Rini P

30 Mei 2022 09:12

Pertanyaan

(1) Pak Zainal adalah seorang petani tua. (2) Ia memeras tenaga demi keluarga. (3) Tak pernah sekalipun ia mengeluh. (4) Rumahnya pun berdinding bilik. Kalimat yang berpelengkap dalam paragraf tersebut adalah nomor .... a. (1) b. (2) c. (3) d. (4)


256

1

Jawaban terverifikasi

I. Choliliyah

31 Mei 2022 02:55

Jawaban terverifikasi

Jawaban pertanyaan di atas adalah D. Berikut pembahasannya. Kalimat berpelengkap adalah kalimat yang struktur kalimatnya memiliki pelengkap. Struktur kalimat dapat terdiri dari: - S (subjek) + P (predikat) + O (objek) + Pel (pelengkap), - atau S (subjek) + P (predikat) + Pel (pelengkap). Kata pelengkap dapat berupa nomina (kata benda), adjektiva (kata sifat), numeral (bilangan), frasa nomina, frasa adjektiva, atau frasa numeral. Jenis kalimat berpelengkap predikatnya berimbuhan ber-, ber-an, dan me-. Contoh struktur kalimat S + P + O + Pel: Ibu membeli sayur segar di pasar tradisional. Ibu (S) + membeli (P) + sayur (O) + segar (Pel) + di pasar tradisional (Ket. tempat). Contoh struktur kalimat S + P + Pel: Kakakku berpendidikan dokter. Kakakku (S) + berpendidikan (P) + dokter (Pel). Berdasarkan pembahasan tersebut, pada soal di atas kalimat yang menunjukkan kalimat berpelengkap adalah kalimat nomor (4). Rinciannya sebagai berikut: (4) Rumahnya pun berdinding bilik. S = Rumahnya. P = berdinding. Pel = bilik. Dengan demikian, jawaban yang tepat ialah D.


Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Chat Tutor

Pertanyaan serupa

Cermatilah teks eksplanasi di bawah ini ! Proses Terjadinya Petir Peristiwa terjadinya petir merupakan peristiwa listrik statis yang menghasilkan listrik yang sangat besar hingga jutaan volt. Tidak heran, jika ada pohon yang tersambar petir, pohon tersebut akan terbakar dan hangus. Petir merupakan fenomena yang umumnya terjadi bersamaan dengan hujan. Petir terjadi saat ada awan di angkasa yang bermuatan negatif dan bermuatan positif. Awan terus bergerak dengan bantuan angin. Awan yang bermuatan positif akan berkumpul dengan awan bermuatan positif lainnya. Pada saat ion bebas yang memiliki muatan negatif dan muatan positif berkumpul di awan, awan yang bergerak oleh tiupan angin akan bergesekan dengan awan yang lainnya. Saat awan bergerak dan bertemu, terjadilah beda potensial yang tinggi sehingga elektron akan terlepas ke permukaan bumi untuk menyeimbangkan muatan. Secara sederhana, saat terjadi beda potensial yang tinggi antara awan dengan bumi, awan akan melepaskan muatan negatifnya agar terjadi kesetimbangan muatan. Elektron atau muatan negatif yang mengalir ke bumi itulah yang disebut dengan petir. Proses loncatan elekron yang menembus batas isolasi udara akan menyebabkan suara petir. Loncatan elektron yang berupa bunga api tersebut sangat besar dan sangat panas. Pada saat bunga api itu melewati udara, udara tersebut akan memuai. Pemuaian yang secara tiba-tiba atau dalam waktu yan g singkat itulah yang menyebabkan adanya suara petir. Analisislah kelengkapan kaidah kebahasaaan teks eksplanasi di atas!

196

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan