soal pada tingkat sintesis: * Buatlah sebuah puisi tentang keindahan alam Indonesia! * Rancanglah sebuah strategi pemasaran untuk produk baru! * Kembangkanlah sebuah teori baru tentang asal-usul alam semesta! 2. Evaluasi Soal pada tingkat evaluasi mengukur kemampuan siswa untuk menilai informasi dan memberikan penilaian terhadapnya. Contoh soal pada tingkat evaluasi: * Berikan penilaian Anda terhadap kebijakan pemerintah tentang kenaikan harga BBM! * Seberapa efektifkah program pendidikan karakter di sekolah Anda? * Menurut Anda, apa dampak positif dan negatif dari penggunaan media sosial? 3. Kreativitas Soal pada tingkat kreativitas mengukur kemampuan siswa untuk menghasilkan ide-ide baru dan orisinal. Contoh soal pada tingkat kreativitas: * Buatlah sebuah desain logo untuk perusahaan baru! * Tulislah sebuah cerita fiksi ilmiah tentang kehidupan di masa depan! * Buatlah sebuah karya seni yang menggambarkan perdamaian dunia! 4. Keterampilan Berkomunikasi Soal pada tingkat keterampilan berkomunikasi mengukur kemampuan siswa untuk menyampaikan ide-idenya dengan jelas dan efektif. Contoh soal pada tingkat keterampilan berkomunikasi: * Buatlah sebuah presentasi tentang sejarah Indonesia! * Tulislah sebuah artikel opini tentang isu terkini! * Lakukanlah negosiasi dengan teman Anda untuk menyelesaikan suatu masalah! 5. Keterampilan Berkolaborasi Soal pada tingkat keterampilan berkolaborasi mengukur kemampuan siswa untuk bekerja sama dengan orang lain dalam mencapai tujuan bersama. Contoh soal pada tingkat keterampilan berkolaborasi: * Lakukanlah sebuah proyek penelitian dengan kelompok Anda! * Buatlah sebuah pertunjukan drama dengan teman-teman sekelas Anda! * Adakanlah sebuah diskusi kelompok tentang suatu topik! Tingkat kesulitan soal LOTS, MOTS, dan HOTS dapat membantu guru dalam merancang soal yang sesuai dengan kemampuan dan tingkat perkembangan siswa. Dengan menggunakan soal-soal yang tepat,


Iklan

Nail K

07 Juli 2024 05:40

Jawaban terverifikasi

<p>1.1) LOTS (Lower Order Thinking Skills):<br>&nbsp; a) Mengingat (Remembering): Kemampuan mengingat atau mengenali informasi yang telah dipelajari.<br>&nbsp; b) Memahami (Understanding): Kemampuan memahami makna dari informasi yang diterima.<br>&nbsp; c) Menerapkan (Applying): Kemampuan menggunakan informasi dalam situasi baru atau konkret.</p><p>2) MOTS (Middle Order Thinking Skills):<br>&nbsp; a) Menganalisis (Analyzing): Kemampuan memecah informasi menjadi bagian-bagian dan menentukan bagaimana bagian-bagian tersebut saling berhubungan.<br>&nbsp; b) Mengevaluasi (Evaluating): Kemampuan membuat penilaian berdasarkan kriteria dan standar tertentu.</p><p>3) HOTS (Higher Order Thinking Skills):<br>&nbsp; a) Mencipta (Creating): Kemampuan menghasilkan ide atau produk baru.<br>&nbsp; b) Menalar (Reasoning): Kemampuan membuat kesimpulan logis berdasarkan informasi yang ada.<br>&nbsp; c) Refleksi (Reflecting): Kemampuan memikirkan kembali dan mengevaluasi proses berpikir sendiri.<br>&nbsp; d) Metakognisi (Metacognition): Kemampuan untuk memahami dan mengontrol proses berpikir sendiri.<br>&nbsp; e) Berpikir kritis (Critical thinking): Kemampuan menganalisis dan mengevaluasi informasi secara objektif untuk membuat keputusan atau penilaian.</p><p>2.Alasan tanda tingkat kesulitan tidak diterapkan di quiz RG mungkin karena:</p><p>1. Fokus pada pemahaman keseluruhan, bukan tingkat kognitif tertentu.<br>2. Menghindari bias dan prasangka tentang kesulitan soal.<br>3. Mendorong pemikiran mandiri tanpa label.<br>4. Fleksibilitas dalam penilaian, karena tingkat kesulitan bisa berbeda bagi setiap peserta.<br>5. Mengurangi kecemasan peserta.<br>6. Lebih mendekati kondisi membaca di dunia nyata.<br>7. Memungkinkan penilaian yang lebih holistik.</p>

