Inka A

03 April 2022 08:36

Pertanyaan

(1) Silakan pemenang lomba maju! (2) la sangat sedih mendengar musibah yang menimpa sahabatnya. (3) Para tamu undangan menikmati hidangan di ruang transit. (4) Peserta pelatihan masuk ke Gedung Juang. Kalimat tidak efektif ditunjukkan nomor .... A. (1) B. (2) C. (3) D. (4)


82

1

Jawaban terverifikasi

N. Faizah

Mahasiswa/Alumni Universitas Muhammadiyah Surakarta

04 April 2022 04:19

Jawaban terverifikasi

Hai, Inka A. Terima kasih sudah bertanya ke Roboguru. Kakak bantu jawab ya 😊 Jawaban untuk soal tersebut adalah A. Mari kita simak pembahasan berikut ini ya. Kalimat efektif merupakan kalimat yang dapat menyampaikan pesan, ide, gagasan, atau informasi secara jelas dan tepat sehingga pembaca/pendengar dapat memahami maksud penulis/pembicara. Syarat kalimat efektif sebagai berikut. 1. Kalimat efektif harus memiliki kesepadanan struktur, yaitu keseimbangan antara gagasan dengan struktur yang digunakan. 2. Memiliki subjek dan predikat yang jelas. Agar subjek dan predikat menjadi jelas hendaknya menghindari penggunaan kata depan sebelum penyebutan subjek. 3. Tidak memiliki subjek ganda yang dapat membuat kalimat menjadi tidak fokus. Hal ini mengakibatkan kesulitan untuk memahami makna kalimat. 4. Tidak meletakkan kata 'yang' sebelum predikat. 5. Memiliki bentuk yang paralel. Artinya, jika bentuk pertama menggunakan kata kerja, bentuk selanjutnya juga harus menggunakan kata kerja. 5. Kalimat efektif harus hemat dalam penggunaan kata dan menghindari kata-kata yang tidak diperlukan. 6. Kalimat efektif tidak mengandung pengulangan subjek. Subjek hanya perlu disebutkan sebanyak satu kali dalam satu kalimat. 7. Menghindari kesinoniman dalam satu kalimat. 8. Memperhatikan kata jamak. Jika sudah terdapat satu kata bermakna jamak, tidak perlu menambahkan lagi kata lain yang bermakna jamak. 9. Kalimat efektif harus memperhatikan pemilihan kata-kata agar tidak menimbulkan makna ganda. 10. Bahasa yang digunakan pada kalimat efektif harus logis agar ide atau gagasan pada kalimat dapat diterima oleh pembaca/pendengar. Berdasarkan penjelasan di atas, kalimat tidak efektif terlihat pada kalimat "Silakan pemenang lomba maju!" Kalimat tersebut tidak efektif karena posisi subjek dan predikat yang tidak jelas. Selain itu, kalimat tersebut juga ambigu karena mengandung dua makna, yaitu "pemenang lomba diminta maju" atau "pemenang lomba maju". Adapun perbaikan kalimat tersebut adalah "Pemenang lomba disilakan maju." Dengan demikian, jawaban untuk soal tersebut adalah A. Semoga membantu 😊


Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Chat Tutor

Pertanyaan serupa

4. Kalimat berikut yang termasuk slogan adalah .... a. Tegal Kota Bahari. b. Lestarikan Hutan Kami! c. Malu Bertanya Sesat di Jalan. d. Buanglah Sampah di Tempatnya!

24

0.0

Jawaban terverifikasi

Bacalah teks narasi (cerita fantasi) berikut! Mesin Waktu Pada tahun 2026 dimana dunia sudah mulai dikuasai teknologi canggih, ada 3 sahabat yang bernama Jack, Nicole dan Alex. Mereka bersekolah di sekolah yang sama tepatnya di SMP ABC, jika pulang sekolah mereka biasanya selalu bersama. Saat itu mereka menuju ke stasiun kereta melayang yang jaraknya dekat dari sekolah mereka. Saat mereka sudah mulai naik, beberapa menit kemudian kereta yang mereka naiki terlempar keluar dari rel yang ada di atas kereta, mereka terlempar ke sebuah hutan yang sangat luas dan gelap bersama dengan penumpang lainnya yang sebagian tewas karena benturan yang sangat kencang saat mereka terjatuh. Alice berkata "Di mana kita?" Alex menjawab, "Aku pun tak tahu." (sambil kebingungan). Jack berkata, "Sudah jangan khawatir, yang penting kita selamat." Alex dan Nicole mengiyakan. Mereka pun berjalan mencari jalan keluar dan mencari pertolongan dengan berjalan ke dalam hutan. Saat mereka di dalam hutan, terdengar suara "BUUMM.." yang kencang dan membuat tanah bergetar. Mereka menghampiri sumber suara itu dengan rasa berani. Saat sudah hampir dekat dengan sumber suara, mereka melihat sebuah cahaya yang sangat terang dari sana. Saat mereka lihat, ternyata itu adalah sebuah mesin waktu yang jatuh dari langit. Mereka mendekati mesin waktu itu dengan penasaran dan membukanya. "1, 2,3 waaaaaw..." kata mereka bersama. Mereka masuk dan tak sengaja Alex menekan suatu tombol yang membuat mesin waktu tersebut membawa mereka keluar dari hutan yang gelap itu ke kotayang dekat dengan rumah mereka. Mereka hampir tak percaya bahwa mereka mendapat petualangan yang sangat aneh dari mesin waktu itu. Saat mereka keluar, mesin waktu itu tiba-tiba lenyap menghilang dan mereka kembali ke rumah mereka masing-masing. Setelah membaca teks tersebut, identifikasi unsur intrinsik "tokoh" dan sertakan bukti kalimat pada teks!

4

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan