Jabbar V

12 Juli 2024 02:52

Iklan

Jabbar V

12 Juli 2024 02:52

Pertanyaan

1) Apa perbedaan antara kurikulum K13 Revisi dan kurikulum merdeka? sebutkan dan jelaskan beberapa contoh! (jika ada) 2) Berdasarkan perbedaan nomor satu diatas, apa yang dipengaruhi berdasarkan : • Soal Pilihan Ganda? • Pekerjaan Rumah? (PR) • Ujian sekolah biasa? (UH, UTS, & UAS) • Ujian Nasional? (UN) • Materi pelajaran sekolah? • Absen sekolah? 3) Apakah kurikulum merdeka akan terlaksana dengan baik? dan mana yang lebih baik antara kurikulum (di soal nomor 1)? ​

1) Apa perbedaan antara kurikulum K13 Revisi dan kurikulum merdeka? sebutkan dan jelaskan beberapa contoh! (jika ada)

2) Berdasarkan perbedaan nomor satu diatas, apa yang dipengaruhi berdasarkan :
• Soal Pilihan Ganda? 
• Pekerjaan Rumah? (PR)
• Ujian sekolah biasa? (UH, UTS, & UAS) 
• Ujian Nasional? (UN) 
• Materi pelajaran sekolah? 
• Absen sekolah?

3) Apakah kurikulum merdeka akan terlaksana dengan baik? dan mana yang lebih baik antara kurikulum (di soal nomor 1)? ​

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

01

:

14

:

44

:

34

Klaim

2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Nanda R

Community

12 Juli 2024 02:58

Jawaban terverifikasi

<p>1. Perbedaan antara Kurikulum K13 Revisi dan Kurikulum Merdeka</p><p><strong>Kurikulum K13 Revisi</strong>:</p><ul><li><strong>Pendekatan Tematik</strong>: Menggunakan pendekatan pembelajaran tematik terutama di jenjang pendidikan dasar.</li><li><strong>Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar</strong>: Terfokus pada pencapaian Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD).</li><li><strong>Penilaian Autentik</strong>: Menggunakan penilaian autentik yang melibatkan aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap.</li><li><strong>Silabus Terstruktur</strong>: Mengikuti silabus yang telah ditentukan dengan skema pembelajaran yang rinci.</li></ul><p><strong>Kurikulum Merdeka</strong>:</p><ul><li><strong>Pembelajaran Berbasis Proyek</strong>: Menekankan pada pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kolaboratif.</li><li><strong>Fleksibilitas dalam Materi</strong>: Memberikan kebebasan kepada sekolah dan guru untuk menentukan materi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa.</li><li><strong>Profil Pelajar Pancasila</strong>: Mengintegrasikan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila dalam setiap mata pelajaran.</li><li><strong>Penilaian Formatif</strong>: Lebih menekankan pada penilaian formatif untuk memantau perkembangan siswa secara berkelanjutan.</li></ul><p><strong>Contoh</strong>:</p><ul><li><strong>Pendekatan Pembelajaran</strong>: K13 Revisi menggunakan pembelajaran tematik di sekolah dasar, sedangkan Kurikulum Merdeka lebih menekankan pada pembelajaran berbasis proyek di semua jenjang pendidikan.</li><li><strong>Penilaian</strong>: K13 Revisi menggunakan penilaian autentik, sementara Kurikulum Merdeka lebih menekankan penilaian formatif dan keterlibatan siswa dalam proses penilaian.</li></ul><p>2. Pengaruh Berdasarkan Perbedaan Nomor Satu</p><p><strong>Soal Pilihan Ganda</strong>:</p><ul><li><strong>K13 Revisi</strong>: Soal-soal pilihan ganda lebih terstruktur dan fokus pada evaluasi pengetahuan berdasarkan KI dan KD.</li><li><strong>Kurikulum Merdeka</strong>: Soal pilihan ganda mungkin lebih bervariasi dan menekankan pada pemahaman konsep serta aplikasi dalam situasi nyata.</li></ul><p><strong>Pekerjaan Rumah (PR)</strong>:</p><ul><li><strong>K13 Revisi</strong>: PR cenderung berfokus pada latihan soal dan penguatan materi yang telah diajarkan di kelas.</li><li><strong>Kurikulum Merdeka</strong>: PR lebih berbentuk proyek atau tugas yang mendorong kreativitas dan penelitian mandiri.</li></ul><p><strong>Ujian Sekolah (UH, UTS, &amp; UAS)</strong>:</p><ul><li><strong>K13 Revisi</strong>: Ujian dilakukan secara periodik dan terstruktur dengan soal-soal yang mengukur pencapaian KI dan KD.</li><li><strong>Kurikulum Merdeka</strong>: Ujian mungkin lebih fleksibel dan terfokus pada evaluasi proyek serta tugas-tugas yang relevan dengan kehidupan nyata.</li></ul><p><strong>Ujian Nasional (UN)</strong>:</p><ul><li><strong>K13 Revisi</strong>: Ujian Nasional digunakan sebagai evaluasi akhir yang sangat menentukan.</li><li><strong>Kurikulum Merdeka</strong>: Pendekatan terhadap evaluasi nasional kemungkinan lebih fleksibel dan mungkin akan mengalami perubahan format yang lebih menekankan pada penilaian berbasis proyek.</li></ul><p><strong>Materi Pelajaran Sekolah</strong>:</p><ul><li><strong>K13 Revisi</strong>: Materi pelajaran telah ditetapkan dengan silabus yang terstruktur.</li><li><strong>Kurikulum Merdeka</strong>: Materi lebih fleksibel dan dapat disesuaikan dengan konteks lokal serta kebutuhan siswa.</li></ul><p><strong>Absen Sekolah</strong>:</p><ul><li><strong>K13 Revisi</strong>: Absen lebih formal dan terstruktur.</li><li><strong>Kurikulum Merdeka</strong>: Masih formal tetapi mungkin lebih menekankan pada keterlibatan aktif dalam proyek dan aktivitas belajar.</li></ul><p>3. Pelaksanaan Kurikulum Merdeka dan Perbandingan</p><p><strong>Apakah Kurikulum Merdeka akan terlaksana dengan baik?</strong>: Keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka akan sangat tergantung pada kesiapan guru, fasilitas pendukung, serta dukungan dari semua pemangku kepentingan pendidikan. Perubahan paradigma dari pengajaran terstruktur menuju pembelajaran berbasis proyek membutuhkan waktu adaptasi dan pelatihan bagi para guru.</p><p><strong>Mana yang lebih baik?</strong>: Tidak ada jawaban definitif yang mana lebih baik karena keduanya memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Kurikulum K13 Revisi menawarkan struktur yang jelas dan penilaian yang komprehensif, sementara Kurikulum Merdeka memberikan fleksibilitas yang lebih besar dan mendorong kreativitas serta keterampilan abad 21. Kesesuaian kurikulum tergantung pada konteks dan kebutuhan spesifik siswa serta tujuan pendidikan yang ingin dicapai</p>