1.1) LOTS (Lower Order Thinking Skills):
  a) Mengingat (Remembering): Kemampuan mengingat atau mengenali informasi yang telah dipelajari.
  b) Memahami (Understanding): Kemampuan memahami makna dari informasi yang diterima.
  c) Menerapkan (Applying): Kemampuan menggunakan informasi dalam situasi baru atau konkret.

2) MOTS (Middle Order Thinking Skills):
  a) Menganalisis (Analyzing): Kemampuan memecah informasi menjadi bagian-bagian dan menentukan bagaimana bagian-bagian tersebut saling berhubungan.
  b) Mengevaluasi (Evaluating): Kemampuan membuat penilaian berdasarkan kriteria dan standar tertentu.

3) HOTS (Higher Order Thinking Skills):
  a) Mencipta (Creating): Kemampuan menghasilkan ide atau produk baru.
  b) Menalar (Reasoning): Kemampuan membuat kesimpulan logis berdasarkan informasi yang ada.
  c) Refleksi (Reflecting): Kemampuan memikirkan kembali dan mengevaluasi proses berpikir sendiri.
  d) Metakognisi (Metacognition): Kemampuan untuk memahami dan mengontrol proses berpikir sendiri.
  e) Berpikir kritis (Critical thinking): Kemampuan menganalisis dan mengevaluasi informasi secara objektif untuk membuat keputusan atau penilaian.

2.Alasan tanda tingkat kesulitan tidak diterapkan di quiz RG mungkin karena:

1. Fokus pada pemahaman keseluruhan, bukan tingkat kognitif tertentu.
2. Menghindari bias dan prasangka tentang kesulitan soal.
3. Mendorong pemikiran mandiri tanpa label.
4. Fleksibilitas dalam penilaian, karena tingkat kesulitan bisa berbeda bagi setiap peserta.
5. Mengurangi kecemasan peserta.
6. Lebih mendekati kondisi membaca di dunia nyata.
7. Memungkinkan penilaian yang lebih holistik.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke AiRIS

Yuk, cobain chat dan belajar bareng AiRIS, teman pintarmu!

