Jesslyn A

24 Oktober 2023 03:28

Iklan

Jesslyn A

24 Oktober 2023 03:28

Pertanyaan

1. Sebutkan contoh dampak positif dan negatif kemajuan IPTEK bagi kehidupan berbangsa dan bernegara menurut pandangan anda! 2. berikan pandangan anda jika dampak negatif yang anda maksud pada jawaban nomor 1 dihubungkan dengan pentingnya pendidikan kewarganegaraan disetiap jenjang pendidikan! 3. berikan pandangan anda terhadap bagaiman peran wawasan nusantara/kebangsaan dalam menangkal dampak negatif dari kemajuan IPTEK!

1. Sebutkan contoh dampak positif dan negatif kemajuan IPTEK bagi kehidupan berbangsa dan bernegara menurut pandangan anda! 
2. berikan pandangan anda jika dampak negatif yang anda maksud pada jawaban nomor 1 dihubungkan dengan pentingnya pendidikan kewarganegaraan disetiap jenjang pendidikan!

3. berikan pandangan anda terhadap bagaiman peran wawasan nusantara/kebangsaan dalam menangkal dampak negatif dari kemajuan IPTEK!

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

01

:

21

:

02

:

36

Klaim

4

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Ahmad A

24 Oktober 2023 12:34

Jawaban terverifikasi

<p>1. <strong>Dampak Positif</strong> : Memungkinkan proses tukar informasi melalui teknologi komunikasi maupun media dengan cepat dan transparan sehingga masyarakat lebih melek akan kondisi bangsa dan negaranya, memungkinkan berbagi &nbsp;konten positif dalam rangka merajut semangat persatuan dan kesatuan (misal : film kemerdekaan), terjalinnya komunikasi antar sesama bangsa Indonesia secara mudah dengan siapapun dimanapun sehingga merajut persatuan dan kesatuan, kemudahan mengakses informasi untuk dijadikan bahan belajar, pengembangan diri, bahkan lebih jauh untuk menjalankan fungsi supervisi dan kontribusi warga negara terhadap pemerintahan yang berlangsung.</p><p><strong>Dampak Negatif : </strong>Maraknya peredaran informasi hoax yang memecah belah di media sosial, potensi penetrasi budaya asing yang mungkin tidak sesuai dengan kearifan lokal bangsa Indonesia (misal: westernisasi dalam hal pakaian sehingga semakin terbuka), penetrasi ideologi dan pemikiran bangsa lain yang menyimpang (misal terkait ekstremisme, komunisme, dsb.), potensi untuk bersikap melewati batas antar masyarakat di dalam media sosial ketika menanggapi suatu permasalahan, munculnya budaya konsumerisme melalui online market, timbulnya sikap malas dan ketergantungan terhadap teknologi.</p><p>2. Dampak negatif IPTEK &nbsp;perlu dicegah dengan pendidikan kewarganegaraan di setiap jenjang karena dengan mempelajari PKN kita diajarkan wawasnNusantara termsuk &nbsp;cara berbangsa dan bernegara yang baik melalui pengalaman pengamalan sila Pancasila dan hukum yang berlaku di Indonesia. Sehingga dengan begitu, sebelum bertindak kita akan mempertimbangkan sikap yang kita punya dengan nilai Pancasila, apakah sesuai atau tidak. Sikap yang kita lakukan nantinya berorientasi pada kemaslahatan bangsa dan negara dan sesuai hukum yang berlaku di Indonesia. <strong>Dengan kata lain hidup kita dengan pendidikan kewarganegaraan ada melalui sila sila Pancasila dan wawasnNusantara &nbsp;akan menjadikan kita lebih peka terhadap lingkungan dan memiliki pedoman bertingkah laku.</strong></p><p>&nbsp;</p><p><strong>3. </strong>Wawasan Nusantara akan menangkal dampak negatif IPTEK karena dengan pengetahuan kebangsaan, kita akan bisa mengembangkan sikap nasionalisme dan patriotisme sehingga memiliki tanggung jawab untuk menjaga keutuhan bangsa dan negara melalui tindakan tindakan berpedoman Pancasila dan berorientasi kemaslahatan bangsa. Dengan begitu tidak akan terjadi yang namanya tindakan tindakan menyimpang yang akan merugikan keutuhan bangsa dan negara maupun diri kita sendiri karena rasa tanggung jawab kita pada ideologi bangsa dan NKRI.</p><p>&nbsp;</p>

