Aprilian M

03 Mei 2024 01:15

Iklan

Iklan

Aprilian M

03 Mei 2024 01:15

Pertanyaan

1. komposisi udara mesosfer 2. komposisi udara eksosfer

1. komposisi udara mesosfer

2. komposisi udara eksosfer

 


6

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Budimaaann B

03 Mei 2024 03:56

Jawaban terverifikasi

Udara di mesosfer dan eksosfer terdiri dari beberapa komponen utama, tetapi komposisinya bervariasi antara kedua lapisan tersebut: 1. Mesosfer: Lapisan ini berada pada ketinggian sekitar 50-85 km di atas permukaan Bumi. Di mesosfer, komposisi udara masih didominasi oleh nitrogen (N₂) dan oksigen (O₂), yang juga merupakan komponen utama di lapisan atmosfer yang lebih rendah seperti troposfer dan stratosfer. Namun, konsentrasi gas-gas ini mulai berkurang seiring dengan ketinggian. Selain N₂ dan O₂, ada juga sejumlah kecil argon, karbon dioksida (CO₂), dan jejak gas lain seperti neon, helium, dan metana. Mesosfer juga memiliki kadar ozon (O₃) yang lebih rendah dibandingkan stratosfer. 2. Eksosfer: Lapisan ini adalah bagian paling luar dari atmosfer Bumi, yang berada di atas 500 km hingga mencapai 10.000 km. Di eksosfer, udara sangat tipis sehingga bisa dianggap sebagai hampir vakum. Komponen utama di eksosfer adalah atom-atom hidrogen dan helium yang sangat ringan, yang kadang-kadang dapat lepas ke angkasa antarplanet. Molekul nitrogen dan oksigen juga ada tetapi dalam jumlah yang sangat sedikit. Eksosfer merupakan transisi antara atmosfer Bumi dan ruang angkasa, sehingga komponennya bisa sangat bervariasi tergantung pada ketinggian dan aktivitas matahari. Perbedaan komposisi ini disebabkan oleh gravitasi Bumi yang lebih lemah di ketinggian yang lebih tinggi, memungkinkan partikel yang lebih ringan seperti hidrogen dan helium mudah lepas ke ruang angkasa, sementara molekul yang lebih berat tetap pada ketinggian yang lebih rendah.


Iklan

Iklan

Dea K

03 Mei 2024 02:26

Jawaban terverifikasi

<h2><strong>Mesosfer:</strong></h2><p>Mesosfer terletak di antara stratosfer dan termosfer, dengan ketinggian sekitar 50 hingga 85 kilometer di atas permukaan bumi. <strong>Komposisi</strong> udara di mesosfer masih didominasi oleh nitrogen (N2) dan oksigen (O2), mirip dengan lapisan atmosfer yang lebih rendah. Namun, densitas udara di mesosfer jauh lebih rendah daripada di lapisan atmosfer yang lebih rendah, yang membuat jumlah nitrogen dan oksigen juga menjadi lebih sedikit. Selain nitrogen dan oksigen, gas-gas lain seperti argon (Ar), karbon dioksida (CO2), neon (Ne), dan hidrogen (H2) juga dapat ditemukan, meskipun dalam jumlah yang sangat kecil.</p><h2><strong>Eksosfer:</strong></h2><p>Eksosfer adalah lapisan atmosfer yang terletak di atas termosfer dan merupakan bagian terluar dari atmosfer bumi. Densitas udara di eksosfer sangat rendah, sehingga dapat dianggap sebagai vakum. <strong>Komposisi</strong> udara di eksosfer didominasi oleh gas-gas ringan seperti hidrogen (H2) dan helium (He). Karena densitasnya yang rendah, gas-gas ini dapat berkumpul di lapisan atas eksosfer. Gas-gas lain seperti neon (Ne) dan oksigen (O2) juga dapat ditemukan di eksosfer, namun dalam jumlah yang sangat kecil. Eksosfer juga merupakan lapisan tempat banyak satelit bumi mengorbit karena kurangnya hambatan atmosfer yang signifikan.</p>

Mesosfer:

Mesosfer terletak di antara stratosfer dan termosfer, dengan ketinggian sekitar 50 hingga 85 kilometer di atas permukaan bumi. Komposisi udara di mesosfer masih didominasi oleh nitrogen (N2) dan oksigen (O2), mirip dengan lapisan atmosfer yang lebih rendah. Namun, densitas udara di mesosfer jauh lebih rendah daripada di lapisan atmosfer yang lebih rendah, yang membuat jumlah nitrogen dan oksigen juga menjadi lebih sedikit. Selain nitrogen dan oksigen, gas-gas lain seperti argon (Ar), karbon dioksida (CO2), neon (Ne), dan hidrogen (H2) juga dapat ditemukan, meskipun dalam jumlah yang sangat kecil.

Eksosfer:

Eksosfer adalah lapisan atmosfer yang terletak di atas termosfer dan merupakan bagian terluar dari atmosfer bumi. Densitas udara di eksosfer sangat rendah, sehingga dapat dianggap sebagai vakum. Komposisi udara di eksosfer didominasi oleh gas-gas ringan seperti hidrogen (H2) dan helium (He). Karena densitasnya yang rendah, gas-gas ini dapat berkumpul di lapisan atas eksosfer. Gas-gas lain seperti neon (Ne) dan oksigen (O2) juga dapat ditemukan di eksosfer, namun dalam jumlah yang sangat kecil. Eksosfer juga merupakan lapisan tempat banyak satelit bumi mengorbit karena kurangnya hambatan atmosfer yang signifikan.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

derajat polinomial P(x) hasil dan sisa dari : P(x) = x⁠⁠⁠⁠⁠⁠⁠⁠⁠⁠⁠⁠⁠⁠ 4 -4x³+3x²-7x+2 dibagi dengan x²-3x+1. gunakan metode horner dan pembagian bersusun

16

5.0

Jawaban terverifikasi