Azkavia A

25 Mei 2024 05:49

Iklan

Azkavia A

25 Mei 2024 05:49

Pertanyaan

1. Buatlah pidato singkat dengan tema "apa yang perlu dirubah dan dipertahankan dalam pendidikan untuk mewujudkan siswa generasi hebat. 2. Tuliskan poin poin penting nya.

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

00

:

02

:

23

:

39

Klaim

2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Kevin L

Gold

25 Mei 2024 06:34

Jawaban terverifikasi

【Jawaban】: 1. Pidato: "Selamat pagi, Bapak/Ibu guru dan teman-teman sekalian. Pada kesempatan ini, saya ingin berbicara tentang apa yang perlu diubah dan dipertahankan dalam pendidikan untuk mewujudkan siswa generasi hebat. Pendidikan adalah kunci utama dalam membentuk karakter dan masa depan siswa. Oleh karena itu, kita perlu memastikan bahwa pendidikan yang kita berikan kepada siswa adalah pendidikan yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan zaman. Ada beberapa hal yang perlu diubah dalam pendidikan kita. Pertama, kita perlu mengubah metode pengajaran yang monoton dan kurang menarik. Kedua, kita perlu mengubah kurikulum yang terlalu berat dan tidak seimbang. Ketiga, kita perlu mengubah sistem penilaian yang hanya berfokus pada nilai akademik. Namun, ada juga hal-hal yang perlu kita pertahankan. Pertama, kita perlu mempertahankan semangat belajar siswa. Kedua, kita perlu mempertahankan kualitas guru dan pendidikan. Ketiga, kita perlu mempertahankan nilai-nilai moral dan etika dalam pendidikan. Dengan perubahan dan pemeliharaan yang tepat, kita dapat mewujudkan siswa generasi hebat yang mampu bersaing di era globalisasi ini. Terima kasih." 2. Poin-poin penting: - Perubahan metode pengajaran - Perubahan kurikulum - Perubahan sistem penilaian - Mempertahankan semangat belajar siswa - Mempertahankan kualitas guru dan pendidikan - Mempertahankan nilai-nilai moral dan etika dalam pendidikan. 【Penjelasan】: Pertanyaan ini meminta untuk membuat pidato singkat dengan tema "apa yang perlu dirubah dan dipertahankan dalam pendidikan untuk mewujudkan siswa generasi hebat" dan menuliskan poin-poin pentingnya. Pidato yang diajukan mencakup perubahan yang perlu dilakukan dalam pendidikan, seperti metode pengajaran, kurikulum, dan sistem penilaian, serta hal-hal yang perlu dipertahankan, seperti semangat belajar siswa, kualitas guru dan pendidikan, serta nilai-nilai moral dan etika dalam pendidikan.


Iklan

Dea K

Community

25 Mei 2024 08:47

Jawaban terverifikasi

<h2><strong>Pidato Singkat: "Apa yang Perlu Dirubah dan Dipertahankan dalam Pendidikan untuk Mewujudkan Siswa Generasi Hebat"</strong></h2><p>&nbsp;</p><p><strong>Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,</strong></p><p><strong>Selamat pagi, Bapak/Ibu guru yang saya hormati, serta teman-teman yang saya cintai.</strong></p><p>&nbsp;</p><p><strong>Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, karena atas berkat dan rahmat-Nya, kita dapat berkumpul di sini dalam keadaan sehat.</strong></p><p>&nbsp;</p><p>Hari ini, saya ingin berbicara tentang hal-hal yang perlu dirubah dan dipertahankan dalam pendidikan untuk mewujudkan siswa generasi hebat.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Bapak/Ibu dan teman-teman yang saya hormati,</strong></p><p>Pendidikan adalah fondasi utama dalam membentuk karakter dan kemampuan generasi muda. Namun, dalam era globalisasi dan kemajuan teknologi yang pesat ini, ada beberapa aspek yang perlu kita ubah dan juga beberapa yang harus kita pertahankan dalam sistem pendidikan kita.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Pertama, mari kita lihat apa yang perlu dirubah:</strong></p><p><strong>Metode Pembelajaran yang Inovatif</strong>: Kita perlu mengadopsi metode pembelajaran yang lebih interaktif dan kreatif. Teknologi digital, seperti pembelajaran online dan penggunaan perangkat lunak edukatif, harus diintegrasikan dalam kurikulum. Ini akan membuat proses belajar lebih menarik dan relevan dengan perkembangan zaman.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Kurikulum yang Adaptif</strong>: Kurikulum harus lebih fleksibel dan adaptif terhadap kebutuhan industri dan masyarakat. Pembelajaran berbasis proyek dan keterampilan hidup harus ditingkatkan agar siswa siap menghadapi tantangan dunia nyata.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Penilaian Berbasis Kompetensi</strong>: Sistem penilaian perlu fokus pada kompetensi dan kemampuan kritis siswa, bukan hanya hasil ujian. Penilaian formatif yang berkelanjutan dapat memberikan gambaran yang lebih akurat tentang perkembangan siswa.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Pengembangan Karakter dan Soft Skills</strong>: Pendidikan harus lebih menekankan pada pengembangan karakter dan soft skills seperti kepemimpinan, kerja sama, dan kemampuan berkomunikasi. Ini penting untuk membentuk pribadi yang tangguh dan siap bersaing di era global.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Namun, ada juga beberapa hal yang perlu kita pertahankan:</strong></p><p>&nbsp;</p><p><strong>Nilai-Nilai Luhur dan Etika</strong>: Nilai-nilai moral dan etika yang telah menjadi bagian dari pendidikan kita harus tetap dipertahankan. Pendidikan karakter harus tetap menjadi prioritas agar siswa tidak hanya cerdas secara akademis tetapi juga memiliki integritas dan moralitas yang tinggi.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Peran Guru sebagai Pembimbing</strong>: Meskipun teknologi semakin maju, peran guru sebagai pembimbing dan inspirator tidak boleh tergantikan. Guru tetap menjadi sosok yang penting dalam membentuk kepribadian dan motivasi belajar siswa.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Kerjasama dengan Orang Tua</strong>: Kerjasama antara sekolah dan orang tua harus terus dipertahankan. Keterlibatan orang tua dalam proses pendidikan anak sangat penting untuk memastikan bahwa nilai-nilai yang diajarkan di sekolah juga diterapkan di rumah.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Bapak/Ibu dan teman-teman yang saya banggakan,</strong></p><p>Dengan mengubah dan mempertahankan hal-hal yang saya sebutkan tadi, kita dapat menciptakan sistem pendidikan yang lebih baik dan efektif. Dengan demikian, kita akan mampu menghasilkan siswa-siswa generasi hebat yang siap menghadapi tantangan di masa depan.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Terima kasih atas perhatian Anda.</strong></p><p><strong>Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.</strong></p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><h2><strong>Poin-Poin Penting:</strong></h2><p>&nbsp;</p><p><strong>Metode Pembelajaran Inovatif</strong>:</p><ul><li>Penggunaan teknologi digital.</li><li>Pembelajaran interaktif dan kreatif.</li></ul><p><strong>Kurikulum Adaptif</strong>:</p><ul><li>Fleksibel dan relevan dengan kebutuhan industri.</li><li>Pembelajaran berbasis proyek dan keterampilan hidup.</li></ul><p><strong>Penilaian Berbasis Kompetensi</strong>:</p><ul><li>Fokus pada kompetensi dan kemampuan kritis.</li><li>Penilaian formatif berkelanjutan.</li></ul><p><strong>Pengembangan Karakter dan Soft Skills</strong>:</p><ul><li>Kepemimpinan, kerja sama, kemampuan berkomunikasi.</li></ul><p><strong>Nilai-Nilai Luhur dan Etika</strong>:</p><ul><li>Pendidikan karakter dan moralitas.</li></ul><p><strong>Peran Guru sebagai Pembimbing</strong>:</p><ul><li>Guru sebagai inspirator dan pembentuk motivasi.</li></ul><p><strong>Kerjasama dengan Orang Tua</strong>:</p><ul><li>Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak.</li></ul>

Pidato Singkat: "Apa yang Perlu Dirubah dan Dipertahankan dalam Pendidikan untuk Mewujudkan Siswa Generasi Hebat"

 

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Selamat pagi, Bapak/Ibu guru yang saya hormati, serta teman-teman yang saya cintai.

 

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, karena atas berkat dan rahmat-Nya, kita dapat berkumpul di sini dalam keadaan sehat.