1. Dampak Positif : Memungkinkan proses tukar informasi melalui teknologi komunikasi maupun media dengan cepat dan transparan sehingga masyarakat lebih melek akan kondisi bangsa dan negaranya, memungkinkan berbagi  konten positif dalam rangka merajut semangat persatuan dan kesatuan (misal : film kemerdekaan), terjalinnya komunikasi antar sesama bangsa Indonesia secara mudah dengan siapapun dimanapun sehingga merajut persatuan dan kesatuan, kemudahan mengakses informasi untuk dijadikan bahan belajar, pengembangan diri, bahkan lebih jauh untuk menjalankan fungsi supervisi dan kontribusi warga negara terhadap pemerintahan yang berlangsung.

Dampak Negatif : Maraknya peredaran informasi hoax yang memecah belah di media sosial, potensi penetrasi budaya asing yang mungkin tidak sesuai dengan kearifan lokal bangsa Indonesia (misal: westernisasi dalam hal pakaian sehingga semakin terbuka), penetrasi ideologi dan pemikiran bangsa lain yang menyimpang (misal terkait ekstremisme, komunisme, dsb.), potensi untuk bersikap melewati batas antar masyarakat di dalam media sosial ketika menanggapi suatu permasalahan, munculnya budaya konsumerisme melalui online market, timbulnya sikap malas dan ketergantungan terhadap teknologi.

2. Dampak negatif IPTEK  perlu dicegah dengan pendidikan kewarganegaraan di setiap jenjang karena dengan mempelajari PKN kita diajarkan wawasnNusantara termsuk  cara berbangsa dan bernegara yang baik melalui pengalaman pengamalan sila Pancasila dan hukum yang berlaku di Indonesia. Sehingga dengan begitu, sebelum bertindak kita akan mempertimbangkan sikap yang kita punya dengan nilai Pancasila, apakah sesuai atau tidak. Sikap yang kita lakukan nantinya berorientasi pada kemaslahatan bangsa dan negara dan sesuai hukum yang berlaku di Indonesia. Dengan kata lain hidup kita dengan pendidikan kewarganegaraan ada melalui sila sila Pancasila dan wawasnNusantara  akan menjadikan kita lebih peka terhadap lingkungan dan memiliki pedoman bertingkah laku.

 

3. Wawasan Nusantara akan menangkal dampak negatif IPTEK karena dengan pengetahuan kebangsaan, kita akan bisa mengembangkan sikap nasionalisme dan patriotisme sehingga memiliki tanggung jawab untuk menjaga keutuhan bangsa dan negara melalui tindakan tindakan berpedoman Pancasila dan berorientasi kemaslahatan bangsa. Dengan begitu tidak akan terjadi yang namanya tindakan tindakan menyimpang yang akan merugikan keutuhan bangsa dan negara maupun diri kita sendiri karena rasa tanggung jawab kita pada ideologi bangsa dan NKRI.

 


Jesslyn A

24 Oktober 2023 14:14

thnks kak

Iklan

Sarina E

24 Oktober 2023 05:03

1. Dampak positif : IPTEK dapat membuat hidup serba instan seperti Handphone Android sudah banyak aplikasi yang sangat dibutuhkan Dampak negatif: anak anak kecanduan main game di hp android, adanya berita hoax 2. Seharusnya orang tua tidak harus memberikan anak hp android karna itu akan membuat anak menjadi kecanduan. Orang tua harus lebih mempedulikan anak dari pada pekerjaan nya. Orang tua harus mengenali anak dalam dunia pendidikan. 3. IPTEK jangan salah dipergunakan. Gunakan IPTEK untuk kemajuan negeri kita


Jesslyn A

24 Oktober 2023 05:05

thnks ya kkk

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan