Nadya S

28 Januari 2023 07:36

Iklan

Iklan

Nadya S

28 Januari 2023 07:36

Pertanyaan

Tuliskan nama bangun ruang untuk benda- benda berikut!

alt

0

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

S. SheilaTeacherAssisstant

Mahasiswa/Alumni Universitas Pancasila

22 Agustus 2023 09:46

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Jawaban: prisma segitiga.</strong></p><p>&nbsp;</p><p><strong>Ingat!</strong></p><p><strong>Bangun ruang adalah sebuah bangun 3 dimensi yang memiliki volume didalamnya.</strong> Penamaan bangun ruang tergantung pada bentuk bangun datar sisi alasnya. Bangun ruang secara garis besar terdiri atas dua bentuk yaitu prisma dan limas.</p><ul><li><strong>Prisma adalah </strong>bangun ruang yang memiliki bidang alas serta bidang atas sejajar dan kongruen dimana kedua bidang tersebut dihubungkan dengan sisi tegak yang berbentuk persegi panjang atau jajargenjang. <strong>Contoh: </strong>kubus, balok, tabung, prisma segitiga.</li><li><strong>Limas adalah </strong>bangun ruang yang alasnya berbentuk segibanyak (segitiga, segiempat, segilima, dan lain-lain) dan bidang sisi tegaknya berbentuk segitiga yang berpotongan pada satu titik yang merupakan titik puncak limas. <strong>Contoh: </strong>kerucut, limas segiempat, dan limas segitiga.</li></ul><p>&nbsp;</p><p><strong>Bangun di atas, sisi alas dan sisi atasnya berbentuk segitiga dan dihubungkan dengan sisi tegak yang berbentuk persegi panjang.&nbsp;</strong></p><p>&nbsp;</p><p><strong><u>Dengan demikian, nama bangun ruang di atas adalah prisma segitiga.</u></strong></p>

Jawaban: prisma segitiga.

 

Ingat!

Bangun ruang adalah sebuah bangun 3 dimensi yang memiliki volume didalamnya. Penamaan bangun ruang tergantung pada bentuk bangun datar sisi alasnya. Bangun ruang secara garis besar terdiri atas dua bentuk yaitu prisma dan limas.

  • Prisma adalah bangun ruang yang memiliki bidang alas serta bidang atas sejajar dan kongruen dimana kedua bidang tersebut dihubungkan dengan sisi tegak yang berbentuk persegi panjang atau jajargenjang. Contoh: kubus, balok, tabung, prisma segitiga.
  • Limas adalah bangun ruang yang alasnya berbentuk segibanyak (segitiga, segiempat, segilima, dan lain-lain) dan bidang sisi tegaknya berbentuk segitiga yang berpotongan pada satu titik yang merupakan titik puncak limas. Contoh: kerucut, limas segiempat, dan limas segitiga.

 

Bangun di atas, sisi alas dan sisi atasnya berbentuk segitiga dan dihubungkan dengan sisi tegak yang berbentuk persegi panjang. 

 

Dengan demikian, nama bangun ruang di atas adalah prisma segitiga.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Perhatikan gambar diatas ! Bila panjang OP = 13 cm dan jari -jari lingkaran = 5 cm Hitunglah panjang garis singgung AP !

70

5.0

Jawaban terverifikasi