Adnan U

28 November 2023 10:42

Iklan

Iklan

Adnan U

28 November 2023 10:42

Pertanyaan

Tolong ya...

Tolong ya...

alt

1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Faizatun N

04 Desember 2023 11:50

Jawaban terverifikasi

<p>Halo Adnan. Bantu jawab ya.</p><p>1. Virus flu atau influenza dapat berpindah dari satu spesies ke spesies lain melalui kontak langsung maupun tidak langsung. Berdasarkan struktur virusnya, virus influenza sendiri memiliki struktur yang disebut "spike" (berbentuk seperti paku-paku yang menancap pada permukaan) yang akan bereaksi terhadap reseptor yang cocok pada suatu spesies.&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>2. Tidak bisa. Sebab, virus serupa yang bermutasi tidak dikenali oleh antibodi yang sudah terbentuk sebelumnya.</p><p>&nbsp;</p><p>3. Antibiotik dipergunakan untuk melawan bakteri, sedangkan untuk melawan virus ialah dengan cara menggunakan antivirus.</p><p>&nbsp;</p><p>4. TMV tidak memberikan bahaya tambahan bagi perokok. TMV adalah virus pada tumbuhan, sehingga manusia tidak memiliki reseptor yang cocok terhadap virus ini.&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>5. a) Penularan Horizontal atau penularan yang terjadi di antara komponen lingkungan (baik organisme hidup maupun benda mati) yang tidak memiliki hubungan orang tua-anak.</p><p>contoh: Hama yang menginfeksi tanaman-tanaman di sekitarnya.&nbsp;</p><p>b) Penularan Vertikal atau penularan yang terjadi karna adanya faktor genetika/parental-filial/ibu dan anak</p><p>contoh: penularan virus tumbuhan dari induk tumbuhan menurun ke anak/tunasnya.&nbsp;</p>

Halo Adnan. Bantu jawab ya.

1. Virus flu atau influenza dapat berpindah dari satu spesies ke spesies lain melalui kontak langsung maupun tidak langsung. Berdasarkan struktur virusnya, virus influenza sendiri memiliki struktur yang disebut "spike" (berbentuk seperti paku-paku yang menancap pada permukaan) yang akan bereaksi terhadap reseptor yang cocok pada suatu spesies. 

 

2. Tidak bisa. Sebab, virus serupa yang bermutasi tidak dikenali oleh antibodi yang sudah terbentuk sebelumnya.

 

3. Antibiotik dipergunakan untuk melawan bakteri, sedangkan untuk melawan virus ialah dengan cara menggunakan antivirus.

 

4. TMV tidak memberikan bahaya tambahan bagi perokok. TMV adalah virus pada tumbuhan, sehingga manusia tidak memiliki reseptor yang cocok terhadap virus ini. 

 

5. a) Penularan Horizontal atau penularan yang terjadi di antara komponen lingkungan (baik organisme hidup maupun benda mati) yang tidak memiliki hubungan orang tua-anak.

contoh: Hama yang menginfeksi tanaman-tanaman di sekitarnya. 

b) Penularan Vertikal atau penularan yang terjadi karna adanya faktor genetika/parental-filial/ibu dan anak

contoh: penularan virus tumbuhan dari induk tumbuhan menurun ke anak/tunasnya. 


Iklan

Iklan

Dela A

Community

21 Desember 2023 11:17

Jawaban terverifikasi

<p>1. Secara sederhana, virus flu mudah <strong>melalui perantara udara</strong>. Orang yang memiliki sakit flu bisa menularkannya ke orang lain yang sehat hingga sekitar 2 meter jauhnya. Banyak orang beranggapan bahwa penyebaran flu ini terjadi karena tetesan liur yang keluar dari pengidap ketika batuk atau bersin, bahkan ketika berbicara.</p><p>2. virus serupa yang bermutasi tidak dikenali oleh antibodi yang sudah terbentuk sebelumnya, sehingga <strong>TIDAK BISA.</strong></p><p>3. Karena antibiotik hanya bekerja untuk <strong>melawan bakteri, bukan virus</strong></p><p>4. TMV <strong>tidak memberikan bahaya tambahan bagi perokok</strong>. Manusia tidak memiliki reseptor yang cocok terhadap TMV, karena TMV adalah virus pada tumbuhan.</p><p>5. Penularan virus secara <strong>horizontal</strong> terjadi melalui kontak langsung antara tanaman yang terinfeksi dan tanaman yang sehat melalui vektor seperti serangga hama atau melalui luka pada tanaman. <strong>Contoh</strong> kutu daun yang terinfeksi virus dapat menghisap cairan tanaman yang mengandung virus dan kemudian menularkannya ke tanaman lain saat kutu daun tersebut pindah dari satu tanaman ke tanaman lain.</p><p>Sedangkan penularan virus secara vertikal terjadi melalui reproduksi dan perkembangan tanaman, seperti melalui benih atau keturunan tanaman yang terinfeksi. <strong>Contoh </strong>jika tanaman induk terinfeksi virus, maka benih yang dihasilkan oleh tanaman tersebut dapat membawa virus dan menularkannya kepada tanaman keturunan saat benih tersebut tumbuh menjadi tanaman baru.</p>

1. Secara sederhana, virus flu mudah melalui perantara udara. Orang yang memiliki sakit flu bisa menularkannya ke orang lain yang sehat hingga sekitar 2 meter jauhnya. Banyak orang beranggapan bahwa penyebaran flu ini terjadi karena tetesan liur yang keluar dari pengidap ketika batuk atau bersin, bahkan ketika berbicara.

2. virus serupa yang bermutasi tidak dikenali oleh antibodi yang sudah terbentuk sebelumnya, sehingga TIDAK BISA.

3. Karena antibiotik hanya bekerja untuk melawan bakteri, bukan virus

4. TMV tidak memberikan bahaya tambahan bagi perokok. Manusia tidak memiliki reseptor yang cocok terhadap TMV, karena TMV adalah virus pada tumbuhan.

5. Penularan virus secara horizontal terjadi melalui kontak langsung antara tanaman yang terinfeksi dan tanaman yang sehat melalui vektor seperti serangga hama atau melalui luka pada tanaman. Contoh kutu daun yang terinfeksi virus dapat menghisap cairan tanaman yang mengandung virus dan kemudian menularkannya ke tanaman lain saat kutu daun tersebut pindah dari satu tanaman ke tanaman lain.

Sedangkan penularan virus secara vertikal terjadi melalui reproduksi dan perkembangan tanaman, seperti melalui benih atau keturunan tanaman yang terinfeksi. Contoh jika tanaman induk terinfeksi virus, maka benih yang dihasilkan oleh tanaman tersebut dapat membawa virus dan menularkannya kepada tanaman keturunan saat benih tersebut tumbuh menjadi tanaman baru.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Tempat berlangsungnya proses fotosintesis pada tumbuhan adalah … A. Akar B. Batang C. Daun D. Bunga

460

0.0

Jawaban terverifikasi