Chat AiRIS

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

A. BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, ATAU C PADA JAWABAN YANG BENAR! 1. Kerajaan Hindu tertua di Indonesia adalah kerajaan …. a. Sriwijaya b. Singasari c. Kutai d. Majapahit 2. Prasasti Batu Bertulis, Prasasti Tugu dan Prasasti Kebon Kopi adalah peninggalan kerajaan …. a. Majapahit b. Demak c. Tarumanegara d. Gowa-Tallo 3. Kerajaan Mataram Islam mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan …. a. Hayam Wuruk b. Sultan Agung c. Sultan Ageng Tirtayasa d. Sultan Hasanudin 4. Kerajaan Islam pertama di Indonesia adalah …. a. Aceh b. Demak c. Gowa-Tallo d. Samudra Pasai 5. Berikut adalah peninggalan kerajaan Islam, kecuali … a. Masjid Demak b. Menara Kudus c. Candi Borobudur d. Pondok Pesantren 6. Kerajaan Majapahit dikenal dengan kerajaan yang mempunyai …. a. Permaisuri yang cantik-cantik b. Angkatan darat yang banyak c. Raja-raja yang bijak d. Kekuatan maritim yang besar 7. Berikut ini yang bukan termasuk kenampakan alam adalah …. a. Sungai b. Pelabuhan c. Danau d. Gunung 8. Daratan yang menjorok ke laut dinamakan …. a. Lembah b. Teluk c. Selat d. Tanjung 9. Wilayah Indonesia dibagi menjadi …. waktu. a. 3 bagian b. 4 bagian c. 2 bagian d. 1 bagian 10. Dataran tinggi Dieng terdapat di Provinsi …. a. Jawa Tengah b. Jawa timur c. Jawa barat d. Banten 11. Kota Semarang, Palembang dan Padang termasuk wilayah Indonesia dengan pembagian waktu … a. WITA b. WIB c. WIT d. WIS 12. Keanekaragaman suku-suku bangsa Indonesia antara lain dipengaruhi oleh …. a. Perbedaan kondisi lingkungan yang ditempati b. Persamaan lingkungan pulau yang ditempati c. Banyaknya gunung berapi di Indonesia d. Perbedaan jenis iklim antar pulau di Indonesia 13. Suku Asmat, Bintuni dan Sentani berasal dari pulau …. a. Kalimantan b. Sumatra c. Papua d. Jawa 14. Upacara pembakaran jenazah di Bali dikenal dengan nama …. a. Wiwit b. Legong c. Ngaben d. Kecak 15. Berikut adalah suku-suku yang ada di pulau Jawa, kecuali …. a. Jawa b. Sunda c. Toraja d. Tengger 16. Alat musik berikut ini yang berasal dari daerah Nusa Tenggara adalah …. a. Bonang b. Sasando c. Popondi d. Rebab 17. Berikut ini adalah contoh pakaian adat yang benar sesuai daerah asalnya adalah …. a. Ulos dari Jawa Barat b. Baju Kurung dari Sumatra Barat c. Beskap dari Sumatra Utara d. Kebaya dari Kalimantan Selatan 18. Berikut yang tidak termasuk kebudayaan daerah Indonesia adalah …. a. Tarian daerah b. Lagu daerah c. Bahasa daerah d. Tanah daerah 19. Orang yang menggunakan jasa atau barang disebut …. a. produsen b. Distributor c. Konsumen d. Penyalur 20. Kegiatan ekonomi yang menghasilkan barang, yaitu …. a. Usaha angkutan b. Usaha tukang cukur c. Usaha pelayanan kesehatan d. Usaha membuat makanan

