Rafael M

20 April 2024 16:53

Iklan

Iklan

Rafael M

20 April 2024 16:53

Pertanyaan

Tuliskan sebanyak-banyaknya penerapan dari sifat koligatif larutan pada penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku, dan tekanan osmotik!


13

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

ItsmeJacky I

21 April 2024 01:29

Jawaban terverifikasi

<p><strong>1. Penurunan Tekanan Uap</strong>:</p><ul><li><strong>Kolam Apung</strong>: Contoh penurunan tekanan uap terjadi di Laut Mati. Kadar garam yang tinggi di Laut Mati menyebabkan penurunan tekanan uap. Orang yang berenang di Laut Mati tidak akan tenggelam karena kosentrasi garamnya sangat tinggi. Prinsip yang sama juga diterapkan pada beberapa tempat wisata di Indonesia, seperti kolam apung di Atlantis Water Adventure, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta.</li><li><strong>Mendapatkan Benzena Murni</strong>: Bahan bakar pesawat bernama avgas (aviation gasoline) atau bensol mengandung benzena. Untuk mendapatkan benzena murni, digunakan pemisahan campuran dengan cara distilasi bertingkat berdasarkan perbedaan tekanan uap antara zat pelarut dan zat terlarut.</li></ul><p><strong>2. Penurunan Titik Beku</strong>:</p><ul><li><strong>Membuat Campuran Pendingin</strong>: Campuran pendingin digunakan dalam pembuatan es krim dan es puter. Campuran ini memiliki titik beku jauh di bawah 0 derajat Celsius. Garam dapur dicampur dengan air untuk menciptakan campuran pendingin yang menurunkan suhu dan memungkinkan pembuatan es krim.</li><li><strong>Membuat Zat Anti Beku pada Radiator Mobil</strong>: Di daerah beriklim dingin, air radiator di kendaraan mudah membeku. Untuk mencegah kerusakan, etilen glikol ditambahkan sebagai zat anti beku ke dalam air radiator.</li></ul><p><strong>3. Kenaikan Titik Didih</strong>:</p><ul><li><strong>Desalinasi Air Laut</strong>: Proses desalinasi mengubah air laut menjadi air tawar dengan memanfaatkan kenaikan titik didih. Ini terjadi karena meningkatnya konsentrasi partikel dalam larutan.</li><li><strong>Membuat Es Krim</strong>: Pada pembuatan es krim, campuran garam dapur dengan es batu menurunkan suhu dan memperpanjang waktu pembekuan es krim.</li></ul><p><strong>4. Tekanan Osmotik</strong>:</p><ul><li><strong>Naiknya Air Tanah melalui Akar Tanaman</strong>: Proses osmosis memungkinkan air tanah naik melalui akar tanaman karena tekanan osmotik.</li><li><strong>Penggunaan Cairan Tetes Mata</strong>: Cairan tetes mata mengandung zat-zat yang memanfaatkan tekanan osmotik untuk meredakan iritasi mata.</li></ul><p><br>&nbsp;</p>

1. Penurunan Tekanan Uap:

  • Kolam Apung: Contoh penurunan tekanan uap terjadi di Laut Mati. Kadar garam yang tinggi di Laut Mati menyebabkan penurunan tekanan uap. Orang yang berenang di Laut Mati tidak akan tenggelam karena kosentrasi garamnya sangat tinggi. Prinsip yang sama juga diterapkan pada beberapa tempat wisata di Indonesia, seperti kolam apung di Atlantis Water Adventure, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta.
  • Mendapatkan Benzena Murni: Bahan bakar pesawat bernama avgas (aviation gasoline) atau bensol mengandung benzena. Untuk mendapatkan benzena murni, digunakan pemisahan campuran dengan cara distilasi bertingkat berdasarkan perbedaan tekanan uap antara zat pelarut dan zat terlarut.

2. Penurunan Titik Beku:

  • Membuat Campuran Pendingin: Campuran pendingin digunakan dalam pembuatan es krim dan es puter. Campuran ini memiliki titik beku jauh di bawah 0 derajat Celsius. Garam dapur dicampur dengan air untuk menciptakan campuran pendingin yang menurunkan suhu dan memungkinkan pembuatan es krim.
  • Membuat Zat Anti Beku pada Radiator Mobil: Di daerah beriklim dingin, air radiator di kendaraan mudah membeku. Untuk mencegah kerusakan, etilen glikol ditambahkan sebagai zat anti beku ke dalam air radiator.

3. Kenaikan Titik Didih:

  • Desalinasi Air Laut: Proses desalinasi mengubah air laut menjadi air tawar dengan memanfaatkan kenaikan titik didih. Ini terjadi karena meningkatnya konsentrasi partikel dalam larutan.
  • Membuat Es Krim: Pada pembuatan es krim, campuran garam dapur dengan es batu menurunkan suhu dan memperpanjang waktu pembekuan es krim.

4. Tekanan Osmotik:

  • Naiknya Air Tanah melalui Akar Tanaman: Proses osmosis memungkinkan air tanah naik melalui akar tanaman karena tekanan osmotik.
  • Penggunaan Cairan Tetes Mata: Cairan tetes mata mengandung zat-zat yang memanfaatkan tekanan osmotik untuk meredakan iritasi mata.


 


Rafael M

21 April 2024 06:31

Terima kasih ItsmeJacky I!

— Tampilkan 1 balasan lainnya

Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Hasil penyulingan minyak bumi yang di gunakan pada bahan bakar bermotor adalah … . A. banyak Atom C antara 1 - 4 dan titik didih di bawah 40oC B. banyak Atom C antara 26 - 28 dan titik didih di bawah 40oC C. banyak Atom C antara 2 - 3 dan titik didih di bawah 100oC D. banyak Atom C antara 5 - 10 dan titik didih di antara 40oC - 180oC E. banyak Atom C antara 6 - 12 dan titik didih di atas 180oC

3

0.0

Jawaban terverifikasi