Julia L

22 Maret 2024 11:56

Iklan

Julia L

22 Maret 2024 11:56

Pertanyaan

1. Mengapa penting untuk memiliki karakter kerja keras dalam mempelajari mata pelajaran Pendidikan Anti Korupsi? 2. Bagaimana kerja keras dapat membantu siswa dalam memahami dampak negatif korupsi dalam masyarakat? 3. Jelaskan bagaimana kerja keras dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam mengidentifikasi tindakan korupsi di sekitar mereka. 4. Mengapa konsistensi dalam belajar sangat penting dalam memahami konsep-konsep anti korupsi? 5. Bagaimana kerja keras dapat membantu siswa dalam membangun sikap yang jujur dan bertanggung jawab terhadap kejujuran? 6. Jelaskan peran motivasi dalam mendukung karakter kerja keras siswa dalam mempelajari mata pelajaran Pendidikan Anti Korupsi. 7. Bagaimana kerja keras dapat membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis terkait dengan isu-isu korupsi? 8. Apa saja langkah konkret yang dapat diambil siswa untuk menunjukkan kerja keras dalam mempelajari mata pelajaran Pendidikan Anti Korupsi? 9. Bagaimana peran dukungan dari guru dan orang tua dalam mendorong siswa untuk menunjukkan karakter kerja keras dalam mempelajari mata pelajaran Pendidikan Anti Korupsi? 10. Jelaskan bagaimana karakter kerja keras dapat menjadi landasan yang kokoh bagi pembentukan pribadi yang jujur dan berintegritas di masa depan.


1. Mengapa penting untuk memiliki karakter kerja keras dalam mempelajari mata pelajaran Pendidikan Anti Korupsi?

2. Bagaimana kerja keras dapat membantu siswa dalam memahami dampak negatif korupsi dalam masyarakat?

3. Jelaskan bagaimana kerja keras dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam mengidentifikasi tindakan korupsi di sekitar mereka.

4. Mengapa konsistensi dalam belajar sangat penting dalam memahami konsep-konsep anti korupsi?

5. Bagaimana kerja keras dapat membantu siswa dalam membangun sikap yang jujur dan bertanggung jawab terhadap kejujuran?

6. Jelaskan peran motivasi dalam mendukung karakter kerja keras siswa dalam mempelajari mata pelajaran Pendidikan Anti Korupsi.

7. Bagaimana kerja keras dapat membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis terkait dengan isu-isu korupsi?

8. Apa saja langkah konkret yang dapat diambil siswa untuk menunjukkan kerja keras dalam mempelajari mata pelajaran Pendidikan Anti Korupsi?

9. Bagaimana peran dukungan dari guru dan orang tua dalam mendorong siswa untuk menunjukkan karakter kerja keras dalam mempelajari mata pelajaran Pendidikan Anti Korupsi?

10. Jelaskan bagaimana karakter kerja keras dapat menjadi landasan yang kokoh bagi pembentukan pribadi yang jujur dan berintegritas di masa depan.

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

00

:

10

:

49

:

10

Klaim

2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Dearta D

23 Maret 2024 03:29

Jawaban terverifikasi

Okay, saya bantu jawab ya kak. 1. Penting untuk memiliki karakter kerja keras dalam mempelajari mata pelajaran Pendidikan Anti Korupsi karena memahami isu korupsi memerlukan ketekunan dan kesabaran untuk memahami berbagai konsep yang kompleks dan dampaknya terhadap masyarakat. 2. Kerja keras dapat membantu siswa dalam memahami dampak negatif korupsi dalam masyarakat dengan cara memungkinkan mereka untuk menyelidiki kasus-kasus korupsi, menganalisis data, dan memahami konsekuensi sosial, ekonomi, dan politik dari tindakan korupsi. 3. Kerja keras dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam mengidentifikasi tindakan korupsi di sekitar mereka dengan cara melatih mereka untuk mengamati, menganalisis informasi, dan memahami pola-pola perilaku korup. 4. Konsistensi dalam belajar sangat penting dalam memahami konsep-konsep anti korupsi karena memungkinkan siswa untuk memperdalam pemahaman mereka dan mengaitkan konsep-konsep tersebut dengan contoh konkret dalam kehidupan nyata. 5. Kerja keras dapat membantu siswa dalam membangun sikap yang jujur dan bertanggung jawab terhadap kejujuran dengan cara menanamkan nilai-nilai integritas dan etika kerja yang kuat melalui proses pembelajaran yang berkelanjutan. 6. Motivasi memainkan peran penting dalam mendukung karakter kerja keras siswa dalam mempelajari mata pelajaran Pendidikan Anti Korupsi dengan cara memberikan dorongan dan tujuan yang jelas untuk belajar, serta menumbuhkan minat yang mendalam terhadap isu-isu korupsi. 7. Kerja keras dapat membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis terkait dengan isu-isu korupsi dengan cara melatih mereka untuk menganalisis informasi, mengevaluasi argumen, dan menyimpulkan kesimpulan yang rasional dan berdasarkan bukti. 8. Langkah konkret yang dapat diambil siswa untuk menunjukkan kerja keras dalam mempelajari mata pelajaran Pendidikan Anti Korupsi meliputi membaca materi secara teratur, berpartisipasi aktif dalam diskusi, melakukan penelitian mandiri, dan mengerjakan tugas dengan sungguh-sungguh. 9. Peran dukungan dari guru dan orang tua dalam mendorong siswa untuk menunjukkan karakter kerja keras dalam mempelajari mata pelajaran Pendidikan Anti Korupsi meliputi memberikan pujian dan dorongan, memberikan bimbingan dan sumber daya, serta menjadi contoh teladan dalam integritas dan kerja keras. 10. Karakter kerja keras dapat menjadi landasan yang kokoh bagi pembentukan sikap dan perilaku anti korupsi yang kuat, serta mempersiapkan siswa untuk menjadi warga negara yang bertanggung jawab dan berintegritas dalam menghadapi isu-isu korupsi di masyarakat.


Iklan

Nanda R

Community

23 Maret 2024 09:08

Jawaban terverifikasi

<ol><li>Pentingnya memiliki karakter kerja keras dalam mempelajari mata pelajaran Pendidikan Anti Korupsi adalah agar siswa dapat memahami secara mendalam tentang korupsi, tantangannya, dan cara-cara mencegahnya. Dengan kerja keras, siswa akan memiliki motivasi dan ketekunan untuk mengeksplorasi topik tersebut dengan seksama, memahami nilai-nilai integritas, kejujuran, dan tanggung jawab, serta mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk bertindak secara etis.</li><li>Kerja keras dapat membantu siswa dalam memahami dampak negatif korupsi dalam masyarakat dengan memungkinkan mereka untuk menyerap informasi dengan baik, menganalisis berbagai kasus korupsi, dan memahami konsekuensi sosial, ekonomi, dan politik dari tindakan korupsi. Dengan cara ini, siswa dapat mengembangkan rasa empati dan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya memerangi korupsi.</li><li>Melalui kerja keras, siswa akan melatih diri mereka sendiri untuk menjadi observan terhadap tindakan korupsi di sekitar mereka. Dengan memperhatikan dengan seksama dan melakukan penelitian yang mendalam, mereka akan dapat mengidentifikasi tindakan korupsi, memahami faktor-faktor yang menyebabkannya, dan memikirkan cara-cara untuk mencegahnya atau melaporkannya kepada pihak yang berwenang.</li><li>Konsistensi dalam belajar sangat penting dalam memahami konsep-konsep anti korupsi karena memungkinkan siswa untuk membangun pemahaman yang kuat dan mendalam tentang masalah tersebut. Dengan terus menerus mempelajari materi, merenungkan dampak korupsi, dan mencari solusi, siswa akan menjadi lebih terampil dalam memahami kompleksitas korupsi dan menghasilkan strategi untuk melawannya.</li><li>Kerja keras dapat membantu siswa dalam membangun sikap yang jujur dan bertanggung jawab terhadap kejujuran dengan memberikan contoh nyata tentang pentingnya integritas dan etika dalam kehidupan sehari-hari. Melalui dedikasi mereka dalam memahami dan menangani isu korupsi, siswa akan belajar untuk menjadi pribadi yang jujur, berintegritas, dan bertanggung jawab.</li><li>Motivasi memainkan peran penting dalam mendukung karakter kerja keras siswa dalam mempelajari mata pelajaran Pendidikan Anti Korupsi. Dengan memiliki motivasi yang kuat untuk memahami dan melawan korupsi, siswa akan memiliki dorongan yang lebih besar untuk belajar dengan tekun, mencari informasi lebih lanjut, dan berpartisipasi aktif dalam diskusi dan kegiatan terkait korupsi.</li><li>Melalui kerja keras, siswa akan terlatih untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis terkait dengan isu-isu korupsi. Mereka akan belajar untuk menilai informasi dengan kritis, menganalisis akar penyebab korupsi, mengidentifikasi solusi yang mungkin, dan menyimpulkan kesimpulan yang berbasis bukti. Ini akan memungkinkan mereka untuk mengembangkan pemikiran kritis yang kuat dan menjadi pembela integritas.</li><li>Langkah konkret yang dapat diambil siswa untuk menunjukkan kerja keras dalam mempelajari mata pelajaran Pendidikan Anti Korupsi termasuk membaca buku, artikel, atau studi kasus tentang korupsi; berpartisipasi dalam diskusi kelas dan kegiatan kelompok terkait korupsi; melakukan penelitian independen tentang topik-topik korupsi tertentu; dan mengikuti pelatihan atau seminar yang berkaitan dengan anti korupsi.</li><li>Dukungan dari guru dan orang tua sangat penting dalam mendorong siswa untuk menunjukkan karakter kerja keras dalam mempelajari mata pelajaran Pendidikan Anti Korupsi. Guru dapat memberikan bimbingan, sumber daya, dan umpan balik yang diperlukan, sementara orang tua dapat memberikan dukungan moral, dorongan, dan lingkungan belajar yang kondusif di rumah.</li><li>Karakter kerja keras dapat menjadi landasan yang kokoh bagi pembentukan pribadi yang jujur dan berintegritas di masa depan karena memungkinkan siswa untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentang nilai-nilai integritas, kejujuran, dan tanggung jawab. Dengan bekerja keras dalam mempelajari mata pelajaran Pendidikan Anti Korupsi, siswa akan membawa nilai-nilai tersebut ke dalam kehidupan mereka sehari-hari dan menjadi agen perubahan yang berkomitmen dalam memerangi korupsi di masyarakat.</li></ol><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

  1. Pentingnya memiliki karakter kerja keras dalam mempelajari mata pelajaran Pendidikan Anti Korupsi adalah agar siswa dapat memahami secara mendalam tentang korupsi, tantangannya, dan cara-cara mencegahnya. Dengan kerja keras, siswa akan memiliki motivasi dan ketekunan untuk mengeksplorasi topik tersebut dengan seksama, memahami nilai-nilai integritas, kejujuran, dan tanggung jawab, serta mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk bertindak secara etis.
  2. Kerja keras dapat membantu siswa dalam memahami dampak negatif korupsi dalam masyarakat dengan memungkinkan mereka untuk menyerap informasi dengan baik, menganalisis berbagai kasus korupsi, dan memahami konsekuensi sosial, ekonomi, dan politik dari tindakan korupsi. Dengan cara ini, siswa dapat mengembangkan rasa empati dan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya memerangi korupsi.
  3. Melalui kerja keras, siswa akan melatih diri mereka sendiri untuk menjadi observan terhadap tindakan korupsi di sekitar mereka. Dengan memperhatikan dengan seksama dan melakukan penelitian yang mendalam, mereka akan dapat mengidentifikasi tindakan korupsi, memahami faktor-faktor yang menyebabkannya, dan memikirkan cara-cara untuk mencegahnya atau melaporkannya kepada pihak yang berwenang.
  4. Konsistensi dalam belajar sangat penting dalam memahami konsep-konsep anti korupsi karena memungkinkan siswa untuk membangun pemahaman yang kuat dan mendalam tentang masalah tersebut. Dengan terus menerus mempelajari materi, merenungkan dampak korupsi, dan mencari solusi, siswa akan menjadi lebih terampil dalam memahami kompleksitas korupsi dan menghasilkan strategi untuk melawannya.
  5. Kerja keras dapat membantu siswa dalam membangun sikap yang jujur dan bertanggung jawab terhadap kejujuran dengan memberikan contoh nyata tentang pentingnya integritas dan etika dalam kehidupan sehari-hari. Melalui dedikasi mereka dalam memahami dan menangani isu korupsi, siswa akan belajar untuk menjadi pribadi yang jujur, berintegritas, dan bertanggung jawab.
  6. Motivasi memainkan peran penting dalam mendukung karakter kerja keras siswa dalam mempelajari mata pelajaran Pendidikan Anti Korupsi. Dengan memiliki motivasi yang kuat untuk memahami dan melawan korupsi, siswa akan memiliki dorongan yang lebih besar untuk belajar dengan tekun, mencari informasi lebih lanjut, dan berpartisipasi aktif dalam diskusi dan kegiatan terkait korupsi.
  7. Melalui kerja keras, siswa akan terlatih untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis terkait dengan isu-isu korupsi. Mereka akan belajar untuk menilai informasi dengan kritis, menganalisis akar penyebab korupsi, mengidentifikasi solusi yang mungkin, dan menyimpulkan kesimpulan yang berbasis bukti. Ini akan memungkinkan mereka untuk mengembangkan pemikiran kritis yang kuat dan menjadi pembela integritas.
  8. Langkah konkret yang dapat diambil siswa untuk menunjukkan kerja keras dalam mempelajari mata pelajaran Pendidikan Anti Korupsi termasuk membaca buku, artikel, atau studi kasus tentang korupsi; berpartisipasi dalam diskusi kelas dan kegiatan kelompok terkait korupsi; melakukan penelitian independen tentang topik-topik korupsi tertentu; dan mengikuti pelatihan atau seminar yang berkaitan dengan anti korupsi.
  9. Dukungan dari guru dan orang tua sangat penting dalam mendorong siswa untuk menunjukkan karakter kerja keras dalam mempelajari mata pelajaran Pendidikan Anti Korupsi. Guru dapat memberikan bimbingan, sumber daya, dan umpan balik yang diperlukan, sementara orang tua dapat memberikan dukungan moral, dorongan, dan lingkungan belajar yang kondusif di rumah.
  10. Karakter kerja keras dapat menjadi landasan yang kokoh bagi pembentukan pribadi yang jujur dan berintegritas di masa depan karena memungkinkan siswa untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentang nilai-nilai integritas, kejujuran, dan tanggung jawab. Dengan bekerja keras dalam mempelajari mata pelajaran Pendidikan Anti Korupsi, siswa akan membawa nilai-nilai tersebut ke dalam kehidupan mereka sehari-hari dan menjadi agen perubahan yang berkomitmen dalam memerangi korupsi di masyarakat.

 

 

 


 


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan data? 2. Jelaskan perbedaan antara dan informasi, dan berikan contoh kongkrit di kehidupan sehari-hari! 3. Berikan 2 contoh situasi dimana informasi yang dihasilkan dari data sangat membantu dalam mengambil keputusan! 4. Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis data yang kamu ketahui? (minimal 3) 5. Berikan contoh dari masing-masing Janis data yang disebutkan (di nomer 4) 6. Mengapa penting dalam memastikan validitas sumber data, Berikan contoh! 7. Berikan contoh situasi dimana data yang tidak valid dapat menyebabkan kesalahan dalam mengambil keputusan? 8. Pilih 2 jenis sumber data (misalnya wawancara, survey, dokumen resmi, dll) dan jelaskan bagaimana kamu dapat mengevaluasi validitas data dari masing-masing sumber!

6

5.0

Jawaban terverifikasi

1) Apa perbedaan antara kebaikan dan keburukan? Sebutkan dan jelaskan : • Beberapa contoh dari kebaikan dan keburukan! • Beberapa contoh dari keburukan dibalas dengan keburukan! • Beberapa contoh dari keburukan dibalas dengan kebaikan! 2) Di sebuah Sekolah Dasar, Si Akbar datang terlambat. Guru killer pun memukul siswa dengan penggaris kayu sampai 10x. Siswa lain hanya ketawa melihat tanpa ada kecurigaan pada situasi ini. Padahal Akbar ini lahir dari keluarga miskin. Setiap hari, Akbar harus membantu orang tua dalam waktu yang sangat banyak. Hari ke dua sampai hari ke lima, guru killer pun terus memukul Akbar sampai 50x. Siswa lain merasa khawatir, bahwa memukul sebanyak ini sangat tidak manusiawi dilakukan. Namun Guru killer tidak habis pikir, kenapa Akbar selalu terlambat sekolah. Setelah lebih dari 5 hari, guru killer mengikuti Akbar yang sedang pulang. Alangkah terkejutnya, bahwa Akbar banyak membantu orang tua kegiatan. Karena Orang tua sudah lansia. Guru killer pun sadar dan menyesal atas perbuatan itu. Tiba-tiba siswa sekelas Akbar datang menghampiri. Siswa lain merasa kaget dan siswa merasa tidak adil dengan guru killer. Keesokan harinya, saat guru killer masuk kelas. Disambut oleh kemarahan siswa lain, karena guru killer dianggap telah mencemarkan nama baik Akbar yang hidup miskin, ditambah lagi siswa mengganggap guru sebagai monster killer dan harus dipukul. Pada akhirnya siswa lain menghajar guru habis-habisan sampai gurunya menangis. Pada saat Akbar terlambat ke kelas melihat siswa lain mengeroyok Guru Killer, Akbar pun merasa bahwa Guru Killer tidak sejahat itu. Berdasarkan cerita diatas, apa dan bagaimana : • Penyebab guru killer tega memukul Akbar tanpa sebab! • Persamaan antara guru killer dan siswa lain terhadap Akbar? • Guru dianggap sebagai monster killer? jelaskan! • Rasanya jika Guru killer dikeroyok sama siswa lain? • Cara mengatasi agar guru killer dan siswa bisa diselesaikan secara damai? Jelaskan kesimpulan! 3) Setelah kejadian nomor dua tadi, para pemimpin negara langsung turun tangan ke sebuah lokasi Sekolah Dasar. Soal kasus siswa lain memukul Guru Killer, gara-gara memukul Akbar dengan alasan terlambat. Padahal Akbar hidup dalam garis kemiskinan. Akibatnya, Guru killer dikenakan sanksi tegas, karena telah membuat Akbar trauma dan siswa lain merasa provokasi. Sanksinya adalah Guru Killer tidak boleh bertemu Akbar di ruang kelas selama 3 bulan dan pengajar guru di kelas Akbar akan diganti oleh kepala sekolah untuk sementara waktu. Guru killer juga mengurangi gaji sebesar 30%/bulan. Bayangkan saja kalau Akbar sampai masuk ke rumah sakit, maka Guru killer bisa dituntut 15 tahun penjara. Berdasarkan diatas : • Apakah sanksi Guru killer dianggap pantas? Jelaskan! (kalau ada) • Mengapa pemimpin negara harus melakukan di Sekolah Dasar untuk menyelamatkan Akbar? • Apa jadinya kalau Guru Killer beneran dibenci oleh satu sekolah dasar dan cenderung dijauhi? Jelaskan! (Jika ada) • Apakah kepemimpinan perlu penanganan medis kepada Akbar? • Tuliskan contoh dari cerita diatas, berdasarkan Keburukan dibalas dengan kebaikan!

8

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Sahabat yang Tergadai Rina dan Maya telah bersahabat sejak kecil. Mereka tinggal di kompleks perumahan yang sama, duduk di bangku sekolah yang sama, bahkan berbagi mimpi untuk bisa terus bersama hingga dewasa. Setiap sore, Rina selalu datang ke rumah Maya untuk bermain atau sekadar mengerjakan PR bersama. Rumah Maya terasa hangat dan nyaman, penuh dengan canda tawa dan rasa kekeluargaan. Maya adalah teman yang selalu mendukung Rina dalam segala hal, tak peduli apa yang terjadi. Namun, suatu hari segalanya berubah. Ayah Maya, yang sebelumnya memiliki usaha sukses, mengalami kebangkrutan. Usahanya gulung tikar setelah dihadapkan pada masalah keuangan yang tak terduga. Keluarga Maya terpaksa menjual rumah mereka dan pindah ke sebuah rumah kontrakan kecil di pinggiran kota. Maya tak lagi bisa mengenakan seragam baru yang biasa mereka beli bersama di awal tahun ajaran. Kini, pakaian Maya tampak kusam, dan sepatu yang dia kenakan mulai berlubang di ujungnya. Pada awalnya, Rina tetap berteman dengan Maya seperti biasa. Mereka masih bertemu di sekolah, dan Rina sesekali mengundang Maya ke rumahnya. Namun, Rina mulai mendengar bisik-bisik dari teman-teman lainnya. "Kenapa masih berteman dengan Maya? Keluarganya sudah jatuh miskin. Nanti kamu jadi terlihat seperti dia." Salah seorang teman di kelas berkata dengan nada mengejek. Bisikan-bisikan itu semakin keras, bahkan beberapa di antaranya terang-terangan menertawakan Maya di depan Rina. Rina merasa tersudut. Di satu sisi, dia merasa bersalah kepada Maya, sahabatnya sejak kecil, yang tidak pernah memintanya apa-apa kecuali persahabatan tulus. Namun di sisi lain, dia merasa takut dijauhi oleh teman-teman lain yang mulai memandang rendah Maya. Rina mulai menjaga jarak. Suatu sore, Maya mendatangi Rina. "Kenapa kamu menjauh? Aku merindukanmu, Rina," Maya bertanya dengan mata yang penuh harap, mencoba mencari jawaban atas perubahan sikap sahabatnya. Rina menghindari tatapan Maya, menunduk dan berpura-pura sibuk dengan bukunya. "Aku sibuk sekarang, banyak tugas. Maaf, Maya." Maya terdiam. Hatinya hancur. Dia tahu apa yang sebenarnya terjadi, tapi dia berharap itu tidak benar. Namun, kenyataannya terlalu menyakitkan untuk diabaikan. Sejak itu Maya tak pernah lagi mengajak Rina berbicara. Mereka masih bertemu di sekolah, tetapi Maya belajar untuk menahan diri dari rasa sakit ditinggalkan. Waktu berlalu, dan pertemanan mereka tergerus oleh jarak yang diciptakan Rina. Suatu hari, sekolah mengadakan reuni kecil bagi siswa-siswa angkatan mereka. Maya, yang sekarang telah menemukan jalan hidupnya sendiri, datang dengan percaya diri. Dia tak lagi terjebak dalam bayang-bayang masa lalu. Rina melihat Maya dari jauh, merasa tertampar oleh keberadaan sahabatnya yang dulu. Maya telah tumbuh menjadi sosok yang mandiri dan sukses, meski tanpa dirinya. Rina mendekat dengan perasaan bersalah. "Maya... maafkan aku." Maya menatapnya, senyumnya tenang. "Rina, aku sudah memaafkanmu sejak lama. Aku hanya belajar bahwa tidak semua hal bisa kita pertahankan, bahkan persahabatan. Kadang, orang berubah, dan itu tidak apa-apa. Yang penting, kita tetap berdiri dan melanjutkan hidup." Rina menahan air matanya. Pada saat itu, dia menyadari bahwa dia telah kehilangan lebih dari sekadar seorang sahabat. Dia telah kehilangan kesempatan untuk setia pada seseorang yang benar-benar berarti dalam hidupnya. Tapi, waktu tak bisa diputar kembali. Rina hanya bisa menerima kenyataan bahwa persahabatan mereka telah tergadai oleh ketakutan dan gengsi. Maya pun berbalik dan melangkah pergi, meninggalkan Rina dalam kesunyian yang menyesakkan. Ubahlah cerpen tersebut menjadi sebuah adegan 1, adegan 2, adegan 3, dan adegan 4

76

0.0

Jawaban terverifikasi

Soal Essay nomor 1-5! Hadiah : 5.000 poin 1) Apa perbedaan antara kejujuran dan kebohongan? Sebutkan dan jelaskan beberapa contoh! (Jika ada) 2) Apa perbedaan antara sisi terang💡dan sisi gelap? Sebutkan dan jelaskan beberapa contoh! (Jika ada) 3) Negara kita menempatkan peringkat kedua, sebagai negara paling tidak jujur dalam akademik di dunia. Selama ketidakjujuran masih ada, kita tidak dapat memberi harapan untuk bisa jadi negara maju di tahun 2035-2045 mendatang. Padahal kita mempunyai sebuah aplikasi Ruangguru untuk membantu belajar dari kelas 1 SD sampai kelas 12 SMA. Sayangnya jumlah unduhan siswa hanya sekitar 25 juta orang dari 278 juta orang di seluruh Indonesia. Alasan tidak semua orang download apk adalah sebagian besar orang sudah pada kerja, sebagian pada penganggur, dan sebagian kecil pelajar belum mencoba apk ini. Bahkan orang menengah kebawah tidak bisa main apk Ruangguru, kalau tidak punya HP. Akibatnya, negara bangsa kita jadi tercemar, gara-gara manusia tidak jujur dan lemah hukum dari pemerintah otonomi daerah. Berdasarkan keburukan diatas, mengapa apk ruangguru tidak seramai di FYP medosos dan apa saja pelajaran berharga yang bisa kita ambil dari sisi gelap NKRI tersebut? Jelaskan harapan dan kesempatan! (Jika perlu) 4) Perhatikan Ilustrasi berikut! (berdasarkan nomor 2 atas) Sebagian orang yang melihat berita ini merasa, kalau negara kita sudah tidak ada harapan lagi untuk bisa memajukan negara. Karena negara kita semakin tertinggal dari negara lain. Tidak heran kalau suatu saat nanti ada negara menyerang NKRI, maka hancurlah semua harapan kehidupan dan mengambil ahli semua tanah kita dari negara asing. Akhirnya beberapa kelompok orang seluruh daerah menulis surat untuk mengakhiri hidupnya dengan cara b*n*h diri. Cara ini sebagai bentuk pasrah bagi sebagian rakyat negara, sampai dunia internasional jadi kaget. Berdasarkan ilustrasi tadi, mengapa rakyat begitu cemas sama situasi ketidakjujuran dan apa jadinya kalau 278 juta jiwa mengakhiri hidup barengan? Jelaskan dampaknya! 5) Setelah membaca nomor 3 dan 4, kita semakin paham betapa kejamnya manusia sebagai ketidakpedulian sesamanya. Walaupun begitu, bukan berarti kita langsung mengakhiri hidup. Perlu di ingat, bahwa tidak semua penduduk Indonesia antara penjabat atau rakyat itu jahat lho. Masih banyak orang yang peduli mengenai sosial postif dan kerjasama. Kalau sosial tidak ada, maka teknologi, makanan cepat saji, dan kendaraan gak bakalan ada sampai saat ini. Bandingkan sama negara lain, yang paling bahaya itu justru perang senjata yang bisa memakan banyak korban di timur tengah. Solusinya hanya satu, yaitu memperkuat hukum dalam UU tentang masalah kejujuran. Hukuman ini akan diberatkan, tergantung tingkat keparahan suatu negara. Berdasarkan diatas, bagaimana tanggapanmu?

17

5.0

Jawaban terverifikasi