18

5.0

Jawaban terverifikasi

1.Pancasila adalah fondasi sekaligus pedoman dalam penyelenggaraan negara Indonesia. Dengan demikian Pancasila berfungsi sebagai.... a. dasar negara b. idelogi negara c. pandangan hidup bangsa d. cita-cita nasional 2.Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dibentuk oleh pemerintah pendudukan Jepang pada tanggal 1 Maret 1945 bertepatan dengan hari ulang tahun Kaisar Hirohito. Wakil ketua BPUPKI ketika itu dijabat oleh .... a. Ir. Soekarno dan Mr. Soepomo b. K.R.T Radjiman Wediodiningrat c. Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta d. Ichibangase Yosio dan Radern Pandji Soeroso 3.Ir. Soekarno mengemukakan gagasannya tentang dasar negara pada tanggal .... a. 4 Juni 1945 b. 3 Juni 1945 c. 2 Juni 1945 d. 1 Juni 1945 4."Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik". Pernyataan tersebut tercantum di dalam UUD 1945 .... a. Pasal 1 Ayat 1 b. Pasal 1 Ayat 2 c. Pasal 1 Ayat 3 d. Pasal 18 5.Pemilu pada 15 Desember 1955 dilaksanakan untuk memilih anggota.... a.MPRS b.KNIP c.DPR d.konstitusi 6.Pemilihan umum (pemilu) merupakan proses memilih orang untuk mengisi jabatan-jabatan politik tertentu mulai dari presiden, wakil rakyat dari tingkat pusat sampai daerah. Di Indonesia pemilu dilaksanakan tiap .... a. 3 tahun sekali b. 4 tahun sekali c. 5 tahun sekali d. 6 tahun sekali 7.Pemilu merupakan salah satu syarat terbentuknya pemerintahan yang .... a. bersih b. terbuka c. transparan d. demokratis 8.Perhatikan pernyataan di bawah ini ! (1) Memperlakukan peserta pemilu secara adil dan setara (2) Menyuarakan pemilu (3) Menyampaikan informasi kegiatan pemilu kepada masyarakat (4) Melaporkan penyelenggaraan pemilu Pernyataan-pernyataan di atas merupakan tugas .... a. KPU b. rakyat c. presiden d. PPS 9.Pemilu tahun 2004 dibagi menjadi tiga tahap. Tahap pertama pemilu tersebut adalah untuk memilih .... a. anggota DPR dan DPRD b. anggota KPU c. persaingan calon presiden dan wakil presiden d. partai politik 10.Indonesia merupakan negara demokrasi yang menerapkan teori trias politika, yaitu eksekutif legislatif, dan yudikatif. Pemegang kekuasaan legislatif pada tingkat pemerintah desa ialah .... a. BPD b. kepala desa c. Sekretaris desa d. perangkat desa 11.Munurut UUD 1945, BPK merupakan lembaga yang bebas dan mandiri. Anggota BPK dipilih oleh Dewan Perwakilan Rakyat dengan Memperhatikan pertimbangan Dewan Perwakilan Daerah, dan diresmikan oleh .... a. presiden b. DPR c. MPR d. MK 12.Perhatikan pernyataan berikut ini ! (1) Perlindungan konstitusional (2) Kebebasan menyatakan pendapat (3) Kebebasan untuk berserikat (4) Jaminan hak asasi manusia (5) Badan peradilan dikendalikan pemerintah Prinsip-prinsip demokrasi ditunjukkan oleh nomor .... a. (1), (2), (3), (4), dan (5) b. (1), (2), (3), dan (4) c. (1), (2), dan (3) d. (1), dan (2) 13.Tiap negara memiliki sistem untuk menjalankan kehidupan pemerintahannya. Sistem tersebut adalah sistem pemerintahan. Ada beberapa macam sistem pemerintahan si dunia ini. Saat ini, Indonesia menganut sistem pemerintahan .... a. sosialisasi b. komunis c. Presidensial d. parlementer 14.Dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan, khusus nya pemerintahan daerah, sangat berhubungan erat dengan beberapa asas dalam pemerintahan suatu negara. Asas-asas yang dimaksud adalah .... a. desentralisasi, dekonsentrasi, dan tugas pembantuan b. desentralisasi, konsentrasi, dan tugas pembantuan c. desentralisasi, dekonsentrasi, dan tugas utama d. desentralisasi, dekonsentrasi, dan sentralisasi 15.Bacalah pernyataan-pernyataan berikut ini ! (1) Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia (2) Memajukan kesejahteraan umum (3) Mencerdaskan kehidupan bangsa (4) Menciptakan masyarakat yang jujur dan adil (5) Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Tujuan nasional bangsa Indonesia tercantum pada nomor .... a. (1), (2), (3), (4), dan (5) b. (1), (2), (3), dan (4) c. (1), (2), (3), dan (5) d. (1), (2), dan (3) 16.Anggota komisi Yudisial di angkat diberhentikan oleh .... a. presiden dan para menteri b. presiden dengan persetujuan DPR RI c. DPR RI dan MPR d. Mahkamah Agung 17.Lembaga tinggi negeri ini menurut UUD 45 sebelum diamandemen memiliki fungsi memberi masukan atau pertimbangan kepada presiden. Lembaga tinggi negara ini juga berkewajiban memberi jawaban atas pertanyaan presiden dan berhak mengajukan usul kepada pemerintah. Namun sekarang, lembaga tinggi negara ini sudah dihapuskan. Lembaga yang dimaksudkan adalah .... a. Dewan Pertimbangan Daerah b. Dewan Pertimbangan Agung c. Mahkamah Konstitusi d. Mahkamah Agung 18.Memantau dan mengevaluasi penyelenggaraan pemerintahan kabupaten dan atau kota bagi kepala daerah atau provinsi. Pernyataan ini merupakan tugas dan wewenang .... a. presiden b. kepala daerah c. wakil presiden d. wakil kepala daerah 19.Fungsi anggaran yang dijalankan oleh DPR ditunjukkan oleh .... a. Kekuasaan dalam membentuk UU b. mengesahkan rancangan APBN yang telah diajukan oleh presiden c. mengawasi jalannya pemerintahan d. menindak pelaku kejahatan 20.Basis daerah pemilihan anggota DPD adalah provinsi. Tiap provinsi diwakili oleh perwakilan DPD, yang terdiri dari .... a. 2 anggota b. 3 anggota c. 5 anggota d. 4 anggota

26

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan