Era E

27 Februari 2024 13:23

Iklan

Iklan

Era E

27 Februari 2024 13:23

Pertanyaan

Tolong ya

Tolong ya 

alt

16

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Sumber W

Silver

27 Februari 2024 15:06

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang tepat adalah A</p><p>&nbsp;</p><p>Penjelasan :</p><p>Kekurangan pada masa Orde Baru adalah sebagai berikut :</p><ol><li>Meningkatnya kasus korupsi, kolusi, dan nepotisme pada semua kalangan masyarakat.</li><li>Pembangunan negara tidak merata, dan terdapat perbedaan yang signifikan antara pembangunan pada pusat dan di daerah. Kekayaan daerah banyak digunakan untuk melakukan pembangunan pada pusat kota.</li><li>Hak Asasi Manusia masih banyak dikekang, dan kekerasan banyak digunakan sebagai solusiuntuk menyelesaikan berbagai macam permasalahan. Sebagai contoh, operasi rahasia Petrus (Penembakan Misterius).</li><li>Banyak koran dan majalah yang dihentikan penerbitan dan peredarannya secara paksa, karena dianggap tidak sepaham dengan pemerintah sehingga menyebabkan kebebasan pers sangat terbatas.</li><li>Terdapat kesenjangan sosial bagi si kaya dan si miskin, dimana orang kaya memiliki hak yang lebih baik jika dibandingkan dengan orang miskin. Orang kaya lebih berkuasa.</li></ol>

Jawaban yang tepat adalah A

 

Penjelasan :

Kekurangan pada masa Orde Baru adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatnya kasus korupsi, kolusi, dan nepotisme pada semua kalangan masyarakat.
  2. Pembangunan negara tidak merata, dan terdapat perbedaan yang signifikan antara pembangunan pada pusat dan di daerah. Kekayaan daerah banyak digunakan untuk melakukan pembangunan pada pusat kota.
  3. Hak Asasi Manusia masih banyak dikekang, dan kekerasan banyak digunakan sebagai solusiuntuk menyelesaikan berbagai macam permasalahan. Sebagai contoh, operasi rahasia Petrus (Penembakan Misterius).
  4. Banyak koran dan majalah yang dihentikan penerbitan dan peredarannya secara paksa, karena dianggap tidak sepaham dengan pemerintah sehingga menyebabkan kebebasan pers sangat terbatas.
  5. Terdapat kesenjangan sosial bagi si kaya dan si miskin, dimana orang kaya memiliki hak yang lebih baik jika dibandingkan dengan orang miskin. Orang kaya lebih berkuasa.

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

28 Februari 2024 11:30

Jawaban terverifikasi

Pada pertanyaan ini, pernyataan yang merupakan kekurangan pada masa pemerintahan Orde Baru ditunjukkan dalam opsi (a) (1), (2), (3), dan (4). Berikut adalah penjelasan untuk setiap pernyataan: 1. Banyak ketidakadilan yang terjadi dalam pelaksanaan hukum: Masa pemerintahan Orde Baru dikenal dengan kebijakan hukum yang sering dianggap tidak adil. Penerapan hukum yang ketat dan seringkali dipandang sebagai alat untuk menekan oposisi politik dapat menyebabkan ketidakadilan dalam sistem peradilan. 2. Maraknya praktek KKN (Kolusi, Korupsi, dan Nepotisme): Praktek KKN menjadi salah satu isu kritis pada masa pemerintahan Orde Baru. Banyak pejabat pemerintahan terlibat dalam kolusi, korupsi, dan nepotisme, yang merugikan tata kelola pemerintahan dan merugikan kepentingan masyarakat. 3. Munculnya gerakan separatisme: Pada masa Orde Baru, terdapat beberapa gerakan separatisme yang muncul di beberapa daerah di Indonesia. Hal ini mencerminkan ketidakpuasan masyarakat terhadap sentralisasi kekuasaan dan kebijakan pemerintah yang tidak memperhatikan keberagaman budaya dan kepentingan regional. 4. Adanya kesenjangan sosial dan pembangunan yang tidak merata: Pemerintahan Orde Baru cenderung melaksanakan pembangunan ekonomi yang tidak merata, menyebabkan kesenjangan sosial antara kelompok masyarakat yang kaya dan miskin. Ini dapat menciptakan ketidaksetaraan dalam akses terhadap sumber daya dan peluang. Namun, pernyataan ke-5, yaitu "adanya stabilitas nasional," tidak termasuk dalam kekurangan Orde Baru. Stabilitas nasional dianggap sebagai prestasi pemerintahan tersebut, meskipun pada akhirnya ketidakpuasan masyarakat terhadap aspek lain menyebabkan perubahan politik. Oleh karena itu, opsi (a) (1), (2), (3), dan (4) merupakan jawaban yang tepat sebagai kekurangan pada masa pemerintahan Orde Baru.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

plis jawab

0

0.0

Jawaban terverifikasi