Kmlh K

25 Juli 2023 10:09

Iklan

Kmlh K

25 Juli 2023 10:09

Pertanyaan

Tuliskan tumbuhan yang penyerbukannya harus dibantu manusia Minimal 2 ya ges Mau mapel apa lagi?

Tuliskan tumbuhan yang penyerbukannya harus dibantu manusia 

Minimal 2 ya ges

Mau mapel apa lagi? 

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

02

:

01

:

38

:

20

Klaim

1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Vincent M

Community

25 Juli 2023 10:44

Jawaban terverifikasi

<p>Tumbuhan yang melakukan penyerbukan membutuhkan bantuan manusia atau disebut antropogami. Penyerbukan yang dibantu manusia biasanya terjadi pada tanaman yang serbuk sarinya sulit untuk bertemu dengan putik. Contoh tanamannya yaitu bunga vanili dan anggrek.</p>

Tumbuhan yang melakukan penyerbukan membutuhkan bantuan manusia atau disebut antropogami. Penyerbukan yang dibantu manusia biasanya terjadi pada tanaman yang serbuk sarinya sulit untuk bertemu dengan putik. Contoh tanamannya yaitu bunga vanili dan anggrek.


Kmlh K

25 Juli 2023 10:47

makasih ya

Iklan

Rendi R

Community

25 Juli 2023 10:31

Jawaban terverifikasi

<p>maaf klo salah jwbannya</p><p>&nbsp;</p><p>contoh tumbuhan yang penyerbukannya harus dibantu manusia:</p><p>&nbsp;</p><p>1. Tanaman Tomat (Solanum lycopersicum): Tomat merupakan tumbuhan yang penyerbukannya memerlukan bantuan manusia. Tanaman tomat memiliki bunga yang tertutup dengan tepat sehingga tidak dapat diakses oleh serangga penyerbuk. Oleh karena itu, untuk memastikan terjadinya penyerbukan, petani biasanya melakukan penyerbukan buatan dengan cara menggoyangkan tanaman agar serbuk sari dari bunga jantan (stamen) terlepas dan jatuh ke bunga betina (pistil).</p><p>&nbsp;</p><p>2. Jeruk (Citrus sinensis): Jeruk juga termasuk tumbuhan yang penyerbukannya harus dibantu oleh manusia. Bunga jeruk memiliki struktur yang sama dengan tomat, yaitu tertutup rapat sehingga serangga penyerbuk kesulitan untuk mengaksesnya. Oleh karena itu, petani sering melakukan penyerbukan buatan pada tanaman jeruk untuk memastikan pembuahan yang baik dan hasil panen yang optimal.</p><p>&nbsp;</p><p>3. Kedelai (Glycine max): Kedelai merupakan tanaman yang penyerbukannya harus dibantu manusia karena bunga kedelai memiliki struktur tertutup yang menyebabkan sulitnya penyerbukan secara alami oleh serangga atau angin. Oleh karena itu, petani sering menggunakan teknik penyerbukan buatan untuk memastikan polinasi dan pembuahan pada tanaman kedelai.</p><p>&nbsp;</p><p>4. Vanili (Vanilla planifolia): Tanaman vanili juga memerlukan penyerbukan yang dibantu manusia. Bunga vanili memiliki struktur yang rumit dan terbatas, sehingga tidak mudah diserbu oleh serangga penyerbuk. Di alam liar, penyerbukan vanili biasanya dilakukan oleh spesies lebah tertentu, tetapi untuk kebun vanili yang dibudidayakan, penyerbukan sering dilakukan secara manual dengan menggunakan sikat atau tusukan halus untuk memindahkan serbuk sari dari antera ke putik bunga.</p>

maaf klo salah jwbannya

 

contoh tumbuhan yang penyerbukannya harus dibantu manusia:

 

1. Tanaman Tomat (Solanum lycopersicum): Tomat merupakan tumbuhan yang penyerbukannya memerlukan bantuan manusia. Tanaman tomat memiliki bunga yang tertutup dengan tepat sehingga tidak dapat diakses oleh serangga penyerbuk. Oleh karena itu, untuk memastikan terjadinya penyerbukan, petani biasanya melakukan penyerbukan buatan dengan cara menggoyangkan tanaman agar serbuk sari dari bunga jantan (stamen) terlepas dan jatuh ke bunga betina (pistil).

 

2. Jeruk (Citrus sinensis): Jeruk juga termasuk tumbuhan yang penyerbukannya harus dibantu oleh manusia. Bunga jeruk memiliki struktur yang sama dengan tomat, yaitu tertutup rapat sehingga serangga penyerbuk kesulitan untuk mengaksesnya. Oleh karena itu, petani sering melakukan penyerbukan buatan pada tanaman jeruk untuk memastikan pembuahan yang baik dan hasil panen yang optimal.

 

3. Kedelai (Glycine max): Kedelai merupakan tanaman yang penyerbukannya harus dibantu manusia karena bunga kedelai memiliki struktur tertutup yang menyebabkan sulitnya penyerbukan secara alami oleh serangga atau angin. Oleh karena itu, petani sering menggunakan teknik penyerbukan buatan untuk memastikan polinasi dan pembuahan pada tanaman kedelai.

 

4. Vanili (Vanilla planifolia): Tanaman vanili juga memerlukan penyerbukan yang dibantu manusia. Bunga vanili memiliki struktur yang rumit dan terbatas, sehingga tidak mudah diserbu oleh serangga penyerbuk. Di alam liar, penyerbukan vanili biasanya dilakukan oleh spesies lebah tertentu, tetapi untuk kebun vanili yang dibudidayakan, penyerbukan sering dilakukan secara manual dengan menggunakan sikat atau tusukan halus untuk memindahkan serbuk sari dari antera ke putik bunga.


Kmlh K

25 Juli 2023 10:46

makasih ya, nnti aku cek y

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan