Fara F

11 Februari 2024 07:22

Iklan

Iklan

Fara F

11 Februari 2024 07:22

Pertanyaan

(HOTS) Perhatikan beberapa pernyataan (1) Penemuan zat-zat antibiotik. (2) Penemuan struktur DNA (3) Penemuan bakteri yang dapat mengemulsikan lemak. (4) Pemanfaatan unsur radioaktif untuk menentukan umur fosil (5) Pemanfaatan sinar radioaktif untuk keperluan rontgen. (6) Pemanfaatan laser gun untuk mengukur suhu tubuh manusia. Pernyataan tersebut yang merupakan penemuan dalam bidang bloteknologi, ditunjukkan oleh nomor.. A. (1) (2) dan (3) C. (2). (4), dan (6) B (1) (3) dan (5) D. (4), (5) dan (6 Tolong dijawab dengan alasan ya, terimakasih.

(HOTS) Perhatikan beberapa pernyataan

(1) Penemuan zat-zat antibiotik. 

(2) Penemuan struktur DNA

(3) Penemuan bakteri yang dapat mengemulsikan lemak.

(4) Pemanfaatan unsur radioaktif untuk menentukan umur fosil

(5) Pemanfaatan sinar radioaktif untuk keperluan rontgen.

(6) Pemanfaatan laser gun untuk mengukur suhu tubuh manusia. Pernyataan tersebut yang merupakan penemuan dalam bidang bloteknologi, ditunjukkan oleh nomor..

A. (1) (2) dan (3) C. (2). (4), dan (6)

B (1) (3) dan (5) D. (4), (5) dan (6

Tolong dijawab dengan alasan ya, terimakasih.


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

11 Februari 2024 07:29

Jawaban terverifikasi

Pertanyaan ini berkaitan dengan bidang bioteknologi. Bioteknologi adalah penerapan prinsip-prinsip ilmiah dan rekayasa dalam pengolahan bahan oleh agen biologis untuk memberikan barang dan jasa. Mari kita lihat setiap pernyataan: (1) Penemuan zat-zat antibiotik. Antibiotik adalah hasil dari bioteknologi karena mereka biasanya dihasilkan oleh mikroorganisme dalam proses yang melibatkan manipulasi biologis. (2) Penemuan struktur DNA. Meskipun penemuan ini sangat penting dalam biologi dan telah memungkinkan banyak kemajuan dalam bioteknologi, penemuan itu sendiri bukanlah hasil dari bioteknologi. (3) Penemuan bakteri yang dapat mengemulsikan lemak. Ini juga bisa dianggap sebagai hasil dari bioteknologi, karena melibatkan penggunaan organisme hidup (bakteri) untuk tujuan industri. (4) Pemanfaatan unsur radioaktif untuk menentukan umur fosil. Ini bukan hasil dari bioteknologi, tetapi lebih berkaitan dengan geologi dan arkeologi. (5) Pemanfaatan sinar radioaktif untuk keperluan rontgen. Ini juga bukan hasil dari bioteknologi, tetapi lebih berkaitan dengan fisika dan kedokteran. (6) Pemanfaatan laser gun untuk mengukur suhu tubuh manusia. Ini juga bukan hasil dari bioteknologi, tetapi lebih berkaitan dengan fisika dan kedokteran. Jadi, berdasarkan penjelasan di atas, pernyataan yang merupakan penemuan dalam bidang bioteknologi ditunjukkan oleh nomor (1) dan (3). Jadi, jawabannya adalah B.


