Putri O

28 Februari 2024 03:37

Iklan

Iklan

Putri O

28 Februari 2024 03:37

Pertanyaan

1. Menurut pendapat kamu, apakah System Demokrasi di Indonesia saat ini sudah sesuai dengan Undang-Undang Dasar 1945? jelaskan dan berikan contohnya


11

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

05 Maret 2024 07:12

Jawaban terverifikasi

<p>Sistem demokrasi di Indonesia saat ini didasarkan pada Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 1945) yang telah mengalami beberapa perubahan seiring waktu. Pada dasarnya, UUD 1945 telah diubah beberapa kali untuk mencerminkan perkembangan dan kebutuhan masyarakat. Beberapa prinsip demokrasi yang tercermin dalam sistem politik Indonesia antara lain:</p><p><strong>Sistem Presidensial:</strong></p><ul><li><strong>Penjelasan:</strong> Indonesia menganut sistem presidensial, di mana presiden merupakan kepala negara dan kepala pemerintahan yang dipilih langsung oleh rakyat.</li><li><strong>Contoh:</strong> Pemilihan presiden dan wakil presiden secara langsung oleh rakyat dalam pemilihan umum.</li></ul><p><strong>Prinsip Pembagian Kekuasaan:</strong></p><ul><li><strong>Penjelasan:</strong> Kekuasaan di negara dibagi antara eksekutif, legislatif, dan yudikatif untuk mencegah konsolidasi kekuasaan yang berlebihan.</li><li><strong>Contoh:</strong> Pembentukan dan fungsi DPR sebagai lembaga legislatif yang membuat undang-undang, presiden sebagai kepala eksekutif, dan Mahkamah Konstitusi sebagai lembaga yudikatif yang memeriksa konstitusionalitas undang-undang.</li></ul><p><strong>Sistem Multi-Partai:</strong></p><ul><li><strong>Penjelasan:</strong> Indonesia memiliki sistem politik multipartai yang memberikan kebebasan bagi berbagai partai politik untuk berpartisipasi dalam pemilihan dan menyuarakan pandangan mereka.</li><li><strong>Contoh:</strong> Keberagaman partai politik yang aktif dalam proses politik, seperti Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), dan Partai Nasional Demokrat (NasDem).</li></ul><p><strong>Pemilihan Umum:</strong></p><ul><li><strong>Penjelasan:</strong> Proses pemilihan umum di Indonesia melibatkan partisipasi rakyat dalam menentukan wakil-wakilnya di berbagai tingkatan pemerintahan.</li><li><strong>Contoh:</strong> Pemilihan umum legislatif dan pemilihan umum presiden yang diadakan secara berkala untuk menentukan perwakilan rakyat dan kepala pemerintahan</li></ul>

Sistem demokrasi di Indonesia saat ini didasarkan pada Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 1945) yang telah mengalami beberapa perubahan seiring waktu. Pada dasarnya, UUD 1945 telah diubah beberapa kali untuk mencerminkan perkembangan dan kebutuhan masyarakat. Beberapa prinsip demokrasi yang tercermin dalam sistem politik Indonesia antara lain:

Sistem Presidensial:

  • Penjelasan: Indonesia menganut sistem presidensial, di mana presiden merupakan kepala negara dan kepala pemerintahan yang dipilih langsung oleh rakyat.
  • Contoh: Pemilihan presiden dan wakil presiden secara langsung oleh rakyat dalam pemilihan umum.

Prinsip Pembagian Kekuasaan:

  • Penjelasan: Kekuasaan di negara dibagi antara eksekutif, legislatif, dan yudikatif untuk mencegah konsolidasi kekuasaan yang berlebihan.
  • Contoh: Pembentukan dan fungsi DPR sebagai lembaga legislatif yang membuat undang-undang, presiden sebagai kepala eksekutif, dan Mahkamah Konstitusi sebagai lembaga yudikatif yang memeriksa konstitusionalitas undang-undang.

Sistem Multi-Partai:

  • Penjelasan: Indonesia memiliki sistem politik multipartai yang memberikan kebebasan bagi berbagai partai politik untuk berpartisipasi dalam pemilihan dan menyuarakan pandangan mereka.
  • Contoh: Keberagaman partai politik yang aktif dalam proses politik, seperti Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), dan Partai Nasional Demokrat (NasDem).

Pemilihan Umum:

  • Penjelasan: Proses pemilihan umum di Indonesia melibatkan partisipasi rakyat dalam menentukan wakil-wakilnya di berbagai tingkatan pemerintahan.
  • Contoh: Pemilihan umum legislatif dan pemilihan umum presiden yang diadakan secara berkala untuk menentukan perwakilan rakyat dan kepala pemerintahan

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

09 Maret 2024 01:30

Jawaban terverifikasi

<p><br>Pertanyaan ini melibatkan pandangan pribadi dan penilaian, namun saya dapat memberikan informasi mengenai sistem demokrasi di Indonesia dan Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 1945).</p><p><strong>Sistem Demokrasi di Indonesia:</strong></p><p>Sistem demokrasi di Indonesia didasarkan pada UUD 1945, yang telah mengalami beberapa amendemen sejak pertama kali disahkan. Sistem demokrasi di Indonesia saat ini dikenal sebagai "Demokrasi Pancasila," yang menggabungkan prinsip-prinsip demokrasi dengan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara.</p><p>Beberapa ciri sistem demokrasi di Indonesia melibatkan pemilihan umum, kebebasan berpendapat, pembagian kekuasaan antara eksekutif, legislatif, dan yudikatif, serta perlindungan hak asasi manusia.</p><p><strong>Sesuai dengan UUD 1945:</strong></p><p>Pertanyaan apakah sistem demokrasi di Indonesia saat ini sesuai dengan UUD 1945 dapat memicu berbagai pandangan. Beberapa argumen yang menyatakan kesesuaian antara sistem demokrasi dan UUD 1945 melibatkan langkah-langkah konkret dalam mendukung prinsip-prinsip demokrasi, seperti pemilihan umum yang reguler, partisipasi politik masyarakat, dan pengakuan dan perlindungan hak asasi manusia.</p><p><strong>Contoh:</strong></p><p><strong>Pemilihan Umum:</strong> Pelaksanaan pemilihan umum secara berkala untuk memilih presiden, anggota legislatif, dan kepala daerah merupakan bagian dari prinsip demokrasi di Indonesia. Masyarakat berhak memberikan suara untuk menentukan pemimpin mereka.</p><p><strong>Kebebasan Berpendapat:</strong> Adanya ruang untuk kebebasan berpendapat dan menyampaikan pendapat merupakan ciri penting dalam sistem demokrasi. Media massa, organisasi masyarakat sipil, dan warga negara memiliki hak untuk menyuarakan pendapat mereka.</p><p><strong>Tantangan dan Perbaikan:</strong></p><p>Meskipun demikian, masih terdapat tantangan dalam sistem demokrasi di Indonesia, seperti isu korupsi, ketidaksetaraan, dan perlakuan yang tidak adil. Reformasi terus dilakukan untuk memperbaiki dan menguatkan sistem demokrasi sesuai dengan semangat UUD 1945.</p><p>Penting untuk diingat bahwa penilaian terhadap kesesuaian sistem demokrasi dengan UUD 1945 dapat berbeda antara individu. Berbagai pandangan dan partisipasi aktif masyarakat dalam merumuskan dan memperbaiki sistem adalah bagian integral dari dinamika demokrasi itu sendiri.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>


Pertanyaan ini melibatkan pandangan pribadi dan penilaian, namun saya dapat memberikan informasi mengenai sistem demokrasi di Indonesia dan Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 1945).

Sistem Demokrasi di Indonesia:

Sistem demokrasi di Indonesia didasarkan pada UUD 1945, yang telah mengalami beberapa amendemen sejak pertama kali disahkan. Sistem demokrasi di Indonesia saat ini dikenal sebagai "Demokrasi Pancasila," yang menggabungkan prinsip-prinsip demokrasi dengan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara.

Beberapa ciri sistem demokrasi di Indonesia melibatkan pemilihan umum, kebebasan berpendapat, pembagian kekuasaan antara eksekutif, legislatif, dan yudikatif, serta perlindungan hak asasi manusia.

Sesuai dengan UUD 1945:

Pertanyaan apakah sistem demokrasi di Indonesia saat ini sesuai dengan UUD 1945 dapat memicu berbagai pandangan. Beberapa argumen yang menyatakan kesesuaian antara sistem demokrasi dan UUD 1945 melibatkan langkah-langkah konkret dalam mendukung prinsip-prinsip demokrasi, seperti pemilihan umum yang reguler, partisipasi politik masyarakat, dan pengakuan dan perlindungan hak asasi manusia.

Contoh:

Pemilihan Umum: Pelaksanaan pemilihan umum secara berkala untuk memilih presiden, anggota legislatif, dan kepala daerah merupakan bagian dari prinsip demokrasi di Indonesia. Masyarakat berhak memberikan suara untuk menentukan pemimpin mereka.

Kebebasan Berpendapat: Adanya ruang untuk kebebasan berpendapat dan menyampaikan pendapat merupakan ciri penting dalam sistem demokrasi. Media massa, organisasi masyarakat sipil, dan warga negara memiliki hak untuk menyuarakan pendapat mereka.

Tantangan dan Perbaikan:

Meskipun demikian, masih terdapat tantangan dalam sistem demokrasi di Indonesia, seperti isu korupsi, ketidaksetaraan, dan perlakuan yang tidak adil. Reformasi terus dilakukan untuk memperbaiki dan menguatkan sistem demokrasi sesuai dengan semangat UUD 1945.

Penting untuk diingat bahwa penilaian terhadap kesesuaian sistem demokrasi dengan UUD 1945 dapat berbeda antara individu. Berbagai pandangan dan partisipasi aktif masyarakat dalam merumuskan dan memperbaiki sistem adalah bagian integral dari dinamika demokrasi itu sendiri.

 

 


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

1. Stereotip merupakan citra yang kaku mengenai suatu kelompok yang dianut tanpa memperhatikan kebenaran citra tersebut. Berikan 3 contoh stereotip yang lazim ditemukan dalam masyarakat Indonesia! 2. Menurut pendapat kalian, apakah dampak positif dan negatif dari berkembangnya fanatisme dalam beragama serta berkeyakinan? Berikan penjelasan secara ringkas dan padat! 3. Kesempatan di bidang ekonomi yang seimbang akan mendukung terwujudnya integrasi sosial. Menurut pendapat kalian,mengapa demikian? 4. Pada proses asimilasi, terjadi peleburan kebudayaan sehingga pihak pihak yang tengah berasimilasi akan merasakan adanya kebudayaan tunggal sebagai milik bersama. Berikan 3 contoh realitas asimilasi dalam masyarakat Indonesia! 5. Menurut pendapat kalian, apakah pentingnya integrasi elite- massa bagi keutuhan NKRI? Berikan penjelasan secara ringkas dan padat!

4

5.0

Jawaban terverifikasi