 

Hari ini, saya ingin berbicara tentang hal-hal yang perlu dirubah dan dipertahankan dalam pendidikan untuk mewujudkan siswa generasi hebat.

 

Bapak/Ibu dan teman-teman yang saya hormati,

Pendidikan adalah fondasi utama dalam membentuk karakter dan kemampuan generasi muda. Namun, dalam era globalisasi dan kemajuan teknologi yang pesat ini, ada beberapa aspek yang perlu kita ubah dan juga beberapa yang harus kita pertahankan dalam sistem pendidikan kita.

 

Pertama, mari kita lihat apa yang perlu dirubah:

Metode Pembelajaran yang Inovatif: Kita perlu mengadopsi metode pembelajaran yang lebih interaktif dan kreatif. Teknologi digital, seperti pembelajaran online dan penggunaan perangkat lunak edukatif, harus diintegrasikan dalam kurikulum. Ini akan membuat proses belajar lebih menarik dan relevan dengan perkembangan zaman.

 

Kurikulum yang Adaptif: Kurikulum harus lebih fleksibel dan adaptif terhadap kebutuhan industri dan masyarakat. Pembelajaran berbasis proyek dan keterampilan hidup harus ditingkatkan agar siswa siap menghadapi tantangan dunia nyata.

 

Penilaian Berbasis Kompetensi: Sistem penilaian perlu fokus pada kompetensi dan kemampuan kritis siswa, bukan hanya hasil ujian. Penilaian formatif yang berkelanjutan dapat memberikan gambaran yang lebih akurat tentang perkembangan siswa.

 

Pengembangan Karakter dan Soft Skills: Pendidikan harus lebih menekankan pada pengembangan karakter dan soft skills seperti kepemimpinan, kerja sama, dan kemampuan berkomunikasi. Ini penting untuk membentuk pribadi yang tangguh dan siap bersaing di era global.

 

Namun, ada juga beberapa hal yang perlu kita pertahankan:

 

Nilai-Nilai Luhur dan Etika: Nilai-nilai moral dan etika yang telah menjadi bagian dari pendidikan kita harus tetap dipertahankan. Pendidikan karakter harus tetap menjadi prioritas agar siswa tidak hanya cerdas secara akademis tetapi juga memiliki integritas dan moralitas yang tinggi.

 

Peran Guru sebagai Pembimbing: Meskipun teknologi semakin maju, peran guru sebagai pembimbing dan inspirator tidak boleh tergantikan. Guru tetap menjadi sosok yang penting dalam membentuk kepribadian dan motivasi belajar siswa.

 

Kerjasama dengan Orang Tua: Kerjasama antara sekolah dan orang tua harus terus dipertahankan. Keterlibatan orang tua dalam proses pendidikan anak sangat penting untuk memastikan bahwa nilai-nilai yang diajarkan di sekolah juga diterapkan di rumah.

 

Bapak/Ibu dan teman-teman yang saya banggakan,

Dengan mengubah dan mempertahankan hal-hal yang saya sebutkan tadi, kita dapat menciptakan sistem pendidikan yang lebih baik dan efektif. Dengan demikian, kita akan mampu menghasilkan siswa-siswa generasi hebat yang siap menghadapi tantangan di masa depan.

 

Terima kasih atas perhatian Anda.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

 

Poin-Poin Penting:

 

Metode Pembelajaran Inovatif:

  • Penggunaan teknologi digital.
  • Pembelajaran interaktif dan kreatif.

Kurikulum Adaptif:

  • Fleksibel dan relevan dengan kebutuhan industri.
  • Pembelajaran berbasis proyek dan keterampilan hidup.

Penilaian Berbasis Kompetensi:

  • Fokus pada kompetensi dan kemampuan kritis.
  • Penilaian formatif berkelanjutan.

Pengembangan Karakter dan Soft Skills:

  • Kepemimpinan, kerja sama, kemampuan berkomunikasi.

Nilai-Nilai Luhur dan Etika:

  • Pendidikan karakter dan moralitas.

Peran Guru sebagai Pembimbing:

  • Guru sebagai inspirator dan pembentuk motivasi.

Kerjasama dengan Orang Tua:

  • Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak.

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Sumber lisan merupakan keterangan langsung dari orang-orang yang mengalami p sejarah. Selain diperoleh dari orang-orang yang mengalami persitiwa secara la sumber lisan juga dapat diperoleh dari orang-orang yang mengetahui suatu peristiw secara rinci. Dengan kata lain sumber sejarah lisan dapat digunakan untuk sumba dan sekunder. Bagaimana cara mendapatkan sumber sejarah secara lisan denga tepat? Sumber sejarah merupakan segala sesuatu yang mengandung informasi tenta peristiwa sejarah. Informasi yang dijadikan sumber sejarah harus berasal dari aktivi pada masa lampau. Sumber sejarah berfungsi sebagai sarana penyampaian inform ristiwa sejarah di masa lampau. Bagaimana cara membuktikan keaslian suatu sumber sejarah? Sumber sejarah berdasarkan bentuknya dibagi menjadi tiga, yaitu sumber tertulis, sumber lisan, dan sumber benda. Sumber tertulis merupakan sumber sejarah yang memberikan informasi melalui tulisan. Sumber lisan merupakan sumber sejarah yang disampaikan secara lisan oleh orang yang menyaksikan, mendengar, atau mengalami langsung suatu peristiwa sejarah. Sumber benda merupakan sumber sejarah yang diperoleh dari benda-benda peninggalan sejarah. Mengapa sumber sejarah sangat penting dalam sejarah? Sumber sejarah lisan sangat bermanfaat agar sejarah dapat terus diingat oleh masyarakat sebagai bagian dari identitas dari sebuah negara. Sumber sejarah lisan dapat berupa keterangan langsung dari pelaku, tradisi lisan yang berkembang di masyarakat, dan topomini. Mengapa sumber lisan memiliki keterbatasan dibandingkan sumber tertulis? Kritik sumber sering juga disebut proses verifikasi. Sering dilakukan peneliti untuk menguji keabsahan serta keaslian suatu dokumen atau sumber sejarah. Kritik sumber merupakan salah satu tahapan dalam penelitian sejarah. Apa yang dimaksud kritik sumber?

30

0.0

Jawaban terverifikasi

Budi memulai suatu usaha dagang (UD) dengan nama "Maju Jaya". Usaha yang Budi jalankan merupakan usaha dagang yang menjual satu produk saja dan diproduksi oleh Budi sendiri bersama karyawannya. Selama satu bulan Budi sudah menjalankan usahanya tersebut, akan tetapi Budi masih bingung apakah usahanya sudah mendapatkan laba atau rugi. UD Maju Jaya Budi mempunyai data sebagai berikut: 1.Biaya-biaya yang terjadi selama satu bulan meliputi: • Biaya penyusutan mobil Pick-up sebesar Rp 15.000.000,- • Biaya gaji mandor sebesar Rp 10.000.000,- • Biaya asuransi kesehatan untuk semua karyawannya sebesar Rp 10.000.000,- • Biaya bahan baku per-unit nya sebesar Rp 35.000,- dan biaya bahan penolong nya sebesar Rp 10.000 per-unit nya. • Biaya listrik &amp; air sebesar Rp 15.000.000,- • Biaya gaji buruh pabrik (tenaga kerja langsung) sebesar Rp 15.000,- untuk tiap unit yang bisa diselesaikan. • Biaya gaji pegawai kantor sebesar Rp 5.000.000,- • Biaya sewa pabrik yang digunakan untuk memproduksi adalah sebesar Rp 30.000.000,- 2. Harga jual produknya adalah Rp 100.000 untuk tiap unit nya. 3. Produk yang bisa dihasilkan dalam sebulan tersebut adalah 1.000 unit Pertanyaannya: 1) Bagaimana cara menghitung unit yang harus dijual dan omset rupiah yang harus dihasilkan agar Budi bisa tahu pada angka berapa UD Maju Jaya dalam keadaan tidak untung dan tidak rugi? 2) Dan jika Budi sebagai pemilik menginginkan untung sebesar Rp 50.000.000,- berapa unit kah produk yang harus dijual? minta tolong yaa kak🙏🏻🙏🏻

42

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Sahabat yang Tergadai Rina dan Maya telah bersahabat sejak kecil. Mereka tinggal di kompleks perumahan yang sama, duduk di bangku sekolah yang sama, bahkan berbagi mimpi untuk bisa terus bersama hingga dewasa. Setiap sore, Rina selalu datang ke rumah Maya untuk bermain atau sekadar mengerjakan PR bersama. Rumah Maya terasa hangat dan nyaman, penuh dengan canda tawa dan rasa kekeluargaan. Maya adalah teman yang selalu mendukung Rina dalam segala hal, tak peduli apa yang terjadi. Namun, suatu hari segalanya berubah. Ayah Maya, yang sebelumnya memiliki usaha sukses, mengalami kebangkrutan. Usahanya gulung tikar setelah dihadapkan pada masalah keuangan yang tak terduga. Keluarga Maya terpaksa menjual rumah mereka dan pindah ke sebuah rumah kontrakan kecil di pinggiran kota. Maya tak lagi bisa mengenakan seragam baru yang biasa mereka beli bersama di awal tahun ajaran. Kini, pakaian Maya tampak kusam, dan sepatu yang dia kenakan mulai berlubang di ujungnya. Pada awalnya, Rina tetap berteman dengan Maya seperti biasa. Mereka masih bertemu di sekolah, dan Rina sesekali mengundang Maya ke rumahnya. Namun, Rina mulai mendengar bisik-bisik dari teman-teman lainnya. "Kenapa masih berteman dengan Maya? Keluarganya sudah jatuh miskin. Nanti kamu jadi terlihat seperti dia." Salah seorang teman di kelas berkata dengan nada mengejek. Bisikan-bisikan itu semakin keras, bahkan beberapa di antaranya terang-terangan menertawakan Maya di depan Rina. Rina merasa tersudut. Di satu sisi, dia merasa bersalah kepada Maya, sahabatnya sejak kecil, yang tidak pernah memintanya apa-apa kecuali persahabatan tulus. Namun di sisi lain, dia merasa takut dijauhi oleh teman-teman lain yang mulai memandang rendah Maya. Rina mulai menjaga jarak. Suatu sore, Maya mendatangi Rina. "Kenapa kamu menjauh? Aku merindukanmu, Rina," Maya bertanya dengan mata yang penuh harap, mencoba mencari jawaban atas perubahan sikap sahabatnya. Rina menghindari tatapan Maya, menunduk dan berpura-pura sibuk dengan bukunya. "Aku sibuk sekarang, banyak tugas. Maaf, Maya." Maya terdiam. Hatinya hancur. Dia tahu apa yang sebenarnya terjadi, tapi dia berharap itu tidak benar. Namun, kenyataannya terlalu menyakitkan untuk diabaikan. Sejak itu Maya tak pernah lagi mengajak Rina berbicara. Mereka masih bertemu di sekolah, tetapi Maya belajar untuk menahan diri dari rasa sakit ditinggalkan. Waktu berlalu, dan pertemanan mereka tergerus oleh jarak yang diciptakan Rina. Suatu hari, sekolah mengadakan reuni kecil bagi siswa-siswa angkatan mereka. Maya, yang sekarang telah menemukan jalan hidupnya sendiri, datang dengan percaya diri. Dia tak lagi terjebak dalam bayang-bayang masa lalu. Rina melihat Maya dari jauh, merasa tertampar oleh keberadaan sahabatnya yang dulu. Maya telah tumbuh menjadi sosok yang mandiri dan sukses, meski tanpa dirinya. Rina mendekat dengan perasaan bersalah. "Maya... maafkan aku." Maya menatapnya, senyumnya tenang. "Rina, aku sudah memaafkanmu sejak lama. Aku hanya belajar bahwa tidak semua hal bisa kita pertahankan, bahkan persahabatan. Kadang, orang berubah, dan itu tidak apa-apa. Yang penting, kita tetap berdiri dan melanjutkan hidup." Rina menahan air matanya. Pada saat itu, dia menyadari bahwa dia telah kehilangan lebih dari sekadar seorang sahabat. Dia telah kehilangan kesempatan untuk setia pada seseorang yang benar-benar berarti dalam hidupnya. Tapi, waktu tak bisa diputar kembali. Rina hanya bisa menerima kenyataan bahwa persahabatan mereka telah tergadai oleh ketakutan dan gengsi. Maya pun berbalik dan melangkah pergi, meninggalkan Rina dalam kesunyian yang menyesakkan. Ubahlah cerpen tersebut menjadi sebuah adegan 1, adegan 2, adegan 3, dan adegan 4

76

0.0

Jawaban terverifikasi