Fara F

11 Februari 2024 07:29

makasih banyakk

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

13 Februari 2024 22:17

<p>jawabannya adalah A.</p><p>&nbsp;</p><p>Penjelasan:</p><p><strong>Penemuan zat-zat antibiotik (1):</strong> Antibiotik adalah senyawa kimia yang dihasilkan oleh mikroorganisme atau dihasilkan secara sintetis, yang dapat membunuh atau menghentikan pertumbuhan bakteri. Penggunaan antibiotik memiliki dampak besar dalam bidang kedokteran dan pengobatan infeksi.</p><p><strong>Penemuan struktur DNA (2):</strong> Penemuan struktur DNA oleh James Watson dan Francis Crick pada tahun 1953 adalah salah satu tonggak sejarah dalam bioteknologi. Struktur ganda heliks DNA membuka pintu untuk pemahaman lebih lanjut tentang pewarisan genetik dan manipulasi genetik.</p><p><strong>Penemuan bakteri yang dapat mengemulsikan lemak (3):</strong> Bakteri yang mampu mengemulsikan lemak memiliki potensi dalam aplikasi bioteknologi, termasuk dalam proses pengolahan limbah dan produksi bahan kimia.</p>

jawabannya adalah A.

 

Penjelasan:

Penemuan zat-zat antibiotik (1): Antibiotik adalah senyawa kimia yang dihasilkan oleh mikroorganisme atau dihasilkan secara sintetis, yang dapat membunuh atau menghentikan pertumbuhan bakteri. Penggunaan antibiotik memiliki dampak besar dalam bidang kedokteran dan pengobatan infeksi.

Penemuan struktur DNA (2): Penemuan struktur DNA oleh James Watson dan Francis Crick pada tahun 1953 adalah salah satu tonggak sejarah dalam bioteknologi. Struktur ganda heliks DNA membuka pintu untuk pemahaman lebih lanjut tentang pewarisan genetik dan manipulasi genetik.

Penemuan bakteri yang dapat mengemulsikan lemak (3): Bakteri yang mampu mengemulsikan lemak memiliki potensi dalam aplikasi bioteknologi, termasuk dalam proses pengolahan limbah dan produksi bahan kimia.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

1.Berikut ini merupakan salah satu wujud program CSR, kecuali a. pemberian subsidi b. pemberian beasiswa C. dana untuk pemeliharaan fasilitas umum d. sumbangan untuk fasilitas umum 2.Suatu konsep yang dilakukan perusahaan sebagai rasa tanggung jawab perusahaan terhadap sosial maupun, lingkungan sekitar perusahaan disebut... a. Company Social Responsibility b. Corporate Social Responsibility c. Company Social Responsible d. Corporate Social Responsible 3.Tokoh dari Belanda yang menerapkan sistem pemerintahan modern yang terkenal dengan sistem perpajakannya adalah a. Daendels C. Van Mook b. Raffles d. M.J. Mose 4.Tokoh yang mendirikan sekolah kebangsaan Taman Siswa adalah... a.Moh. Syafei b. Budi Utomo C Wahidin Sudirohusodo d. Ki Hajar Dewantara 5.Berikut faktor-faktor yang menyebabkan Indonesia menjadi penting bagi perdagangan dan pelayaran antara Asia dan Eropa, kecuali .... a. kondisi geografis b. kepadatan penduduk C. faktor keamanan d. penghasil rempah-rempah 6.Untuk mengatasi kas Belanda yang kosong, maka Belanda menerapkan strategi..... a. monopoli perdagangan b. pelayaran hongi c. pembentukan VOC d. Culture Stelsel 7.Salah satu program pemerintah pemberian jaminan akses kebutuhan dasar bagi rakyat bawah, kecuali .... a. Bantuan Langsung Tunai (BLT) b. Bantuan Tunai Bersyarat (BTB) c. Program Keluarga Harapan (PKH) d. Kredit Usaha Rakyat (KUR) 8.Berikut ini yang bukan merupakan aturan tanam paksa adalah .... a. petani harus menyediakan seperempat dari tanahnya untuk ditanami tanaman wajib b. tanah yang ditanami tanaman wajib merupakan tanah bebas pajak C. hasil tanaman harus dijual kepada Belanda dengan harga yang sudah ditentukan d. waktu tanam tidak boleh melebihi waktu menanam padi 9. Raja Kerajaan Banten yang bersahabat dengan VOC dan menjalin kerja sama adalah .... a. Sultan Ageng Tirtayasa b. Sultan Iskandar Muda C. Sultan Haji d. Sultan Hairun

10

5.0

Jawaban terverifikasi