Era E

12 Februari 2024 07:17

Iklan

Iklan

Era E

12 Februari 2024 07:17

Pertanyaan

uraikan latar belakang dan sejarah lahirnya MEA

uraikan latar belakang dan sejarah lahirnya MEA


2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

12 Februari 2024 10:47

Jawaban terverifikasi

Pertanyaan yang diajukan berkaitan dengan latar belakang dan sejarah lahirnya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). MEA adalah sebuah konsep integrasi ekonomi regional yang diusung oleh ASEAN. Konsep ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2007 dan mulai diterapkan pada tahun 2015. Penjelasan: 1. Latar belakang lahirnya MEA adalah untuk menciptakan integrasi ekonomi antara negara-negara anggota ASEAN. Tujuannya adalah untuk meningkatkan daya saing ekonomi ASEAN di kancah internasional dan menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat ASEAN. 2. Sejarah lahirnya MEA dimulai pada tahun 2007 saat ASEAN mengadakan KTT di Singapura. Pada KTT tersebut, ASEAN sepakat untuk mempercepat pembentukan MEA dari tahun 2020 menjadi 2015. 3. Pada tahun 2015, MEA resmi diterapkan. Dengan diterapkannya MEA, tercipta pasar dan basis produksi tunggal di kawasan ASEAN yang berarti ada bebas aliran barang, jasa, investasi, tenaga kerja terampil, dan aliran modal. Kesimpulan: Latar belakang lahirnya MEA adalah untuk menciptakan integrasi ekonomi dan meningkatkan daya saing ASEAN. Sejarah lahirnya MEA dimulai pada tahun 2007 dan resmi diterapkan pada tahun 2015. Dengan MEA, tercipta pasar dan basis produksi tunggal di kawasan ASEAN. Semoga penjelasan ini membantu Anda πŸ™‚.


Iklan

Iklan

Sumber W

Silver

12 Februari 2024 18:23

Jawaban terverifikasi

<p>Latar belakang MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) diawali dari pertemuan di Bali pada tahun 2003 yang dihadiri oleh negara-negara anggota ASEAN gagasan itu hadir dengan untuk mewujudkan cita-cita kawasan yang mempunyai integritas ekonomi kuat mulai dirancang sebagai langkah awal dan diprediksikan dimulai tahun 2020. Namun apa yang terjadi pada pertemuan di Filipina yang digelar 13 Januari 2007, sejumlah negara yang tergabung dalam ASEAN mengambil sebuah kesepakatan dengan mempercepat pembentukan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).</p><p>&nbsp;</p><p>Dengan demikian latar belakang berdirinya MEA adalah persiapan menghadapi globalisasi ekonomi dan perdagangan melalui ASEAN Free Trade Area (AFTA) serta menghadapi persaingan global terutama dari China dan India.</p>

Latar belakang MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) diawali dari pertemuan di Bali pada tahun 2003 yang dihadiri oleh negara-negara anggota ASEAN gagasan itu hadir dengan untuk mewujudkan cita-cita kawasan yang mempunyai integritas ekonomi kuat mulai dirancang sebagai langkah awal dan diprediksikan dimulai tahun 2020. Namun apa yang terjadi pada pertemuan di Filipina yang digelar 13 Januari 2007, sejumlah negara yang tergabung dalam ASEAN mengambil sebuah kesepakatan dengan mempercepat pembentukan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

 

Dengan demikian latar belakang berdirinya MEA adalah persiapan menghadapi globalisasi ekonomi dan perdagangan melalui ASEAN Free Trade Area (AFTA) serta menghadapi persaingan global terutama dari China dan India.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

uang yang nilai intrinsiknya sama dengan nilai nominal disebut uang....

0

5.0

Jawaban terverifikasi