Anonim A

14 Maret 2024 06:45

Iklan

Iklan

Anonim A

14 Maret 2024 06:45

Pertanyaan

Tuliskan keputusan tuntutan-tuntutan golongan muda yang dihasilkan dalam rapat pada 15 Agustus 1945 di Gedung Bakteriologi di Jl. Pegangsaan Timur No. 13, Jakarta!

Tuliskan keputusan tuntutan-tuntutan golongan muda yang dihasilkan dalam rapat pada 15 Agustus 1945 di Gedung Bakteriologi di Jl. Pegangsaan Timur No. 13, Jakarta!


11

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

14 Maret 2024 08:51

Jawaban terverifikasi

<p><br>Pada rapat yang diadakan pada 15 Agustus 1945 di Gedung Bakteriologi di Jl. Pegangsaan Timur No. 13, Jakarta, golongan muda Indonesia menghasilkan beberapa tuntutan yang menjadi dasar bagi perjuangan menuju kemerdekaan. Beberapa keputusan yang dihasilkan dalam rapat tersebut antara lain:</p><p><strong>Menuntut Kemerdekaan</strong>: Golongan muda menyatakan tekad untuk mencapai kemerdekaan Indonesia secara penuh dan merdeka.</p><p><strong>Menentang Kembalinya Pemerintahan Belanda</strong>: Golongan muda menolak kembalinya pemerintahan kolonial Belanda ke Indonesia dan menegaskan bahwa masa kolonial harus berakhir.</p><p><strong>Mengakui Proklamasi Kemerdekaan</strong>: Golongan muda mengakui dan mendukung Proklamasi Kemerdekaan yang diumumkan pada tanggal 17 Agustus 1945.</p><p><strong>Menegaskan Kedaulatan Rakyat</strong>: Golongan muda menegaskan bahwa kedaulatan negara Indonesia berada di tangan rakyat, bukan di tangan pemerintahan kolonial atau asing.</p><p><strong>Menyuarakan Solidaritas Nasional</strong>: Golongan muda menekankan pentingnya solidaritas nasional di antara semua elemen masyarakat Indonesia dalam perjuangan menuju kemerdekaan.</p><p><strong>Menuntut Kemerdekaan Tanpa Syarat</strong>: Golongan muda menegaskan bahwa kemerdekaan Indonesia harus diperoleh tanpa syarat apapun dari pihak asing, termasuk dari Jepang yang saat itu masih berada di bawah kendali Sekutu.</p><p><br>&nbsp;</p>


Pada rapat yang diadakan pada 15 Agustus 1945 di Gedung Bakteriologi di Jl. Pegangsaan Timur No. 13, Jakarta, golongan muda Indonesia menghasilkan beberapa tuntutan yang menjadi dasar bagi perjuangan menuju kemerdekaan. Beberapa keputusan yang dihasilkan dalam rapat tersebut antara lain:

Menuntut Kemerdekaan: Golongan muda menyatakan tekad untuk mencapai kemerdekaan Indonesia secara penuh dan merdeka.

Menentang Kembalinya Pemerintahan Belanda: Golongan muda menolak kembalinya pemerintahan kolonial Belanda ke Indonesia dan menegaskan bahwa masa kolonial harus berakhir.

Mengakui Proklamasi Kemerdekaan: Golongan muda mengakui dan mendukung Proklamasi Kemerdekaan yang diumumkan pada tanggal 17 Agustus 1945.

Menegaskan Kedaulatan Rakyat: Golongan muda menegaskan bahwa kedaulatan negara Indonesia berada di tangan rakyat, bukan di tangan pemerintahan kolonial atau asing.

Menyuarakan Solidaritas Nasional: Golongan muda menekankan pentingnya solidaritas nasional di antara semua elemen masyarakat Indonesia dalam perjuangan menuju kemerdekaan.

Menuntut Kemerdekaan Tanpa Syarat: Golongan muda menegaskan bahwa kemerdekaan Indonesia harus diperoleh tanpa syarat apapun dari pihak asing, termasuk dari Jepang yang saat itu masih berada di bawah kendali Sekutu.


 


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

21 Maret 2024 12:44

Jawaban terverifikasi

<p><br>Keputusan tuntutan-tuntutan golongan muda yang dihasilkan dalam rapat pada 15 Agustus 1945 di Gedung Bakteriologi di Jl. Pegangsaan Timur No. 13, Jakarta, juga dikenal sebagai "Sumpah Pemuda 1945", mencakup tiga tuntutan utama:</p><p><strong>Kemerdekaan Indonesia</strong>: Golongan muda menuntut kemerdekaan bagi Indonesia secara menyeluruh. Mereka menegaskan bahwa Indonesia harus merdeka dan berdaulat sebagai negara yang merdeka tanpa campur tangan asing.</p><p><strong>Penolakan Terhadap Kolonialisme dan Imperialisme</strong>: Golongan muda menolak segala bentuk kolonialisme dan imperialisme, baik yang dilakukan oleh Belanda maupun oleh negara-negara lain. Mereka menyerukan agar Indonesia bebas dari penindasan asing dan mengelola nasibnya sendiri.</p><p><strong>Persatuan Bangsa Indonesia</strong>: Golongan muda menyadari pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan. Mereka menekankan bahwa semua elemen masyarakat Indonesia, tanpa memandang perbedaan suku, agama, atau latar belakang lainnya, harus bersatu dalam perjuangan menuju kemerdekaan.</p><p><br>&nbsp;</p>


Keputusan tuntutan-tuntutan golongan muda yang dihasilkan dalam rapat pada 15 Agustus 1945 di Gedung Bakteriologi di Jl. Pegangsaan Timur No. 13, Jakarta, juga dikenal sebagai "Sumpah Pemuda 1945", mencakup tiga tuntutan utama:

Kemerdekaan Indonesia: Golongan muda menuntut kemerdekaan bagi Indonesia secara menyeluruh. Mereka menegaskan bahwa Indonesia harus merdeka dan berdaulat sebagai negara yang merdeka tanpa campur tangan asing.

Penolakan Terhadap Kolonialisme dan Imperialisme: Golongan muda menolak segala bentuk kolonialisme dan imperialisme, baik yang dilakukan oleh Belanda maupun oleh negara-negara lain. Mereka menyerukan agar Indonesia bebas dari penindasan asing dan mengelola nasibnya sendiri.

Persatuan Bangsa Indonesia: Golongan muda menyadari pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan. Mereka menekankan bahwa semua elemen masyarakat Indonesia, tanpa memandang perbedaan suku, agama, atau latar belakang lainnya, harus bersatu dalam perjuangan menuju kemerdekaan.


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

PEMBALAKAN LIAR Pembalakan liar atau penebangan liar (bahasa Inggris: ilegal logging) adalah kegiatan penebangan, pengangkutan, dan penjualan kayu yang tidak sah atau tidak memiliki izin dari otoritas setempat. Walaupun angka penebangan liar yang pasti sulit didapatkan karena aktivitasnya yang tidak sah, beberapa sumber terpercaya mengindikasikan bahwa lebih dari setengah semua kegiatan penebangan liar di dunia terjadi di wilayah- wilayah daerah aliran Sungai Amazon, Afrika Tengah, Usia Tenggara, Rusia, dan beberapa Negara Balkan. Sebuah studi kerjasama antara Britania Raya dengan Indonesia mengindikasikan bahwa sekitar 40 %dari seluruh kegiatan penebangan adalah liar, dengan nilai mencapai 365 juta dolar AS. Studi yang lebih baru membandingkan penebangan sah dengan konsumsi domestik ditambah dengan ekspor mengindikasikan bahwa 88% dari seluruh kegiatan penebangan merupakan penebangan liar. Malaysia merupakan tempat transit utama produk kayu ilegal dari Indonesia. Dampak pembalakan liar ini sangat signifikan. Data yang dikeluarkan Bank Dunia menunjukkan bahwa Indonesia telah kehilangan hutan sekitar 1,5 juta hektar setiap tahun. Hutan yang rusak dan tidak dapat berfungsi optimal telah mencapai 59,6 juta hektar dari 120,35 juta hektar kawasan hutan di Indonesia. Pertanyaan : 1. Tuliskan masalah yang ditanggapi dalam teks tersebut! 2. Tuliskan pendukung argumen adanya pembalakan liar yang tertulis pada teks tersebut! 3. Tuliskan dampak pembalakan liar bagi keadaan hutan di Indonesia! 4. Cermati paragraf pertama teks di atas! Tuliskan satu kalimat kompleks! 5. Cermati paragraf kedua teks tersebut! Tuliskan satu kalimat tunggal!

18

5.0

Jawaban terverifikasi