Desty N

28 Januari 2023 10:16

Iklan

Iklan

Desty N

28 Januari 2023 10:16

Pertanyaan

tingkat pendidikan merupakan salah satu indikator tercapainya sumber daya manusia yang terampil dan mumpuni. menurut anda, apakah permasalahan pendidikan yang terjadi di Indonesia sehingga perlu adanya perbaikan kualitas pendidikan ?sebagai seorang pelajar, usaha apa yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia?

tingkat pendidikan merupakan salah satu indikator tercapainya sumber daya manusia yang terampil dan mumpuni. menurut anda, apakah permasalahan pendidikan yang terjadi di Indonesia sehingga perlu adanya perbaikan kualitas pendidikan ?sebagai seorang pelajar, usaha apa yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia?


1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

H. Hudayanti

02 November 2023 04:24

Jawaban terverifikasi

<p>Jawab : Permasalahan pendidikan di Indonesia termasuk aksesibilitas terbatas, kurangnya kualitas pengajaran, dan fasilitas yang kurang memadai</p><p>&nbsp;</p><p>Terdapat beberapa permasalahan pendidikan di Indonesia yang memerlukan perbaikan kualitas pendidikan:</p><p><strong>1. Aksesibilitas dan Kesetaraan</strong>: Masih ada daerah-daerah terpencil di Indonesia yang kesulitan mengakses pendidikan berkualitas. Selain itu, kesenjangan akses pendidikan antara perkotaan dan pedesaan juga masih terjadi.</p><p><strong>2. Kualitas Pengajaran dan Kurikulum</strong>: Kualitas pengajaran di beberapa daerah belum selalu memenuhi standar yang diinginkan. Kurikulum juga perlu disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan global yang terus berubah.</p><p><strong>3. Kualitas Fasilitas dan Sumber Daya</strong>: Beberapa sekolah di Indonesia masih kurang memadai dalam hal fasilitas dan sumber daya, seperti perpustakaan, laboratorium, dan teknologi pendidikan.</p><p><strong>4. Pelatihan dan Pengembangan Guru</strong>: Pelatihan dan pengembangan guru merupakan hal penting untuk memastikan bahwa mereka memiliki keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk memberikan pendidikan berkualitas kepada siswa.</p><p><strong>5. Partisipasi Orang Tua dan Masyarakat</strong>: Keterlibatan orang tua dan masyarakat dalam pendidikan juga penting untuk mendukung proses pembelajaran.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Sebagai seorang pelajar, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia:</p><p><strong>1. Aktif dalam Pembelajaran</strong>: Terlibat secara aktif dalam proses belajar Anda sendiri, bertanya kepada guru, dan mencari pemahaman yang lebih mendalam tentang materi pelajaran.</p><p><strong>2. Menginspirasi Sesama Siswa</strong>: Dukung teman-teman Anda dalam belajar, berbagi pengetahuan, dan memotivasi mereka untuk mencapai prestasi terbaik mereka.</p><p><strong>3. Berpartisipasi dalam Kegiatan Ekstrakurikuler</strong>: Bergabung dengan klub atau kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan minat dan bakat Anda, karena ini dapat membantu Anda mengembangkan keterampilan tambahan di luar kelas.</p><p><strong>4. Ajak Orang Tua Terlibat</strong>: Ajak orang tua Anda untuk terlibat aktif dalam proses pendidikan Anda, berkomunikasi dengan guru, dan mendukung perkembangan akademik Anda.</p><p><strong>5. Berperan dalam Kegiatan Sosial dan Kepedulian Masyarakat</strong>: Terlibat dalam kegiatan atau proyek yang membantu masyarakat sekitar, terutama yang berkaitan dengan pendidikan, seperti mentoring atau aksi sukarela di sekolah-sekolah.</p><p><strong>6. Ajukan Pertanyaan dan Saran</strong>: Jangan takut untuk mengajukan pertanyaan atau memberikan saran untuk perbaikan di sekolah Anda. Hal ini dapat membantu membangun kesadaran tentang kebutuhan dan masalah di lingkungan pendidikan Anda.</p><p><br>&nbsp;</p>

Jawab : Permasalahan pendidikan di Indonesia termasuk aksesibilitas terbatas, kurangnya kualitas pengajaran, dan fasilitas yang kurang memadai

 

Terdapat beberapa permasalahan pendidikan di Indonesia yang memerlukan perbaikan kualitas pendidikan:

1. Aksesibilitas dan Kesetaraan: Masih ada daerah-daerah terpencil di Indonesia yang kesulitan mengakses pendidikan berkualitas. Selain itu, kesenjangan akses pendidikan antara perkotaan dan pedesaan juga masih terjadi.

2. Kualitas Pengajaran dan Kurikulum: Kualitas pengajaran di beberapa daerah belum selalu memenuhi standar yang diinginkan. Kurikulum juga perlu disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan global yang terus berubah.

3. Kualitas Fasilitas dan Sumber Daya: Beberapa sekolah di Indonesia masih kurang memadai dalam hal fasilitas dan sumber daya, seperti perpustakaan, laboratorium, dan teknologi pendidikan.

4. Pelatihan dan Pengembangan Guru: Pelatihan dan pengembangan guru merupakan hal penting untuk memastikan bahwa mereka memiliki keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk memberikan pendidikan berkualitas kepada siswa.

5. Partisipasi Orang Tua dan Masyarakat: Keterlibatan orang tua dan masyarakat dalam pendidikan juga penting untuk mendukung proses pembelajaran.

 

 

Sebagai seorang pelajar, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia:

1. Aktif dalam Pembelajaran: Terlibat secara aktif dalam proses belajar Anda sendiri, bertanya kepada guru, dan mencari pemahaman yang lebih mendalam tentang materi pelajaran.

2. Menginspirasi Sesama Siswa: Dukung teman-teman Anda dalam belajar, berbagi pengetahuan, dan memotivasi mereka untuk mencapai prestasi terbaik mereka.

3. Berpartisipasi dalam Kegiatan Ekstrakurikuler: Bergabung dengan klub atau kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan minat dan bakat Anda, karena ini dapat membantu Anda mengembangkan keterampilan tambahan di luar kelas.

4. Ajak Orang Tua Terlibat: Ajak orang tua Anda untuk terlibat aktif dalam proses pendidikan Anda, berkomunikasi dengan guru, dan mendukung perkembangan akademik Anda.

5. Berperan dalam Kegiatan Sosial dan Kepedulian Masyarakat: Terlibat dalam kegiatan atau proyek yang membantu masyarakat sekitar, terutama yang berkaitan dengan pendidikan, seperti mentoring atau aksi sukarela di sekolah-sekolah.

6. Ajukan Pertanyaan dan Saran: Jangan takut untuk mengajukan pertanyaan atau memberikan saran untuk perbaikan di sekolah Anda. Hal ini dapat membantu membangun kesadaran tentang kebutuhan dan masalah di lingkungan pendidikan Anda.


 


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Kota di Indonesia yang menurut sejarah pertumbuhannya berasal dari pertambangan adalah .... a. Dumai, Tembagapura, Bogor b. Bandung, Pematang Siantar, Cepu c. Palembang, Deli Serdang, Soroako d. Jakarata, Kuala Tanjung, Surabaya e. Sawah Lunto, Soroako, Bontang, Duma

88

0.0

Jawaban terverifikasi