Maharani F

25 Mei 2022 09:44

Iklan

Iklan

Maharani F

25 Mei 2022 09:44

Pertanyaan

Wawasan nusantara pada hakikatnya merupakan dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya berdasarkan pancasila dan UUD NRI tahun 1945.Jelaskan bagaimana pentingnya wawasan nusantara dalam konteks NKRI?


102

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

R. Sari

Mahasiswa/Alumni Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

25 Mei 2022 11:15

Jawaban terverifikasi

Jawaban yang benar adalah pentingnya wawasan nusantara dalam konteks NKRI yaitu wawasan nusantara menjadi pedoman yang mendasari cara berpikir, bersikap dan bertindak dalam rangka menangani segala permasalahan, yang menyangkut kehidupan bermasyarakat, berbangsa, serta bernegara. Pembahasan: Wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia terhadap rakyat, bangsa, dan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Wawasan nusantara memiliki 2 konsep dasar, yaitu konsep trigatra dan pancagatra. Konsep trigatra yaitu cara pandang terhadap aspek geografis, demografis, serta strategis. Konsep pancagatra yaitu cara pandang terhadap ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan. Pentingnya wawasan nusantara dalam konteks NKRI yaitu wawasan nusantara menjadi pedoman yang mendasari cara berpikir, bersikap dan bertindak dalam rangka menangani segala permasalahan, yang menyangkut kehidupan bermasyarakat, berbangsa, serta bernegara. Kesimpulan: Berdasarkan pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa pentingnya wawasan nusantara dalam konteks NKRI yaitu wawasan nusantara menjadi pedoman yang mendasari cara berpikir, bersikap dan bertindak dalam rangka menangani segala permasalahan, yang menyangkut kehidupan bermasyarakat, berbangsa, serta bernegara.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

azas wawasan nusantara yang menyatakan bahwa keberanian, berfikir, berkata dan bertindak sesuai realita serta ketentuan yang benar biarpun realita dan ketentuan itu pahit dan kurang enak didengarnya, adalah

276

0.0

Jawaban terverifikasi