Raysha P

28 Agustus 2024 05:49

Iklan

Raysha P

28 Agustus 2024 05:49

Pertanyaan

1. Apa saja mata pencaharian utama masyarakat di Lembah Sungai Indus? 2. Sebutkan beberapa kota besar yang ada di Lembah Sungai Indus dan karakteristiknya 3. Bagaimana sistem pemerintahan dan perencanaan kota di peradaban Lembah Sungai Indus? 4. Faktor apa yang mendorong Kemajuan Peradaban Lembah Sungai Indus? 5. Jelaskan Teori Keruntuhan/Hilangnya Peradaban lembah Sungai Indus!

1. Apa saja mata pencaharian utama masyarakat di Lembah Sungai Indus?


2. Sebutkan beberapa kota besar yang ada di Lembah Sungai Indus dan karakteristiknya


3. Bagaimana sistem pemerintahan dan perencanaan kota di peradaban Lembah Sungai Indus?


4. Faktor apa yang mendorong Kemajuan Peradaban Lembah Sungai Indus?


5. Jelaskan Teori Keruntuhan/Hilangnya Peradaban lembah Sungai Indus!

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

00

:

12

:

46

:

42

Klaim

2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Nurhanifa K

28 Agustus 2024 06:43

Jawaban terverifikasi

<p>Berikut ringkasan lebih singkat tentang Lembah Sungai Indus:</p><p>1. Mata Pencaharian Utama<br>- Pertanian : Gandum, kapas.<br>- Peternakan : Sapi, kambing.<br>- Perdagangan : Aktivitas ekonomi aktif.</p><p>2. Kota Besar<br>- Harappa : Perencanaan kota teratur.<br>- Mohenjo-Daro : Sistem perairan canggih.<br>- Dholavira : Pengelolaan air inovatif.</p><p>3. Sistem Pemerintahan<br>- Perencanaan : Jalan lebar, drainase efisien.<br>- Otoritas : Kepemimpinan terpusat.</p><p>4. Faktor Kemajuan<br>- Sumber Daya Alam : Sungai mendukung pertanian.<br>- Inovasi : Teknik irigasi.<br>- Perdagangan : Jaringan luas.</p><p>5. Teori Keruntuhan<br>- Iklim : Kekeringan.<br>- Banjir : Kerusakan infrastruktur.<br>- Konflik Sosial : Ketegangan internal.</p>

Berikut ringkasan lebih singkat tentang Lembah Sungai Indus:

1. Mata Pencaharian Utama
- Pertanian : Gandum, kapas.
- Peternakan : Sapi, kambing.
- Perdagangan : Aktivitas ekonomi aktif.

2. Kota Besar
- Harappa : Perencanaan kota teratur.
- Mohenjo-Daro : Sistem perairan canggih.
- Dholavira : Pengelolaan air inovatif.

3. Sistem Pemerintahan
- Perencanaan : Jalan lebar, drainase efisien.
- Otoritas : Kepemimpinan terpusat.

4. Faktor Kemajuan
- Sumber Daya Alam : Sungai mendukung pertanian.
- Inovasi : Teknik irigasi.
- Perdagangan : Jaringan luas.

5. Teori Keruntuhan
- Iklim : Kekeringan.
- Banjir : Kerusakan infrastruktur.
- Konflik Sosial : Ketegangan internal.


Iklan

Putri O

29 Agustus 2024 05:51

Jawaban terverifikasi

Pertanyaan Jawaban Jawaban: 1. Apa saja mata pencaharian utama masyarakat di Lembah Sungai Indus? Jawaban: Mata pencaharian utama masyarakat di Lembah Sungai Indus adalah pertanian, perdagangan, dan kerajinan. Penjelasan: Lembah Sungai Indus memiliki tanah yang subur dan air yang melimpah, sehingga cocok untuk pertanian. Masyarakatnya menanam gandum, kapas, dan barley. Mereka juga melakukan perdagangan dengan daerah lain, seperti Mesopotamia dan Iran, dan menghasilkan berbagai kerajinan seperti tembikar, perhiasan, dan senjata. 2. Sebutkan beberapa kota besar yang ada di Lembah Sungai Indus dan karakteristiknya! Jawaban: Beberapa kota besar di Lembah Sungai Indus antara lain: Mohenjo-daro: Kota ini terkenal dengan sistem drainase yang canggih dan bangunan-bangunan yang megah, seperti Great Bath. Harappa: Kota ini memiliki sistem perencanaan kota yang terstruktur, dengan jalan-jalan yang teratur dan bangunan-bangunan yang terbuat dari batu bata. Dholavira: Kota ini memiliki sistem pertahanan yang kuat dan sistem penyimpanan air yang canggih. 3. Bagaimana sistem pemerintahan dan perencanaan kota di peradaban Lembah Sungai Indus? Jawaban: Sistem pemerintahan di Lembah Sungai Indus kemungkinan besar terpusat, dengan seorang pemimpin atau dewan yang mengendalikan kota-kota. Perencanaan kota di Lembah Sungai Indus sangat terstruktur, dengan jalan-jalan yang teratur, bangunan-bangunan yang terbuat dari batu bata, dan sistem drainase yang canggih. 4. Faktor apa yang mendorong Kemajuan Peradaban Lembah Sungai Indus? Jawaban: Beberapa faktor yang mendorong kemajuan Peradaban Lembah Sungai Indus antara lain: Lokasi geografis yang strategis: Lembah Sungai Indus terletak di jalur perdagangan penting antara Mesopotamia dan Iran. Sumber daya alam yang melimpah: Lembah Sungai Indus memiliki tanah yang subur, air yang melimpah, dan sumber daya mineral yang kaya. Sistem pertanian yang maju: Masyarakat Lembah Sungai Indus mengembangkan sistem irigasi yang canggih dan teknik pertanian yang efektif. Perkembangan teknologi: Masyarakat Lembah Sungai Indus mengembangkan teknologi baru, seperti roda, gerabah, dan logam. 5. Jelaskan Teori Keruntuhan/Milangnya Peradaban lembah Sungai Indus ! Jawaban: Ada beberapa teori tentang keruntuhan Peradaban Lembah Sungai Indus, antara lain: Perubahan iklim: Kemungkinan perubahan iklim, seperti kekeringan atau banjir, menyebabkan kerusakan pertanian dan penurunan produksi pangan. Invasi: Kemungkinan invasi dari suku-suku nomaden menyebabkan ketidakstabilan politik dan ekonomi. Penurunan sumber daya: Kemungkinan penurunan sumber daya alam, seperti air dan tanah subur, menyebabkan penurunan produksi pangan dan keruntuhan ekonomi. Perubahan sosial: Kemungkinan perubahan sosial, seperti konflik internal atau ketidakpuasan masyarakat, menyebabkan ketidakstabilan politik dan keruntuhan peradaban. Catatan: Tidak ada satu teori pun yang dapat menjelaskan secara pasti penyebab keruntuhan Peradaban Lembah Sungai Indus. Kemungkinan besar, keruntuhan ini disebabkan oleh kombinasi beberapa faktor.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Kerajaan Sriwijaya termasuk kerajaan maritim. Maritim artinya ..... *Kerajaan Sriwijaya termasuk kerajaan maritim. Maritim artinya ..... * 2 poin A. Kerajaan yang mengandalkan laut sebagai kekuatan utama B. Kerajaan yang memimpin banyak pulau dan laut C. Kerajaan yang dibangun di laut D. Kerajaan yang menguasai seluruh laut di dunia E. Kerajaan yang tertua 2 poin

1

0.0

Jawaban terverifikasi

1) Apa perbedaan antara kebaikan dan keburukan? Sebutkan dan jelaskan : • Beberapa contoh dari kebaikan dan keburukan! • Beberapa contoh dari keburukan dibalas dengan keburukan! • Beberapa contoh dari keburukan dibalas dengan kebaikan! 2) Di sebuah Sekolah Dasar, Si Akbar datang terlambat. Guru killer pun memukul siswa dengan penggaris kayu sampai 10x. Siswa lain hanya ketawa melihat tanpa ada kecurigaan pada situasi ini. Padahal Akbar ini lahir dari keluarga miskin. Setiap hari, Akbar harus membantu orang tua dalam waktu yang sangat banyak. Hari ke dua sampai hari ke lima, guru killer pun terus memukul Akbar sampai 50x. Siswa lain merasa khawatir, bahwa memukul sebanyak ini sangat tidak manusiawi dilakukan. Namun Guru killer tidak habis pikir, kenapa Akbar selalu terlambat sekolah. Setelah lebih dari 5 hari, guru killer mengikuti Akbar yang sedang pulang. Alangkah terkejutnya, bahwa Akbar banyak membantu orang tua kegiatan. Karena Orang tua sudah lansia. Guru killer pun sadar dan menyesal atas perbuatan itu. Tiba-tiba siswa sekelas Akbar datang menghampiri. Siswa lain merasa kaget dan siswa merasa tidak adil dengan guru killer. Keesokan harinya, saat guru killer masuk kelas. Disambut oleh kemarahan siswa lain, karena guru killer dianggap telah mencemarkan nama baik Akbar yang hidup miskin, ditambah lagi siswa mengganggap guru sebagai monster killer dan harus dipukul. Pada akhirnya siswa lain menghajar guru habis-habisan sampai gurunya menangis. Pada saat Akbar terlambat ke kelas melihat siswa lain mengeroyok Guru Killer, Akbar pun merasa bahwa Guru Killer tidak sejahat itu. Berdasarkan cerita diatas, apa dan bagaimana : • Penyebab guru killer tega memukul Akbar tanpa sebab! • Persamaan antara guru killer dan siswa lain terhadap Akbar? • Guru dianggap sebagai monster killer? jelaskan! • Rasanya jika Guru killer dikeroyok sama siswa lain? • Cara mengatasi agar guru killer dan siswa bisa diselesaikan secara damai? Jelaskan kesimpulan! 3) Setelah kejadian nomor dua tadi, para pemimpin negara langsung turun tangan ke sebuah lokasi Sekolah Dasar. Soal kasus siswa lain memukul Guru Killer, gara-gara memukul Akbar dengan alasan terlambat. Padahal Akbar hidup dalam garis kemiskinan. Akibatnya, Guru killer dikenakan sanksi tegas, karena telah membuat Akbar trauma dan siswa lain merasa provokasi. Sanksinya adalah Guru Killer tidak boleh bertemu Akbar di ruang kelas selama 3 bulan dan pengajar guru di kelas Akbar akan diganti oleh kepala sekolah untuk sementara waktu. Guru killer juga mengurangi gaji sebesar 30%/bulan. Bayangkan saja kalau Akbar sampai masuk ke rumah sakit, maka Guru killer bisa dituntut 15 tahun penjara. Berdasarkan diatas : • Apakah sanksi Guru killer dianggap pantas? Jelaskan! (kalau ada) • Mengapa pemimpin negara harus melakukan di Sekolah Dasar untuk menyelamatkan Akbar? • Apa jadinya kalau Guru Killer beneran dibenci oleh satu sekolah dasar dan cenderung dijauhi? Jelaskan! (Jika ada) • Apakah kepemimpinan perlu penanganan medis kepada Akbar? • Tuliskan contoh dari cerita diatas, berdasarkan Keburukan dibalas dengan kebaikan!

3

5.0

Jawaban terverifikasi