Elysia C

12 Juni 2024 01:19

Iklan

Elysia C

12 Juni 2024 01:19

Pertanyaan

Yang termasuk kata infinitif eksplisit A petani di pertanian menanam padi B polisi lalulintas di jalan sedang mengarahkan mobil C dokter ada di rumah sakit sedang merawat pasien D insinyur di sekolah sedang membangun aula

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan ruangbelajar

Habis dalam

00

:

01

:

03

:

46

Klaim

8

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Dindaaaaa D

13 Juni 2024 12:38

Jawaban terverifikasi

【Jawaban】: D 【Penjelasan】: Kata infinitif eksplisit adalah kata kerja yang ditambahkan dengan kata "sedang" dan "mem-". Dalam pilihan jawaban, hanya pilihan D ("insinyur di sekolah sedang membangun aula") yang memenuhi kriteria tersebut. Oleh karena itu, jawabannya adalah D.


Iklan

Kevin L

Gold

17 Juni 2024 12:46

Jawaban terverifikasi

Jawaban D, "insinyur di sekolah sedang membangun aula", adalah jawaban yang tepat untuk pertanyaan "Yang termasuk kata infinitif eksplisit" karena kata "membangun" adalah kata kerja infinitif eksplisit. Kata kerja infinitif eksplisit adalah kata kerja yang menunjukkan suatu tindakan atau keadaan tanpa menunjukkan waktu, subjek, atau objek. Kata kerja infinitif eksplisit biasanya diawali dengan kata "untuk" atau "ber-". Dalam kalimat "insinyur di sekolah sedang membangun aula", kata "membangun" diawali dengan kata "ber-", sehingga termasuk kata kerja infinitif eksplisit. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang kata kerja infinitif eksplisit: * Kata kerja infinitif eksplisit diawali dengan kata "untuk" atau "ber-" Contoh kata kerja infinitif eksplisit yang diawali dengan kata "untuk": * untuk makan * untuk belajar * untuk bermain Contoh kata kerja infinitif eksplisit yang diawali dengan kata "ber-": * berlari * bermain * belajar * Kata kerja infinitif eksplisit menunjukkan suatu tindakan atau keadaan tanpa menunjukkan waktu, subjek, atau objek Dalam kalimat "insinyur di sekolah sedang membangun aula", kata "membangun" menunjukkan suatu tindakan, yaitu membangun aula. Kata ini tidak menunjukkan waktu, subjek, atau objek. Waktu kejadiannya adalah "sedang", subjeknya adalah "insinyur", dan objeknya adalah "aula". * Kata kerja infinitif eksplisit berbeda dengan kata kerja infinitif implisit Kata kerja infinitif implisit adalah kata kerja yang menunjukkan suatu tindakan atau keadaan tanpa diawali dengan kata "untuk" atau "ber-". Contoh kata kerja infinitif implisit adalah "makan", "belajar", dan "bermain". Dalam kalimat "insinyur di sekolah sedang membangun aula", kata "membangun" adalah kata kerja infinitif eksplisit karena diawali dengan kata "ber-". Kata "sedang" dalam kalimat ini bukan kata kerja infinitif, melainkan kata keterangan waktu. Kesimpulan Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa jawaban D, "insinyur di sekolah sedang membangun aula", adalah jawaban yang tepat untuk pertanyaan "Yang termasuk kata infinitif eksplisit" karena kata "membangun" adalah kata kerja infinitif eksplisit.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan