Azkia A

22 Juni 2024 15:52

Iklan

Iklan

Azkia A

22 Juni 2024 15:52

Pertanyaan

Tolong di jawab... Terima kasih telah membantu😊

Tolong di jawab...

 

Terima kasih telah membantu😊

alt

13

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

22 Juni 2024 19:40

Jawaban terverifikasi

<p>Untuk menanggulangi dampak pertumbuhan penduduk yang tinggi, langkah-langkah yang diambil harus berfokus pada pengelolaan sumber daya, pengendalian pertumbuhan penduduk, dan peningkatan efisiensi dalam berbagai sektor. Berikut adalah penjelasan dari pilihan yang diberikan:</p><p>A. <strong>Penggunaan sumber daya pengganti</strong>: Ini adalah cara yang tepat untuk mengurangi tekanan pada sumber daya alam yang terbatas. Misalnya, penggunaan energi terbarukan sebagai pengganti bahan bakar fosil.</p><p>B. <strong>Mengurangi laju pertumbuhan penduduk</strong>: Ini juga merupakan cara yang efektif untuk mengatasi dampak negatif dari pertumbuhan penduduk yang tinggi. Program keluarga berencana dan edukasi tentang kesehatan reproduksi dapat membantu mengurangi laju pertumbuhan penduduk.</p><p>C. <strong>Mendirikan lahan pemukiman di tanah yang subur</strong>: Ini bukan cara yang tepat. Tanah yang subur sebaiknya digunakan untuk pertanian guna memastikan ketersediaan pangan, bukan untuk pemukiman. Mendirikan pemukiman di tanah subur justru bisa mengurangi lahan yang tersedia untuk produksi pangan, yang penting bagi populasi yang tumbuh.</p><p>D. <strong>Peningkatan produksi pangan dengan kemajuan teknologi</strong>: Ini adalah cara yang sangat penting untuk memastikan bahwa kebutuhan pangan dapat dipenuhi meskipun jumlah penduduk bertambah. Kemajuan teknologi dalam pertanian dapat meningkatkan hasil panen dan efisiensi produksi.</p><p>Berdasarkan analisis di atas, yang bukan merupakan cara tepat untuk menanggulangi dampak pertumbuhan penduduk yang tinggi adalah:</p><p>C. <strong>Mendirikan lahan pemukiman di tanah yang subur</strong></p>

Untuk menanggulangi dampak pertumbuhan penduduk yang tinggi, langkah-langkah yang diambil harus berfokus pada pengelolaan sumber daya, pengendalian pertumbuhan penduduk, dan peningkatan efisiensi dalam berbagai sektor. Berikut adalah penjelasan dari pilihan yang diberikan:

A. Penggunaan sumber daya pengganti: Ini adalah cara yang tepat untuk mengurangi tekanan pada sumber daya alam yang terbatas. Misalnya, penggunaan energi terbarukan sebagai pengganti bahan bakar fosil.

B. Mengurangi laju pertumbuhan penduduk: Ini juga merupakan cara yang efektif untuk mengatasi dampak negatif dari pertumbuhan penduduk yang tinggi. Program keluarga berencana dan edukasi tentang kesehatan reproduksi dapat membantu mengurangi laju pertumbuhan penduduk.

C. Mendirikan lahan pemukiman di tanah yang subur: Ini bukan cara yang tepat. Tanah yang subur sebaiknya digunakan untuk pertanian guna memastikan ketersediaan pangan, bukan untuk pemukiman. Mendirikan pemukiman di tanah subur justru bisa mengurangi lahan yang tersedia untuk produksi pangan, yang penting bagi populasi yang tumbuh.

D. Peningkatan produksi pangan dengan kemajuan teknologi: Ini adalah cara yang sangat penting untuk memastikan bahwa kebutuhan pangan dapat dipenuhi meskipun jumlah penduduk bertambah. Kemajuan teknologi dalam pertanian dapat meningkatkan hasil panen dan efisiensi produksi.

Berdasarkan analisis di atas, yang bukan merupakan cara tepat untuk menanggulangi dampak pertumbuhan penduduk yang tinggi adalah:

C. Mendirikan lahan pemukiman di tanah yang subur


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

24 Juni 2024 12:29

Jawaban terverifikasi

Jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut adalah C, yaitu mendirikan lahan pemukiman di tanah yang subur. Alasannya adalah sebagai berikut: * Mendirikan lahan pemukiman di tanah yang subur akan semakin mempersempit lahan pertanian. Tanah subur merupakan sumber daya yang penting untuk produksi pangan. Jika tanah subur tersebut digunakan untuk membangun pemukiman, maka akan semakin berkurang lahan yang tersedia untuk ditanami tanaman pangan. Hal ini dapat memperparah masalah kekurangan pangan yang mungkin timbul akibat pertumbuhan penduduk yang tinggi. * Mendirikan lahan pemukiman di tanah yang subur dapat merusak lingkungan. Tanah subur biasanya memiliki struktur tanah yang gembur dan mudah terkikis. Jika tanah tersebut digunakan untuk membangun pemukiman, maka struktur tanahnya dapat rusak dan menjadi mudah longsor. Selain itu, pembangunan pemukiman di tanah subur juga dapat menyebabkan pencemaran lingkungan, seperti polusi air dan udara. Pilihan jawaban lainnya: * A. Penggunaan sumber daya pengganti dan mengurangi laju pertumbuhan penduduk merupakan cara yang tepat untuk menanggulangi dampak pertumbuhan penduduk yang tinggi. Penggunaan sumber daya pengganti dapat membantu mengurangi penggunaan sumber daya alam yang terbatas, sedangkan pengurangan laju pertumbuhan penduduk dapat membantu mengendalikan jumlah penduduk yang harus dipenuhi kebutuhannya. * B. Peningkatan produksi pangan dengan kemajuan teknologi juga merupakan cara yang tepat untuk menanggulangi dampak pertumbuhan penduduk yang tinggi. Kemajuan teknologi dapat membantu meningkatkan hasil panen tanaman pangan, sehingga dapat memenuhi kebutuhan pangan yang semakin meningkat. Kesimpulan: Mendirikan lahan pemukiman di tanah yang subur bukan merupakan cara yang tepat untuk menanggulangi dampak pertumbuhan penduduk yang tinggi karena dapat mempersempit lahan pertanian, merusak lingkungan, dan tidak membantu meningkatkan produksi pangan. Semoga penjelasan ini membantu!


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

tolong

39

5.0

Jawaban terverifikasi