Era E

16 Februari 2024 14:08

Iklan

Iklan

Era E

16 Februari 2024 14:08

Pertanyaan

uraikan ciri-ciri teks inspiratif

uraikan ciri-ciri teks inspiratif


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

16 Februari 2024 22:36

Jawaban terverifikasi

<p>ciri-ciri teks inspiratif adalah memiliki alur cerita tertentu agar pembaca memahami cerita dan pesan yang terkandung. Mencakup amanat yang hendak disampaikan. Bersifat naratif karena menceritakan sesuatu atau seseorang yang menginspirasi. Umumnya menceritakan kisah suatu tokoh yang bisa menjadi suri teladan.</p>

ciri-ciri teks inspiratif adalah memiliki alur cerita tertentu agar pembaca memahami cerita dan pesan yang terkandung. Mencakup amanat yang hendak disampaikan. Bersifat naratif karena menceritakan sesuatu atau seseorang yang menginspirasi. Umumnya menceritakan kisah suatu tokoh yang bisa menjadi suri teladan.


Iklan

Iklan

Sumber W

Silver

16 Februari 2024 23:21

Jawaban terverifikasi

<p>&nbsp;</p><p>Teks inspirasi memiliki beberapa ciri, antara lain sebagai berikut:</p><p>&nbsp;</p><p>1. Umumnya diangkat dari kisah nyata</p><p>Teks inspirasi umumnya diangkat atau diadaptasi dari kisah nyata seorang tokoh. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran bahwa hal-hal positif yang terjadi dalam kisah tersebut, ternyata bisa juga dirasakan dan dilalui oleh pembaca. Tapi, ada juga teks inspirasi yang kisahnya merupakan cerita fiksi yang masih masuk akal.</p><p>&nbsp;</p><p>2. Memiliki tema tertentu</p><p>Selain kisah nyata, setiap bentuk tulisan teks inspiratif dapat dikembangkan dari satu tema tertentu menjadi kisah inspiratif yang menarik.</p><p>&nbsp;</p><p>3. Memiliki judul yang menarik</p><p>Setiap teks inspirasi harus memiliki judul yang memudahkan pembaca mengidentifikasi tentang gambaran isi teks.</p><p>&nbsp;</p><p>4. Memiliki alur yang menarik</p><p>Dalam teks inspiratif terdapat alur cerita yang memberikan pemahaman awal, inti, dan akhir cerita atau kisah. Oleh karena itu, teks inspirasi juga dapat disebut sebagai teks cerita karena adanya penggambaran urutan waktu kejadian yang dialami tokoh dari awal hingga akhir.</p><p>&nbsp;</p><p>5. Bersifat naratif</p><p>Teks inspiratif tentunya bersifat naratif karena menguraikan urutan kejadian suatu peristiwa. Salah satunya dibuktikan dengan adanya alur cerita.</p><p>&nbsp;</p><p>6. Ada tokoh inspiratif yang diceritakan</p><p>Pada teks inspiratif, terdapat tokoh cerita dengan beragam kisah hidup dan latar belakang yang dijadikan sebagai sumber inspirasi atau suri teladan bagi pembaca. Pada umumnya, tokoh dalam cerita inspiratif adalah manusia yang menorehkan segudang prestasi, memiliki pengaruh terhadap dunia, hingga seseorang dengan keterbatasan fisik karena tekadnya untuk terus berkarya dan menggapai kesuksesan. Tapi, ada juga tokoh inspiratif yang diwujudkan dalam bentuk tokoh fiksi atau binatang.</p>

 

Teks inspirasi memiliki beberapa ciri, antara lain sebagai berikut:

 

1. Umumnya diangkat dari kisah nyata

Teks inspirasi umumnya diangkat atau diadaptasi dari kisah nyata seorang tokoh. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran bahwa hal-hal positif yang terjadi dalam kisah tersebut, ternyata bisa juga dirasakan dan dilalui oleh pembaca. Tapi, ada juga teks inspirasi yang kisahnya merupakan cerita fiksi yang masih masuk akal.

 

2. Memiliki tema tertentu

Selain kisah nyata, setiap bentuk tulisan teks inspiratif dapat dikembangkan dari satu tema tertentu menjadi kisah inspiratif yang menarik.

 

3. Memiliki judul yang menarik

Setiap teks inspirasi harus memiliki judul yang memudahkan pembaca mengidentifikasi tentang gambaran isi teks.

 

4. Memiliki alur yang menarik

Dalam teks inspiratif terdapat alur cerita yang memberikan pemahaman awal, inti, dan akhir cerita atau kisah. Oleh karena itu, teks inspirasi juga dapat disebut sebagai teks cerita karena adanya penggambaran urutan waktu kejadian yang dialami tokoh dari awal hingga akhir.

 

5. Bersifat naratif

Teks inspiratif tentunya bersifat naratif karena menguraikan urutan kejadian suatu peristiwa. Salah satunya dibuktikan dengan adanya alur cerita.

 

6. Ada tokoh inspiratif yang diceritakan

Pada teks inspiratif, terdapat tokoh cerita dengan beragam kisah hidup dan latar belakang yang dijadikan sebagai sumber inspirasi atau suri teladan bagi pembaca. Pada umumnya, tokoh dalam cerita inspiratif adalah manusia yang menorehkan segudang prestasi, memiliki pengaruh terhadap dunia, hingga seseorang dengan keterbatasan fisik karena tekadnya untuk terus berkarya dan menggapai kesuksesan. Tapi, ada juga tokoh inspiratif yang diwujudkan dalam bentuk tokoh fiksi atau binatang.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

contoh teks deskripsi eksplantori

2

0.0

Jawaban terverifikasi