Raphael G

21 Februari 2024 06:44

Iklan

Iklan

Raphael G

21 Februari 2024 06:44

Pertanyaan

Tuliskan keberhasilan Kabinet Ali

Tuliskan keberhasilan Kabinet Ali


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

BapaknyaGes B

21 Februari 2024 06:47

Jawaban terverifikasi

<p>Beberapa keberhasilan yang dicapai oleh kabinet ini adalah:</p><ul><li>Merampungkan persiapan pemilihan umum (pemilu) pertama di Indonesia yang diadakan pada tahun 1955<sup>123</sup>.</li><li>Memperbaiki hubungan dengan Cina yang sempat memburuk akibat perang Korea dan isu komunisme<sup>13</sup>. Kabinet ini juga berhasil menegosiasikan pengembalian aset Indonesia yang disita oleh Cina sejak zaman kolonial Belanda<sup>3</sup>.</li><li>Menyelenggarakan Konferensi Asia-Afrika (KAA) di Bandung pada tahun 1955, yang merupakan pertemuan bersejarah antara 29 negara Asia dan Afrika yang baru merdeka atau sedang berjuang untuk kemerdekaan<sup>123</sup>. Konferensi ini melahirkan prinsip-prinsip dasar kerjasama antara negara-negara Asia-Afrika, yang dikenal sebagai Dasasila Bandung<sup>3</sup>. Konferensi ini juga menegaskan sikap politik luar negeri Indonesia yang bebas dan aktif<sup>1</sup></li></ul>

Beberapa keberhasilan yang dicapai oleh kabinet ini adalah:

  • Merampungkan persiapan pemilihan umum (pemilu) pertama di Indonesia yang diadakan pada tahun 1955123.
  • Memperbaiki hubungan dengan Cina yang sempat memburuk akibat perang Korea dan isu komunisme13. Kabinet ini juga berhasil menegosiasikan pengembalian aset Indonesia yang disita oleh Cina sejak zaman kolonial Belanda3.
  • Menyelenggarakan Konferensi Asia-Afrika (KAA) di Bandung pada tahun 1955, yang merupakan pertemuan bersejarah antara 29 negara Asia dan Afrika yang baru merdeka atau sedang berjuang untuk kemerdekaan123. Konferensi ini melahirkan prinsip-prinsip dasar kerjasama antara negara-negara Asia-Afrika, yang dikenal sebagai Dasasila Bandung3. Konferensi ini juga menegaskan sikap politik luar negeri Indonesia yang bebas dan aktif1

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

21 Februari 2024 23:56

Jawaban terverifikasi

<p>Kabinet Ali merupakan kabinet yang bertugas pada periode tahun 1959-1966 di Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Sukarno. Keberhasilan atau evaluasi terhadap suatu pemerintahan bisa dilihat dari beberapa aspek, dan dalam konteks Kabinet Ali, beberapa hal yang dianggap berhasil antara lain:</p><p><strong>Stabilitas Politik:</strong> Kabinet Ali dapat dianggap berhasil dalam menjaga stabilitas politik pada awal masa pemerintahannya. Masa ini merupakan periode pemulihan setelah krisis politik pada tahun 1950-an.</p><p><strong>Reformasi Agraria:</strong> Kabinet Ali terlibat dalam upaya reformasi agraria yang mencoba mendistribusikan tanah kepada petani kecil. Meskipun pencapaian konkrit mungkin terbatas, namun upaya ini menunjukkan perhatian terhadap isu agraria yang penting.</p><p><strong>Pembangunan Infrastruktur:</strong> Sejumlah proyek pembangunan infrastruktur dilakukan, terutama dalam hal transportasi dan energi. Meskipun proyek ini tidak selalu berjalan mulus, tetapi beberapa di antaranya menciptakan landasan penting untuk pembangunan di masa mendatang.</p><p><strong>Prestasi Internasional:</strong> Kabinet Ali juga berhasil membawa Indonesia tampil di dunia internasional. Terlibat dalam Konferensi Asia-Afrika di Bandung tahun 1955 dan berperan sebagai mediator dalam beberapa konflik internasional.</p><p><strong>Pemberdayaan Nasionalisme:</strong> Pemerintahan Kabinet Ali mencoba memperkuat semangat nasionalisme dan kemandirian bangsa Indonesia. Ini tercermin dalam kebijakan politik luar negeri yang aktif dan hubungan dengan negara-negara yang mendukung prinsip kemerdekaan dan anti-imperialisme.</p>

Kabinet Ali merupakan kabinet yang bertugas pada periode tahun 1959-1966 di Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Sukarno. Keberhasilan atau evaluasi terhadap suatu pemerintahan bisa dilihat dari beberapa aspek, dan dalam konteks Kabinet Ali, beberapa hal yang dianggap berhasil antara lain:

Stabilitas Politik: Kabinet Ali dapat dianggap berhasil dalam menjaga stabilitas politik pada awal masa pemerintahannya. Masa ini merupakan periode pemulihan setelah krisis politik pada tahun 1950-an.

Reformasi Agraria: Kabinet Ali terlibat dalam upaya reformasi agraria yang mencoba mendistribusikan tanah kepada petani kecil. Meskipun pencapaian konkrit mungkin terbatas, namun upaya ini menunjukkan perhatian terhadap isu agraria yang penting.

Pembangunan Infrastruktur: Sejumlah proyek pembangunan infrastruktur dilakukan, terutama dalam hal transportasi dan energi. Meskipun proyek ini tidak selalu berjalan mulus, tetapi beberapa di antaranya menciptakan landasan penting untuk pembangunan di masa mendatang.

Prestasi Internasional: Kabinet Ali juga berhasil membawa Indonesia tampil di dunia internasional. Terlibat dalam Konferensi Asia-Afrika di Bandung tahun 1955 dan berperan sebagai mediator dalam beberapa konflik internasional.

Pemberdayaan Nasionalisme: Pemerintahan Kabinet Ali mencoba memperkuat semangat nasionalisme dan kemandirian bangsa Indonesia. Ini tercermin dalam kebijakan politik luar negeri yang aktif dan hubungan dengan negara-negara yang mendukung prinsip kemerdekaan dan anti-imperialisme.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

jelaskan tentang menganalisis tetang konsep karakter holistik

0

0.0

Jawaban terverifikasi