Mentari N

12 Mei 2024 07:40

Iklan

Iklan

Mentari N

12 Mei 2024 07:40

Pertanyaan

1. Jelaskan tahapan perjalanan proses zigot sampai kelahiran beserta gambar nya

1. Jelaskan tahapan perjalanan proses zigot sampai kelahiran beserta gambar nya


6

1


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

24 Mei 2024 06:18

<p>Proses perkembangan zigot hingga kelahiran melibatkan serangkaian tahapan yang kompleks dan menarik. Berikut adalah penjelasan singkat tentang tahapan-tahapan tersebut beserta gambar ilustratif:</p><p><strong>Fertilisasi</strong>: Proses dimulai ketika sel sper-ma membuahi sel telur di dalam tuba falopi. Hasil dari pembuahan ini adalah pembentukan zigot, yang merupakan sel tunggal yang berisi materi genetik dari kedua orang tua.</p><p><strong>Pembelahan Zigot</strong>: Zigot kemudian mengalami serangkaian pembelahan sel, membentuk embrio yang terdiri dari banyak sel kecil yang disebut blastomer. Proses ini dikenal sebagai pembelahan mitosis.</p><p><strong>Implantasi</strong>: Embrio yang sedang berkembang bergerak menuju rahim dan melekat pada dinding endometrium. Proses ini disebut implantasi, dan biasanya terjadi sekitar 6-10 hari setelah pembuahan.</p><p><strong>Pembentukan Lapisan Janin</strong>: Setelah implantasi, embrio terus tumbuh dan berkembang. Lapisan-lapisan jaringan mulai terbentuk, termasuk lapisan ektoderm, mesoderm, dan endoderm, yang kemudian akan berkembang menjadi berbagai bagian tubuh dan organ.</p><p><strong>Pembentukan Organ</strong>: Selama beberapa minggu berikutnya, organ-organ utama seperti jantung, otak, saluran pencernaan, dan sistem saraf mulai terbentuk. Proses ini dikenal sebagai organogenesis.</p><p><strong>Periode Gestasi</strong>: Embrio kemudian berkembang menjadi janin, dan masa ini dikenal sebagai periode gestasi. Janin akan terus tumbuh dan berkembang di dalam rahim selama sekitar 9 bulan, dengan dukungan nutrisi dan oksigen dari plasenta.</p><p><strong>Persalinan</strong>: Proses kelahiran dimulai ketika kontraksi uterus menyebabkan pembukaan serviks dan dorongan janin ke saluran persalinan. Setelah proses persalinan yang kompleks, bayi lahir ke dunia luar.</p><p><br>&nbsp;</p>

Proses perkembangan zigot hingga kelahiran melibatkan serangkaian tahapan yang kompleks dan menarik. Berikut adalah penjelasan singkat tentang tahapan-tahapan tersebut beserta gambar ilustratif:

Fertilisasi: Proses dimulai ketika sel sper-ma membuahi sel telur di dalam tuba falopi. Hasil dari pembuahan ini adalah pembentukan zigot, yang merupakan sel tunggal yang berisi materi genetik dari kedua orang tua.

Pembelahan Zigot: Zigot kemudian mengalami serangkaian pembelahan sel, membentuk embrio yang terdiri dari banyak sel kecil yang disebut blastomer. Proses ini dikenal sebagai pembelahan mitosis.

Implantasi: Embrio yang sedang berkembang bergerak menuju rahim dan melekat pada dinding endometrium. Proses ini disebut implantasi, dan biasanya terjadi sekitar 6-10 hari setelah pembuahan.

Pembentukan Lapisan Janin: Setelah implantasi, embrio terus tumbuh dan berkembang. Lapisan-lapisan jaringan mulai terbentuk, termasuk lapisan ektoderm, mesoderm, dan endoderm, yang kemudian akan berkembang menjadi berbagai bagian tubuh dan organ.

Pembentukan Organ: Selama beberapa minggu berikutnya, organ-organ utama seperti jantung, otak, saluran pencernaan, dan sistem saraf mulai terbentuk. Proses ini dikenal sebagai organogenesis.

Periode Gestasi: Embrio kemudian berkembang menjadi janin, dan masa ini dikenal sebagai periode gestasi. Janin akan terus tumbuh dan berkembang di dalam rahim selama sekitar 9 bulan, dengan dukungan nutrisi dan oksigen dari plasenta.

Persalinan: Proses kelahiran dimulai ketika kontraksi uterus menyebabkan pembukaan serviks dan dorongan janin ke saluran persalinan. Setelah proses persalinan yang kompleks, bayi lahir ke dunia luar.


 


Iklan

Iklan

Mau jawaban yang terverifikasi?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

saat dalam kandungan tidak semua antibodi dapat masuk ke dalam tubuh jamin. jelaskan mengapa immunoglobulin lain tidak dapat menembus plasenta seperti igG

7

0.0

Jawaban terverifikasi