1. Perbedaan antara Kurikulum K13 Revisi dan Kurikulum Merdeka

Kurikulum K13 Revisi:

  • Pendekatan Tematik: Menggunakan pendekatan pembelajaran tematik terutama di jenjang pendidikan dasar.
  • Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar: Terfokus pada pencapaian Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD).
  • Penilaian Autentik: Menggunakan penilaian autentik yang melibatkan aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap.
  • Silabus Terstruktur: Mengikuti silabus yang telah ditentukan dengan skema pembelajaran yang rinci.

Kurikulum Merdeka:

  • Pembelajaran Berbasis Proyek: Menekankan pada pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kolaboratif.
  • Fleksibilitas dalam Materi: Memberikan kebebasan kepada sekolah dan guru untuk menentukan materi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa.
  • Profil Pelajar Pancasila: Mengintegrasikan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila dalam setiap mata pelajaran.
  • Penilaian Formatif: Lebih menekankan pada penilaian formatif untuk memantau perkembangan siswa secara berkelanjutan.

Contoh:

  • Pendekatan Pembelajaran: K13 Revisi menggunakan pembelajaran tematik di sekolah dasar, sedangkan Kurikulum Merdeka lebih menekankan pada pembelajaran berbasis proyek di semua jenjang pendidikan.
  • Penilaian: K13 Revisi menggunakan penilaian autentik, sementara Kurikulum Merdeka lebih menekankan penilaian formatif dan keterlibatan siswa dalam proses penilaian.

2. Pengaruh Berdasarkan Perbedaan Nomor Satu

Soal Pilihan Ganda:

  • K13 Revisi: Soal-soal pilihan ganda lebih terstruktur dan fokus pada evaluasi pengetahuan berdasarkan KI dan KD.
  • Kurikulum Merdeka: Soal pilihan ganda mungkin lebih bervariasi dan menekankan pada pemahaman konsep serta aplikasi dalam situasi nyata.

Pekerjaan Rumah (PR):

  • K13 Revisi: PR cenderung berfokus pada latihan soal dan penguatan materi yang telah diajarkan di kelas.
  • Kurikulum Merdeka: PR lebih berbentuk proyek atau tugas yang mendorong kreativitas dan penelitian mandiri.

Ujian Sekolah (UH, UTS, & UAS):

  • K13 Revisi: Ujian dilakukan secara periodik dan terstruktur dengan soal-soal yang mengukur pencapaian KI dan KD.
  • Kurikulum Merdeka: Ujian mungkin lebih fleksibel dan terfokus pada evaluasi proyek serta tugas-tugas yang relevan dengan kehidupan nyata.

Ujian Nasional (UN):

  • K13 Revisi: Ujian Nasional digunakan sebagai evaluasi akhir yang sangat menentukan.
  • Kurikulum Merdeka: Pendekatan terhadap evaluasi nasional kemungkinan lebih fleksibel dan mungkin akan mengalami perubahan format yang lebih menekankan pada penilaian berbasis proyek.

Materi Pelajaran Sekolah:

  • K13 Revisi: Materi pelajaran telah ditetapkan dengan silabus yang terstruktur.
  • Kurikulum Merdeka: Materi lebih fleksibel dan dapat disesuaikan dengan konteks lokal serta kebutuhan siswa.

Absen Sekolah:

  • K13 Revisi: Absen lebih formal dan terstruktur.
  • Kurikulum Merdeka: Masih formal tetapi mungkin lebih menekankan pada keterlibatan aktif dalam proyek dan aktivitas belajar.

3. Pelaksanaan Kurikulum Merdeka dan Perbandingan

Apakah Kurikulum Merdeka akan terlaksana dengan baik?: Keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka akan sangat tergantung pada kesiapan guru, fasilitas pendukung, serta dukungan dari semua pemangku kepentingan pendidikan. Perubahan paradigma dari pengajaran terstruktur menuju pembelajaran berbasis proyek membutuhkan waktu adaptasi dan pelatihan bagi para guru.

Mana yang lebih baik?: Tidak ada jawaban definitif yang mana lebih baik karena keduanya memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Kurikulum K13 Revisi menawarkan struktur yang jelas dan penilaian yang komprehensif, sementara Kurikulum Merdeka memberikan fleksibilitas yang lebih besar dan mendorong kreativitas serta keterampilan abad 21. Kesesuaian kurikulum tergantung pada konteks dan kebutuhan spesifik siswa serta tujuan pendidikan yang ingin dicapai


Iklan

Kevin L

Gold

12 Juli 2024 04:37

Perbedaan Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 Revisi Tujuan * Kurikulum 2013 Revisi: Meningkatkan mutu pendidikan dan kemampuan siswa dalam berbagai bidang. * Kurikulum Merdeka: Memperkuat karakter dan moral siswa. Fokus * Kurikulum 2013 Revisi: Kemampuan akademik siswa secara umum. * Kurikulum Merdeka: Pengembangan karakter dan moral siswa. Struktur Kurikulum * Kurikulum 2013 Revisi: * 37 jam pelajaran per minggu untuk SD * 38 jam pelajaran per minggu untuk SMP * 40 jam pelajaran per minggu untuk SMA/SMK * Kurikulum Merdeka: * Jam pelajaran fleksibel, minimal 20 jam per minggu * Struktur kurikulum lebih fleksibel, dengan fokus pada pengembangan Profil Pelajar Pancasila. Pendekatan Pembelajaran * Kurikulum 2013 Revisi: * Pendekatan saintifik untuk semua mata pelajaran * Pembelajaran tematik integratif * Kurikulum Merdeka: * Pembelajaran terdiferensiasi sesuai tahap capaian siswa * Pembelajaran berbasis proyek * Pembelajaran berbasis masalah Penilaian * Kurikulum 2013 Revisi: * Penilaian berbasis portofolio * Penilaian berbasis proyek * Penilaian akhir semester (PAS) * Ujian nasional (UN) * Kurikulum Merdeka: * Penilaian formatif * Penilaian sumatif * Asesmen Nasional Contoh Perbedaan Implementasi di Sekolah * Kurikulum 2013 Revisi: * Sekolah menyusun Rencana Pembelajaran Jangka Panjang (RPJP), Rencana Pembelajaran Jangka Menengah (RPJM), dan Rencana Pembelajaran Tahunan (RPT) * Guru menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) * Pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan RPP * Kurikulum Merdeka: * Sekolah menyusun kurikulum operasional sekolah (KOPS) * Guru menyusun modul pembelajaran * Pembelajaran dilaksanakan berdasarkan modul pembelajaran * Sekolah memiliki kewenangan untuk mengembangkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik sekolah Dampak Perbedaan Kurikulum * Kurikulum 2013 Revisi: * Meningkatkan mutu pendidikan dan kemampuan siswa dalam berbagai bidang * Meningkatkan literasi dan numerasi siswa * Membentuk karakter siswa yang mandiri, kreatif, dan inovatif * Kurikulum Merdeka: * Memperkuat karakter dan moral siswa * Membentuk profil pelajar Pancasila * Meningkatkan fleksibilitas dan otonomi sekolah dalam mengembangkan kurikulum * Meningkatkan hasil belajar siswa Kesimpulan Kurikulum Merdeka merupakan terobosan baru dalam pendidikan di Indonesia. Kurikulum ini diharapkan dapat menghasilkan generasi muda yang berkarakter dan bermoral, serta memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan global. Catatan: * Penerapan Kurikulum Merdeka masih dalam tahap awal dan belum semua sekolah menerapkannya. * Masih banyak pertanyaan dan kekhawatiran terkait dengan implementasi Kurikulum Merdeka. * Perlu dilakukan evaluasi dan monitoring secara berkala untuk memastikan efektivitas Kurikulum Merdeka.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

1) Apa perbedaan antara kebaikan dan keburukan? Sebutkan dan jelaskan : • Beberapa contoh dari kebaikan dan keburukan! • Beberapa contoh dari keburukan dibalas dengan keburukan! • Beberapa contoh dari keburukan dibalas dengan kebaikan! 2) Di sebuah Sekolah Dasar, Si Akbar datang terlambat. Guru killer pun memukul siswa dengan penggaris kayu sampai 10x. Siswa lain hanya ketawa melihat tanpa ada kecurigaan pada situasi ini. Padahal Akbar ini lahir dari keluarga miskin. Setiap hari, Akbar harus membantu orang tua dalam waktu yang sangat banyak. Hari ke dua sampai hari ke lima, guru killer pun terus memukul Akbar sampai 50x. Siswa lain merasa khawatir, bahwa memukul sebanyak ini sangat tidak manusiawi dilakukan. Namun Guru killer tidak habis pikir, kenapa Akbar selalu terlambat sekolah. Setelah lebih dari 5 hari, guru killer mengikuti Akbar yang sedang pulang. Alangkah terkejutnya, bahwa Akbar banyak membantu orang tua kegiatan. Karena Orang tua sudah lansia. Guru killer pun sadar dan menyesal atas perbuatan itu. Tiba-tiba siswa sekelas Akbar datang menghampiri. Siswa lain merasa kaget dan siswa merasa tidak adil dengan guru killer. Keesokan harinya, saat guru killer masuk kelas. Disambut oleh kemarahan siswa lain, karena guru killer dianggap telah mencemarkan nama baik Akbar yang hidup miskin, ditambah lagi siswa mengganggap guru sebagai monster killer dan harus dipukul. Pada akhirnya siswa lain menghajar guru habis-habisan sampai gurunya menangis. Pada saat Akbar terlambat ke kelas melihat siswa lain mengeroyok Guru Killer, Akbar pun merasa bahwa Guru Killer tidak sejahat itu. Berdasarkan cerita diatas, apa dan bagaimana : • Penyebab guru killer tega memukul Akbar tanpa sebab! • Persamaan antara guru killer dan siswa lain terhadap Akbar? • Guru dianggap sebagai monster killer? jelaskan! • Rasanya jika Guru killer dikeroyok sama siswa lain? • Cara mengatasi agar guru killer dan siswa bisa diselesaikan secara damai? Jelaskan kesimpulan! 3) Setelah kejadian nomor dua tadi, para pemimpin negara langsung turun tangan ke sebuah lokasi Sekolah Dasar. Soal kasus siswa lain memukul Guru Killer, gara-gara memukul Akbar dengan alasan terlambat. Padahal Akbar hidup dalam garis kemiskinan. Akibatnya, Guru killer dikenakan sanksi tegas, karena telah membuat Akbar trauma dan siswa lain merasa provokasi. Sanksinya adalah Guru Killer tidak boleh bertemu Akbar di ruang kelas selama 3 bulan dan pengajar guru di kelas Akbar akan diganti oleh kepala sekolah untuk sementara waktu. Guru killer juga mengurangi gaji sebesar 30%/bulan. Bayangkan saja kalau Akbar sampai masuk ke rumah sakit, maka Guru killer bisa dituntut 15 tahun penjara. Berdasarkan diatas : • Apakah sanksi Guru killer dianggap pantas? Jelaskan! (kalau ada) • Mengapa pemimpin negara harus melakukan di Sekolah Dasar untuk menyelamatkan Akbar? • Apa jadinya kalau Guru Killer beneran dibenci oleh satu sekolah dasar dan cenderung dijauhi? Jelaskan! (Jika ada) • Apakah kepemimpinan perlu penanganan medis kepada Akbar? • Tuliskan contoh dari cerita diatas, berdasarkan Keburukan dibalas dengan kebaikan!

4

5.0

Jawaban terverifikasi

Soal Essay nomor 1-5! Hadiah : 5.000 poin 1) Apa perbedaan antara kejujuran dan kebohongan? Sebutkan dan jelaskan beberapa contoh! (Jika ada) 2) Apa perbedaan antara sisi terang💡dan sisi gelap? Sebutkan dan jelaskan beberapa contoh! (Jika ada) 3) Negara kita menempatkan peringkat kedua, sebagai negara paling tidak jujur dalam akademik di dunia. Selama ketidakjujuran masih ada, kita tidak dapat memberi harapan untuk bisa jadi negara maju di tahun 2035-2045 mendatang. Padahal kita mempunyai sebuah aplikasi Ruangguru untuk membantu belajar dari kelas 1 SD sampai kelas 12 SMA. Sayangnya jumlah unduhan siswa hanya sekitar 25 juta orang dari 278 juta orang di seluruh Indonesia. Alasan tidak semua orang download apk adalah sebagian besar orang sudah pada kerja, sebagian pada penganggur, dan sebagian kecil pelajar belum mencoba apk ini. Bahkan orang menengah kebawah tidak bisa main apk Ruangguru, kalau tidak punya HP. Akibatnya, negara bangsa kita jadi tercemar, gara-gara manusia tidak jujur dan lemah hukum dari pemerintah otonomi daerah. Berdasarkan keburukan diatas, mengapa apk ruangguru tidak seramai di FYP medosos dan apa saja pelajaran berharga yang bisa kita ambil dari sisi gelap NKRI tersebut? Jelaskan harapan dan kesempatan! (Jika perlu) 4) Perhatikan Ilustrasi berikut! (berdasarkan nomor 2 atas) Sebagian orang yang melihat berita ini merasa, kalau negara kita sudah tidak ada harapan lagi untuk bisa memajukan negara. Karena negara kita semakin tertinggal dari negara lain. Tidak heran kalau suatu saat nanti ada negara menyerang NKRI, maka hancurlah semua harapan kehidupan dan mengambil ahli semua tanah kita dari negara asing. Akhirnya beberapa kelompok orang seluruh daerah menulis surat untuk mengakhiri hidupnya dengan cara b*n*h diri. Cara ini sebagai bentuk pasrah bagi sebagian rakyat negara, sampai dunia internasional jadi kaget. Berdasarkan ilustrasi tadi, mengapa rakyat begitu cemas sama situasi ketidakjujuran dan apa jadinya kalau 278 juta jiwa mengakhiri hidup barengan? Jelaskan dampaknya! 5) Setelah membaca nomor 3 dan 4, kita semakin paham betapa kejamnya manusia sebagai ketidakpedulian sesamanya. Walaupun begitu, bukan berarti kita langsung mengakhiri hidup. Perlu di ingat, bahwa tidak semua penduduk Indonesia antara penjabat atau rakyat itu jahat lho. Masih banyak orang yang peduli mengenai sosial postif dan kerjasama. Kalau sosial tidak ada, maka teknologi, makanan cepat saji, dan kendaraan gak bakalan ada sampai saat ini. Bandingkan sama negara lain, yang paling bahaya itu justru perang senjata yang bisa memakan banyak korban di timur tengah. Solusinya hanya satu, yaitu memperkuat hukum dalam UU tentang masalah kejujuran. Hukuman ini akan diberatkan, tergantung tingkat keparahan suatu negara. Berdasarkan diatas, bagaimana tanggapanmu?

13

5.0

Jawaban terverifikasi

Soal Pilihan Ganda tentang Ekonomi. Perhatikan kutipan korupsi berikut! Data Indonesia Corruption Watch (ICW) menyebutkan kerugian negara akibat kasus korupsi mencapai Rp238,14 triliun selama 10 tahun terakhir (2013-2022. ICW mencatat data ini berdasarkan putusan korupsi yang dikeluarkan oleh pengadilan tingkat pertama hingga kasasi. Data detailnya seperti berikut ini : Tahun 2013 : Rp3,46 triliun Tahun 2014 : Rp10,69 triliun Tahun 2015 : Rp1,74 triliun Tahun 2016 : Rp3,08 triliun Tahun 2017 : Rp29,42 triliun Tahun 2018 : Rp9,29 triliun Tahun 2019 : Rp12 triliun Tahun 2020 : Rp56,74 triliun Tahun 2021 : Rp62,93 triliun Tahun 2022 : Rp48,79 triliun Dalam buku edukasi antikorupsi Pantang Korupsi Sampai Mati (KPK: 2015) dijelaskan tentang konsep kerugian keuangan negara yang berkaitan dengan korupsi. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999, konsep kerugian keuangan negara mengandung delik formil. Unsur “dapat merugikan keuangan negara” artinya tindakan akan dianggap merugikan keuangan negara ketika suatu tindakan tersebut berpotensi menyebabkan kerugian negara secara langsung maupun tidak langsung. Jadi, apakah secara nyata kerugian negara memang terjadi atau tidak, bukanlah hal yang penting. ↓ Bayangkan saja betapa mirisnya negara Indonesia jika korupsi ini diteruskan. Maka Korupsi mengakibatkan melambatnya pertumbuhan ekonomi negara, menurunnya investasi, meningkatnya kemiskinan serta meningkatnya ketimpangan pendapatan. Korupsi juga dapat menurunkan tingkat kebahagiaan masyarakat di suatu negara. Alhasil skor anti korupsi jadi menurun, dari 40 poin menjadi 34 poin. Berdasarkan kutipan diatas, yang dirasakan oleh penduduk dan cara mengatasi situasi tersebut adalah .... A. Pata penduduk merasa sedih dan pasrah terhadap situasi negara Indonesia. Solusi yang bisa dilakukan adalah melakukan kebijakan peraturan tentang anti korupsi, bahwa siapapun yang melakukan korupsi akan dihukum sesuai UUD. B. Penduduk merasa kecewa, marah, dan kehilangan kepercayaan terhadap pemerintah. Solusi yang bisa dilakukan adalah penguatan sistem pengawasan, penegakan hukum yang tegas, transparansi dalam pengelolaan keuangan negara, serta meningkatkan kesadaran masyarakat tentang penting menolak dan melaporkan tindakan korupsi. C. Prihatin dengan KPK yang justru diramaikan dengan kasus dugaan pelanggaran etik. Padahal kondisi lembaga sedang terpuruk setelah Ketua KPK sebelumnya, Firli Bahuri menjadi tersangka korupsi. Akibatnya para rakyatnya jadi tidak percaya lagi sama KPK. Solusinya ada menegakkan keadilan negeri. D. Korupsi berdampak begitu besar bagi negara &amp; masyarakat. Salah satunya, kerugian finansial dan ekonomi. Dengan kerugian seperti itu sangat mempengaruhi kualitas pelayanan publik. Cara mengatasinya adalah membuat sebuah peraturan UUD tentang korupsi, dimana pemeriksaan penjabat dilakukan secara menyeluruh bagi seluruh penjabat negeri. E. Para warga merasa kecewa &amp; marah terhadap pemerintah negara. Karena semua pajak yang mereka bayar jadi sia-sia. Jadi, dia mengatakan celah tersebut akan hilang jika wajib pajak taat aturan dan tak berupaya mengurangi pajak yang harusnya dibayarkan. Dia berharap celah tersebut bisa ditutup untuk mencegah korupsi. Tingkat kesulitan : Nearly impossible (HOTS/Menciptakan) : 🤯 Jawab dengam benar. Jika jawaban salah, maka bintang tidak akan dinilai.

3

5.0

Jawaban terverifikasi