Fahriel M

14 Mei 2020 09:29

Iklan

Iklan

Fahriel M

14 Mei 2020 09:29

Pertanyaan

Tuliskan beberapa koleksi jejak-jejak sejarah Jenderal Sudirman di museum Vredeburg yang menjadi saksi dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia!


20

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

P. Rafika

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

28 Januari 2022 10:55

Jawaban terverifikasi

Hai Fahriel M., kakak bantu jawab ya. Beberapa koleksi yang menjadi jejak perjuangan Jenderal Sudirman di museum Vredeburg adalah sebagai berikut: 1. Kendil Dalung 2. Keris Kiai Slamet 3. Perlengkapan dapur milik ibu Projo Pranoto. 4. Meja kursi tamu dan peralatan minum milik Imam Supardi. 5. Tempat tidur milik Hadi Siswanto. Untuk lebih detailnya, yuk simak penjelasan berikut. 1. Kendil Dalung milik Mbah Sayuk. Saat perjalanan gerilya sampai di palihan rombongan beristirahat di rumah mbah Marto Prawiro atau mbah sayuk. Rombongan gerilyawan disuguhi 3 butir telur yang direbus menggunakan kendil Dalung. 2. Keris Kyai Slamet milik Sartono. Saat rombongan gerilyawan menginap di rumah mbah Sayuk, Jenderal Soedirman memanggil Sartono untuk ikut menjaga keselamatannya dengan menggunakan keris 3. Kyai Slamet ini. Perlengkapan dapur milik ibu Projo Pranoto. Perlengkapan dapur ini yang berjasa menyiapkan hidangan untuk makan para gerilyawan yang bermalam di Semanu. 4. Meja kursi tamu dan peralatan minum milik Imam Supardi. Meja kursi tamu dan peralatan minum milik Imam Supardi yang digunakan Panglima Besar Jenderal Sudirman saat menerima penjemputan pertama oleh Letkol Soeharto. 5. Tempat tidur milik Hadi Siswanto. Tempat tidur milik Hadi Siswanto dipinjamkan untuk tempat beristirahat Jenderal Sudirman. Demi menjaga kesehatan kondisi Panglima jenderal Sudirman maka diputuskan untuk bermalam di daerah Piyungan tepatnya di rumah Hadi Siswanto. Semoga membantu ya..


Iklan

Iklan

Kaisa K

17 Mei 2020 23:14

- keris kiai Slamet milik bapak Sartono - tempat tidur milik bapak hadi siswanto untuk menjaga kesehatan jendral Sudirman - meja,kursi tamu milik bapak imam supardi - alat masak milik ibu Projo pranoto


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa yang dimaksud dengan satelit

2

0.0

Jawaban terverifikasi