Athalia C

13 April 2024 05:23

Iklan

Iklan

Athalia C

13 April 2024 05:23

Pertanyaan

upaya pemerintah guna menghadapi pasar modal bidang pembangunan

upaya pemerintah guna menghadapi pasar modal bidang pembangunan

 


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Lulu K

14 April 2024 17:18

Jawaban terverifikasi

<p>Untuk menghadapi pasar modal bidang pembangunan, pemerintah Indonesia telah melakukan beberapa upaya, seperti:</p><ol><li><strong>Regulasi Kebijakan Pasar Modal</strong>: Pemerintah telah menerbitkan beberapa Peraturan OJK yang terkait stimulus relaksasi bagi pelaku industri, melakukan pelarangan short selling, dan membolehkan buyback.</li><li><strong>Penegakan Hukum</strong>: Pemerintah harus melakukan campur tangan dalam kegiatan pasar modal sebagai upaya mewujudkan perlindungan hukum yang memadai bagi investor, dalam bentuk penegakan hukum (enforcement of judgements).</li><li><strong>Meningkatkan Kapitalisasi Pasar dan Aktivitas Perdagangan</strong>: Pasar modal menjadi ukuran atas perkembangan perekonomian. Perkembangan kegiatan transaksi dalam bursa yang ditunjukan oleh suatu indeks dapat menjadi ukuran bagi kondisi perekonomian suatu negara secara keseluruhan.</li><li><strong>Meningkatkan Partisipasi Pemodal Asing dalam Pasar Domestic</strong>: Terintegrasinya pasar modal akan memberikan beberapa manfaat, antara lain meningkatkan partisipasi pemodal asing dalam pasar domestic.</li><li><strong>Meningkatkan Akses Ke Pasar Internasional</strong>: Terintegrasinya pasar modal akan memberikan beberapa manfaat, antara lain meningkatkan akses ke pasar internasional.</li><li><strong>Mendorong Pembiayaan Kreatif dalam Pembangunan Infrastruktur</strong>: PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PT PII) dan Bursa Efek Indonesia (BEI) telah mengadakan talkshow yang membahas inovasi dalam pembiayaan infrastruktur di Indonesia melalui peran Pasar Modal.</li><li><strong>Melakukan Deregulasi di Sektor Keuangan dan Perbankan: </strong>Pemerintah melakukan deregulasi di sektor keuangan dan perbankan termasuk pasar modal, yang meningkatkan minat emiten maupun investor secara drastis.</li></ol>

Untuk menghadapi pasar modal bidang pembangunan, pemerintah Indonesia telah melakukan beberapa upaya, seperti:

  1. Regulasi Kebijakan Pasar Modal: Pemerintah telah menerbitkan beberapa Peraturan OJK yang terkait stimulus relaksasi bagi pelaku industri, melakukan pelarangan short selling, dan membolehkan buyback.
  2. Penegakan Hukum: Pemerintah harus melakukan campur tangan dalam kegiatan pasar modal sebagai upaya mewujudkan perlindungan hukum yang memadai bagi investor, dalam bentuk penegakan hukum (enforcement of judgements).
  3. Meningkatkan Kapitalisasi Pasar dan Aktivitas Perdagangan: Pasar modal menjadi ukuran atas perkembangan perekonomian. Perkembangan kegiatan transaksi dalam bursa yang ditunjukan oleh suatu indeks dapat menjadi ukuran bagi kondisi perekonomian suatu negara secara keseluruhan.
  4. Meningkatkan Partisipasi Pemodal Asing dalam Pasar Domestic: Terintegrasinya pasar modal akan memberikan beberapa manfaat, antara lain meningkatkan partisipasi pemodal asing dalam pasar domestic.
  5. Meningkatkan Akses Ke Pasar Internasional: Terintegrasinya pasar modal akan memberikan beberapa manfaat, antara lain meningkatkan akses ke pasar internasional.
  6. Mendorong Pembiayaan Kreatif dalam Pembangunan Infrastruktur: PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PT PII) dan Bursa Efek Indonesia (BEI) telah mengadakan talkshow yang membahas inovasi dalam pembiayaan infrastruktur di Indonesia melalui peran Pasar Modal.
  7. Melakukan Deregulasi di Sektor Keuangan dan Perbankan: Pemerintah melakukan deregulasi di sektor keuangan dan perbankan termasuk pasar modal, yang meningkatkan minat emiten maupun investor secara drastis.

Athalia C

14 April 2024 17:38

sangat membantu trimakasii kak

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

21 April 2024 11:18

Jawaban terverifikasi

<p>Pemerintah dapat mengambil beberapa upaya untuk menghadapi pasar modal dalam bidang pembangunan, antara lain:</p><p>Kebijakan Fiskal: Pemerintah dapat menggunakan kebijakan fiskal, seperti insentif pajak atau pengeluaran infrastruktur, untuk mendorong investasi dalam sektor pembangunan. Ini dapat menciptakan permintaan untuk instrumen keuangan yang terkait dengan pembangunan, seperti obligasi infrastruktur.</p><p>Pengaturan dan Kebijakan Pasar Modal: Pemerintah dapat mengadopsi kebijakan yang mendukung pertumbuhan pasar modal, termasuk peraturan yang memfasilitasi akses pasar modal bagi perusahaan pembangunan dan pengembang infrastruktur.</p><p>Kemitraan Publik-Privat (PPP): Pemerintah dapat mempromosikan kemitraan publik-privat untuk proyek pembangunan besar-besaran, di mana modal swasta dapat diundang untuk berpartisipasi dalam pendanaan proyek infrastruktur.</p><p>Program Investasi: Pemerintah dapat meluncurkan program investasi yang ditujukan untuk proyek-proyek pembangunan strategis, seperti pembangunan jalan, jembatan, pelabuhan, dan lainnya, untuk menarik minat investor di pasar modal.</p><p>Edukasi dan Promosi: Pemerintah dapat meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang pasar modal dan potensi investasi dalam pembangunan melalui program edukasi dan promosi yang tepat.</p>

Pemerintah dapat mengambil beberapa upaya untuk menghadapi pasar modal dalam bidang pembangunan, antara lain:

Kebijakan Fiskal: Pemerintah dapat menggunakan kebijakan fiskal, seperti insentif pajak atau pengeluaran infrastruktur, untuk mendorong investasi dalam sektor pembangunan. Ini dapat menciptakan permintaan untuk instrumen keuangan yang terkait dengan pembangunan, seperti obligasi infrastruktur.

Pengaturan dan Kebijakan Pasar Modal: Pemerintah dapat mengadopsi kebijakan yang mendukung pertumbuhan pasar modal, termasuk peraturan yang memfasilitasi akses pasar modal bagi perusahaan pembangunan dan pengembang infrastruktur.

Kemitraan Publik-Privat (PPP): Pemerintah dapat mempromosikan kemitraan publik-privat untuk proyek pembangunan besar-besaran, di mana modal swasta dapat diundang untuk berpartisipasi dalam pendanaan proyek infrastruktur.

Program Investasi: Pemerintah dapat meluncurkan program investasi yang ditujukan untuk proyek-proyek pembangunan strategis, seperti pembangunan jalan, jembatan, pelabuhan, dan lainnya, untuk menarik minat investor di pasar modal.

Edukasi dan Promosi: Pemerintah dapat meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang pasar modal dan potensi investasi dalam pembangunan melalui program edukasi dan promosi yang tepat.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa saja pola konsumsi masyarakat

3

0.0

Jawaban terverifikasi