Anisa R

17 Juni 2022 07:58

Iklan

Anisa R

17 Juni 2022 07:58

Pertanyaan

Uraikan kelebihan dan kekurangan organisasi garis, organisasi fungsional, dan organisasi matriksl

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

01

:

20

:

38

:

00

Klaim

3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

A. Selvi

Mahasiswa/Alumni Politeknik Negeri Ujung Pandang

18 Juni 2022 01:32

Jawaban terverifikasi

1) Organisasi garis Organisasi Garis/ Lini adalah suatu bentuk organisasi dimana pelimpahan wewenang langsung secara vertikal dan sepenuhnya dari kepemimpinan terhadap bawahannya. Kelebihan: 1. Adanya kesatuan pemimpin, karena pimpinan hanya satu orang 2. Koordinasi mudah dijalankan 3. Pengambilan keputusan cepat 4. Garis pimpinan tegas 5. Disiplin karyawan tinggi 6. Solidaritas antar karyawan tinggi 7. Pengawasan dapat dilakukan dengan mudah Kekurangan: 1. Sulit membedakan tujuan organisasi dan tujuan pimpinan 2. Kecenderungan pimpinan untuk bertindak otoriter 3. Kesempatan karyawan untuk berkembang terbatas 4. Organisasi terlalu bergantung pada satu orang pimpinan 2) Organisasi fungsional adalah struktur organisasi yang disusun oleh perusahaan berdasarkan keahlian karyawan. Kelebihan: 1. Adanya spesialisasi dalam pekerjaan 2. Karyawan ditempatkan sesuai dengan bidang keahliannya 3. Efisiensi dan produktivitas dapat ditingkatkan 4. Solidaritas, moral, dan disiplin karyawan tinggi 5. Koordinasi secara menyeluruh diperlukan pada manajemen level atas Kelemahan: 1. Karyawan mudah jenuh dengan pekerjaan yang berulang tiap hari 2. Sulit melakukan koordinasi secara menyeluruh pada seluruh bidang 3) Struktur organisasi matriks adalah sebuah struktur organisasi yang merupakan penggabungan antara struktur organisasi fungsional dengan struktur organisasi divisional. Struktur ini digunakan untuk memudahkan pengembangan pelaksanaan beragam program atau proyek. Kelebihan: 1. Dapat menyesuaikan tingkat koordinasi sesuai tuntutan ganda lingkungan. 2. Pemanfaatan karyawan secara fleksibel disesuaikan dengan tuntutan pekerjaan. 3. Cocok diterapkan untuk pengambilan keputusan pada lingkungan yang tidak stabil. 4. Sesuai untuk ukuran organisasi sedang. Kekurangan: 1. Adanya wewenang ganda dapat menimbulkan kebingungan bagi karyawan. 2. Menghabiskan banyak waktu dan koordinasi. 3. Hanya bisa berjalan jika hubungan bersifat kolegial (yang memiliki kepentingan) dan bukan vertikal


Iklan

Adam B

27 September 2023 03:11

Berilah contoh analisis swot sederhana


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke AiRIS

Yuk, cobain chat dan belajar bareng AiRIS, teman pintarmu!

Chat AiRIS

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Salah satu faktor penghambat perdagangan internasional adalah ....

102

5.0

Jawaban terverifikasi