Jabbar V

06 Juli 2024 06:34

Iklan

Iklan

Jabbar V

06 Juli 2024 06:34

Pertanyaan

1) Sebutkan dan jelaskan dari 3 tipe di bawah ini : [1] 3 jenis tingkat kesulitan dari LOTS ! [2] 2 jenis tingkat kesulitan dari MOTS ! [3] 5 jenis tingkat kesulitan dari HOTS ! 2) Mengapa tanda tingkat kesulitan tidak diterapkan di quiz RG? Jelaskan alasan!

1) Sebutkan dan jelaskan dari 3 tipe di bawah ini :
[1] 3 jenis tingkat kesulitan dari LOTS
[2] 2 jenis tingkat kesulitan dari MOTS
[3] 5 jenis tingkat kesulitan dari HOTS

 

2) Mengapa tanda tingkat kesulitan tidak diterapkan di quiz RG? Jelaskan alasan! 


32

2


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

06 Juli 2024 07:58

Tingkat Kesulitan Soal LOTS LOTS adalah singkatan dari Level of Thinking Skills. LOTS merupakan taksonomi soal yang mengklasifikasikan soal berdasarkan tingkat kesulitannya dalam mengukur kemampuan berpikir siswa. Taksonomi LOTS terdiri dari 3 tingkatan, yaitu: 1. Pengetahuan Soal pada tingkat pengetahuan hanya mengukur kemampuan siswa untuk mengingat dan mengenali informasi. Contoh soal pada tingkat pengetahuan: * Sebutkan 5 negara di Asia Tenggara! * Jelaskan perbedaan antara katak dan kodok! * Sebutkan rumus luas persegi panjang! 2. Pemahaman Soal pada tingkat pemahaman mengukur kemampuan siswa untuk memahami informasi dan mengolahnya menjadi makna yang lebih dalam. Contoh soal pada tingkat pemahaman: * Jelaskan mengapa Indonesia memiliki iklim tropis! * Bagaimana cara menghitung volume kubus? * Apa yang dimaksud dengan demokrasi? 3. Penerapan Soal pada tingkat penerapan mengukur kemampuan siswa untuk menerapkan pengetahuan dan pemahamannya dalam situasi yang baru. Contoh soal pada tingkat penerapan: * Seorang petani memiliki lahan seluas 1.000 meter persegi. Dia ingin menanami lahan tersebut dengan padi. Berapa banyak bibit padi yang dia butuhkan jika jarak antar bibit padi adalah 20 cm? * Seorang pengusaha ingin menaikkan keuntungan perusahaannya. Strategi apa yang dapat dia terapkan? * Jelaskan bagaimana cara memecahkan masalah pencemaran lingkungan! Tingkat Kesulitan Soal MOTS MOTS adalah singkatan dari Middle Order Thinking Skills. MOTS merupakan taksonomi soal yang mengklasifikasikan soal berdasarkan tingkat kesulitannya yang lebih tinggi dari LOTS. Taksonomi MOTS terdiri dari 2 tingkatan, yaitu: 1. Analisis Soal pada tingkat analisis mengukur kemampuan siswa untuk mengurai informasi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan memahami hubungan antar bagian tersebut. Contoh soal pada tingkat analisis: * Jelaskan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya revolusi industri! * Bandingkan dan bedakan antara teori Darwin dan Lamarck tentang evolusi! * Analisislah data berikut dan buatlah kesimpulannya! 2. Evaluasi Soal pada tingkat evaluasi mengukur kemampuan siswa untuk menilai informasi dan memberikan penilaian terhadapnya. Contoh soal pada tingkat evaluasi: * Berikan penilaian Anda terhadap kebijakan pemerintah tentang kenaikan harga BBM! * Seberapa efektifkah program pendidikan karakter di sekolah Anda? * Menurut Anda, apa dampak positif dan negatif dari penggunaan media sosial? Tingkat Kesulitan Soal HOTS HOTS adalah singkatan dari Higher Order Thinking Skills. HOTS merupakan taksonomi soal yang mengklasifikasikan soal berdasarkan tingkat kesulitannya yang paling tinggi. Taksonomi HOTS terdiri dari 5 tingkatan, yaitu: 1. Sintesis Soal pada tingkat sintesis mengukur kemampuan siswa untuk menggabungkan informasi dari berbagai sumber dan menghasilkan sesuatu yang baru. Contoh soal pada tingkat sintesis: * Buatlah sebuah puisi tentang keindahan alam Indonesia! * Rancanglah sebuah strategi pemasaran untuk produk baru! * Kembangkanlah sebuah teori baru tentang asal-usul alam semesta! 2. Evaluasi Soal pada tingkat evaluasi mengukur kemampuan siswa untuk menilai informasi dan memberikan penilaian terhadapnya. Contoh soal pada tingkat evaluasi: * Berikan penilaian Anda terhadap kebijakan pemerintah tentang kenaikan harga BBM! * Seberapa efektifkah program pendidikan karakter di sekolah Anda? * Menurut Anda, apa dampak positif dan negatif dari penggunaan media sosial? 3. Kreativitas Soal pada tingkat kreativitas mengukur kemampuan siswa untuk menghasilkan ide-ide baru dan orisinal. Contoh soal pada tingkat kreativitas: * Buatlah sebuah desain logo untuk perusahaan baru! * Tulislah sebuah cerita fiksi ilmiah tentang kehidupan di masa depan! * Buatlah sebuah karya seni yang menggambarkan perdamaian dunia! 4. Keterampilan Berkomunikasi Soal pada tingkat keterampilan berkomunikasi mengukur kemampuan siswa untuk menyampaikan ide-idenya dengan jelas dan efektif. Contoh soal pada tingkat keterampilan berkomunikasi: * Buatlah sebuah presentasi tentang sejarah Indonesia! * Tulislah sebuah artikel opini tentang isu terkini! * Lakukanlah negosiasi dengan teman Anda untuk menyelesaikan suatu masalah! 5. Keterampilan Berkolaborasi Soal pada tingkat keterampilan berkolaborasi mengukur kemampuan siswa untuk bekerja sama dengan orang lain dalam mencapai tujuan bersama. Contoh soal pada tingkat keterampilan berkolaborasi: * Lakukanlah sebuah proyek penelitian dengan kelompok Anda! * Buatlah sebuah pertunjukan drama dengan teman-teman sekelas Anda! * Adakanlah sebuah diskusi kelompok tentang suatu topik! Tingkat kesulitan soal LOTS, MOTS, dan HOTS dapat membantu guru dalam merancang soal yang sesuai dengan kemampuan dan tingkat perkembangan siswa. Dengan menggunakan soal-soal yang tepat,


Iklan

Iklan

Nail K

07 Juli 2024 05:40

<p>1.1) LOTS (Lower Order Thinking Skills):<br>&nbsp; a) Mengingat (Remembering): Kemampuan mengingat atau mengenali informasi yang telah dipelajari.<br>&nbsp; b) Memahami (Understanding): Kemampuan memahami makna dari informasi yang diterima.<br>&nbsp; c) Menerapkan (Applying): Kemampuan menggunakan informasi dalam situasi baru atau konkret.</p><p>2) MOTS (Middle Order Thinking Skills):<br>&nbsp; a) Menganalisis (Analyzing): Kemampuan memecah informasi menjadi bagian-bagian dan menentukan bagaimana bagian-bagian tersebut saling berhubungan.<br>&nbsp; b) Mengevaluasi (Evaluating): Kemampuan membuat penilaian berdasarkan kriteria dan standar tertentu.</p><p>3) HOTS (Higher Order Thinking Skills):<br>&nbsp; a) Mencipta (Creating): Kemampuan menghasilkan ide atau produk baru.<br>&nbsp; b) Menalar (Reasoning): Kemampuan membuat kesimpulan logis berdasarkan informasi yang ada.<br>&nbsp; c) Refleksi (Reflecting): Kemampuan memikirkan kembali dan mengevaluasi proses berpikir sendiri.<br>&nbsp; d) Metakognisi (Metacognition): Kemampuan untuk memahami dan mengontrol proses berpikir sendiri.<br>&nbsp; e) Berpikir kritis (Critical thinking): Kemampuan menganalisis dan mengevaluasi informasi secara objektif untuk membuat keputusan atau penilaian.</p><p>2.Alasan tanda tingkat kesulitan tidak diterapkan di quiz RG mungkin karena:</p><p>1. Fokus pada pemahaman keseluruhan, bukan tingkat kognitif tertentu.<br>2. Menghindari bias dan prasangka tentang kesulitan soal.<br>3. Mendorong pemikiran mandiri tanpa label.<br>4. Fleksibilitas dalam penilaian, karena tingkat kesulitan bisa berbeda bagi setiap peserta.<br>5. Mengurangi kecemasan peserta.<br>6. Lebih mendekati kondisi membaca di dunia nyata.<br>7. Memungkinkan penilaian yang lebih holistik.</p>

1.1) LOTS (Lower Order Thinking Skills):
  a) Mengingat (Remembering): Kemampuan mengingat atau mengenali informasi yang telah dipelajari.
  b) Memahami (Understanding): Kemampuan memahami makna dari informasi yang diterima.
  c) Menerapkan (Applying): Kemampuan menggunakan informasi dalam situasi baru atau konkret.

2) MOTS (Middle Order Thinking Skills):
  a) Menganalisis (Analyzing): Kemampuan memecah informasi menjadi bagian-bagian dan menentukan bagaimana bagian-bagian tersebut saling berhubungan.
  b) Mengevaluasi (Evaluating): Kemampuan membuat penilaian berdasarkan kriteria dan standar tertentu.

3) HOTS (Higher Order Thinking Skills):
  a) Mencipta (Creating): Kemampuan menghasilkan ide atau produk baru.
  b) Menalar (Reasoning): Kemampuan membuat kesimpulan logis berdasarkan informasi yang ada.
  c) Refleksi (Reflecting): Kemampuan memikirkan kembali dan mengevaluasi proses berpikir sendiri.
  d) Metakognisi (Metacognition): Kemampuan untuk memahami dan mengontrol proses berpikir sendiri.
  e) Berpikir kritis (Critical thinking): Kemampuan menganalisis dan mengevaluasi informasi secara objektif untuk membuat keputusan atau penilaian.

2.Alasan tanda tingkat kesulitan tidak diterapkan di quiz RG mungkin karena:

1. Fokus pada pemahaman keseluruhan, bukan tingkat kognitif tertentu.
2. Menghindari bias dan prasangka tentang kesulitan soal.
3. Mendorong pemikiran mandiri tanpa label.
4. Fleksibilitas dalam penilaian, karena tingkat kesulitan bisa berbeda bagi setiap peserta.
5. Mengurangi kecemasan peserta.
6. Lebih mendekati kondisi membaca di dunia nyata.
7. Memungkinkan penilaian yang lebih holistik.


Mau jawaban yang terverifikasi?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

1) Apa perbedaan antara dihujat dan dibenci di medsos? Sebutkan dan jelaskan beberapa contoh di medsos! (jika ada) 2) Sebutkan dan jelaskan 5 berita buruk yang kita nonton selama bulan July 2024! 3) Seorang konten kreator sedang dihujat oleh netizen gara-gara hal sepele. Sehingga followers turun dari 28 juta menjadi 26.4 juta pengikut. Berdasarkan diatas : • Apa jadinya jika follower turun sampai 99% hingga habis tak tersisa, dalam waktu beberapa bulan saja? Jelaskan! (jika ada) • Bagaimana solusi agar followers akun kembali normal?

0

5.0

Jawaban terverifikasi