Olivia S

13 November 2023 11:20

Iklan

Iklan

Olivia S

13 November 2023 11:20

Pertanyaan

1. Apa saja yang termasuk tanggapan kritis negatif? 2. Tuliskan tujuan umum teks tanggapan!


2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Lau L

13 November 2023 12:15

Jawaban terverifikasi

1. Tanggapan kritis negatif adalah tanggapan yang mengekspresikan ketidaksetujuan, kritik, atau penolakan terhadap suatu hal atau ide. Beberapa contoh tanggapan kritis negatif meliputi: - Mengkritik kelemahan atau kekurangan suatu gagasan atau argumen. - Menyatakan ketidaksetujuan terhadap kebijakan atau tindakan pemerintah. - Menentang pandangan atau pendapat seseorang dengan argumen yang kuat. - Menyampaikan kekecewaan atau ketidakpuasan terhadap suatu produk atau layanan. - Mengkritik karya seni atau karya sastra dengan alasan tertentu. 2. Tujuan umum teks tanggapan adalah untuk memberikan respons atau reaksi terhadap suatu hal, seperti artikel, pidato, karya seni, atau peristiwa. Tujuan umum teks tanggapan adalah: - Menyampaikan pendapat atau pandangan pribadi terkait suatu topik. - Memberikan analisis atau evaluasi terhadap suatu karya atau peristiwa. - Membuat argumen atau mengajukan pertanyaan yang memicu pemikiran kritis. - Memberikan umpan balik atau kritik yang konstruktif. - Mendorong diskusi atau perdebatan yang lebih luas tentang suatu topik.


Iklan

Iklan

Cndra C

13 November 2023 13:26

Jawaban terverifikasi

1. Tanggapan kritis negatif dapat mencakup beberapa hal berikut: - Penolakan terhadap gagasan atau pendapat yang disampaikan dalam teks. - Kritik terhadap argumen atau bukti yang digunakan dalam teks. - Pengungkapan ketidaksetujuan terhadap kesimpulan atau saran yang diberikan dalam teks. - Menyoroti kelemahan atau kekurangan dalam pemikiran atau logika yang digunakan dalam teks. - Mengungkapkan ketidakpuasan terhadap gaya penulisan atau presentasi dalam teks. 2. Tujuan umum dari teks tanggapan adalah untuk memberikan respons terhadap suatu teks yang telah dibaca atau didengar. Tujuan ini dapat mencakup: - Menyampaikan pendapat atau pandangan pribadi terhadap teks yang dibaca. - Memberikan analisis atau evaluasi terhadap argumen atau bukti yang disajikan dalam teks. - Menyajikan fakta atau informasi tambahan yang relevan terkait dengan topik yang dibahas dalam teks. - Mengajukan pertanyaan atau meminta klarifikasi terhadap hal-hal yang tidak jelas dalam teks. - Mendorong diskusi atau debat lebih lanjut tentang topik yang dibahas dalam teks.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Bacalah kutipan buku nonfiksi berikut! Puputan Upacara puputan atau dhautan bagi masyarakat Jawa merupakan upacara yang dilakukan dalam rangkaian upacara kelahiran seorang anak. Upacara ini dilaksanakan pada sore hari ketika tali pusar si bayi telah putus atau lepas (puput atau dhaut berarti lepas). Waktu yang diperlukan untuk penyelenggaraan puputan tidak dapat ditentukan secara pasti Hal ini bergantung kepada lama tidaknya tali pusar si bayi lepas dengan sendirinya. Tali pusar si bayi dapat putus sebelum seminggu bahkan lebih dari seminggu sejak kelahiran. Keluarga si bayi harus siap mengadakan upacara puputan jika sewaktu- waktu tali pusar tersebut putus. Upacara ini diselenggarakan dengan mengadakan kenduri atau selamatan yang dihadiri oleh kerabat dan tetangga terdekat. Sesajian (makanan) yang disediakan dalam upacara puputan, antara lain nasi gudangan yang terdiri atas nasi dengan lauk-pauk, sayur-mayur dan parutan kelapa, bubur merah, bubur putih, dan jajan pasar. Upacara puputan biasanya ditandai dengan dipasangnya sawuran (bawang merah, dlingo bengle yang dimasukkan ke ketupat), dan aneka macam duri kemarung di sudut- sudut kamar bayi. Selain sawuran dipasang juga daun nanas yang diberi warna hitam putih (bergaris-garis), daun apa-apa, awar-awar, girang, dan duri kemarung. Di halaman rumah dipasang tumbak sewu, yaitu sapu lidi yang didirikan dengan tegak. Di tempat tidur si bayi diletakkan benda-benda tajam seperti pisau dan gunting. Dalam upacara puputan dhautan terdapat makna atau lambang atau yang tersirat dalam makanan dan alat yang digunakan tersebut. Sumber: Maryani, Indonesia nan Indah: Upacara Adat, Semarang. Alprin, 2019 Buatlah rangkuman isi kutipan buku nonfiksi tersebut!

399

0.0

Jawaban terverifikasi