Arfendika P

19 Februari 2024 13:06

Iklan

Iklan

Arfendika P

19 Februari 2024 13:06

Pertanyaan

tolong ya kak, aku belum paham dengan cara maupun rumus pengerjaannya

tolong ya kak, aku belum paham dengan cara maupun rumus pengerjaannya

alt

7

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

N. A

Community

19 Februari 2024 14:57

Jawaban terverifikasi

<p><strong>null. 12x² + 14x - 6</strong> adalah jawaban yang tepat.</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Penjelasan:</strong></p><p>Ini sama saja caranya seperti mencari luas yang biasa. Hanya saja, beberapa panjang sisi diekspresikan dalam bentuk aljabar. Diketahui persegi panjang besar memiliki panjang (4x + 6) cm dan lebar (3x) cm. Sedangkan, untuk persegi panjang kecil, diketahui lebarnya 2 cm. Terdapat <i>tick</i> yang membagi dua panjang persegi panjang besar. Karena sisi panjang persegi panjang kecil berada di salah satu tick, maka panjangnya sama dengan panjang persegi panjang besar dibagi 2, yaitu (4x + 6) / 2 cm = (2x + 3) cm.</p><p>Sekarang, kita tinggal mencari luasnya. Karena luas daerah yang diarsir merupakan persegi panjang besar yang dilubangi persegi panjang kecil, maka kita bisa dapatkan luasnya melalui persegi panjang besar dikurangi persegi panjang kecil. Karena:</p><p>L<sub>pp</sub> = p<sub>pp</sub>l<sub>pp</sub></p><p>Di mana L<sub>pp</sub> Luas persegi panjang, p<sub>pp</sub> panjang persegi panjang, dan l<sub>pp</sub> lebar persegi panjang.</p><p>Maka:</p><p>L<sub>a</sub> = p<sub>pb</sub>l<sub>pb</sub> - p<sub>pk</sub>l<sub>pk</sub></p><p>L<sub>a</sub> = (4x + 6)(3x) - (2x + 3)(2)</p><p>Ingat saja sifat distributif perkalian yaitu a(b + c) = ab + ac. Sehingga:</p><p>L<sub>a</sub> = ((4x)(3x) + 6(3x)) - ((2x)2 + (3)2)</p><p>L<sub>a </sub>= (12x² + 18x) - (4x + 6)</p><p>L<sub>a </sub>= 12x² + 18x - 4x - 6</p><p>L<sub>a</sub> = 12x² + 14x - 6</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Jadi, bentuk aljabar yang tepat untuk menyatakan luas daerah yang diarsir tersebut adalah <u>12x² + 14x - 6</u>, namun, jawaban tersebut tidak ada pilihannya.</strong></p>

null. 12x² + 14x - 6 adalah jawaban yang tepat.

 

Penjelasan:

Ini sama saja caranya seperti mencari luas yang biasa. Hanya saja, beberapa panjang sisi diekspresikan dalam bentuk aljabar. Diketahui persegi panjang besar memiliki panjang (4x + 6) cm dan lebar (3x) cm. Sedangkan, untuk persegi panjang kecil, diketahui lebarnya 2 cm. Terdapat tick yang membagi dua panjang persegi panjang besar. Karena sisi panjang persegi panjang kecil berada di salah satu tick, maka panjangnya sama dengan panjang persegi panjang besar dibagi 2, yaitu (4x + 6) / 2 cm = (2x + 3) cm.

Sekarang, kita tinggal mencari luasnya. Karena luas daerah yang diarsir merupakan persegi panjang besar yang dilubangi persegi panjang kecil, maka kita bisa dapatkan luasnya melalui persegi panjang besar dikurangi persegi panjang kecil. Karena:

Lpp = ppplpp

Di mana Lpp Luas persegi panjang, ppp panjang persegi panjang, dan lpp lebar persegi panjang.

Maka:

La = ppblpb - ppklpk

La = (4x + 6)(3x) - (2x + 3)(2)

Ingat saja sifat distributif perkalian yaitu a(b + c) = ab + ac. Sehingga:

La = ((4x)(3x) + 6(3x)) - ((2x)2 + (3)2)

La = (12x² + 18x) - (4x + 6)

La = 12x² + 18x - 4x - 6

La = 12x² + 14x - 6

 

Jadi, bentuk aljabar yang tepat untuk menyatakan luas daerah yang diarsir tersebut adalah 12x² + 14x - 6, namun, jawaban tersebut tidak ada pilihannya.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Tolong

5

0.0

Jawaban terverifikasi