Sahel S

30 Oktober 2023 11:24

Iklan

Iklan

Sahel S

30 Oktober 2023 11:24

Pertanyaan

tidak menyalin jawaban dari ChatGPT 1. Di negara fiksi “Economiland”, perekonomian sedang mengalami resesi akibat penurunan investasi dan konsumsi. Pemerintah berencana untuk mengambil tindakan untuk menghidupkan kembali perekonomian. Sebagai seorang analis ekonomi, jelaskan bagaimana konsep permintaan agregat dapat diterapkan dalam situasi ini. Gambarkan strategi-strategi yang dapat diambil oleh pemerintah untuk meningkatkan permintaan agregat dan mengatasi resesi. 2. Dalam konteks perekonomian negara fiksi "Monetaria", jelaskan konsep permintaan uang dalam teori ekonomi. Gambarkan faktor-faktor yang memengaruhi permintaan uang oleh masyarakat di “Monetaria”. Berikan contoh konkret tentang bagaimana perubahan faktor-faktor ini dapat mempengaruhi tingkat permintaan uang dan dampaknya pada aktivitas ekonomi.

tidak menyalin jawaban dari ChatGPT

1. Di negara fiksi “Economiland”, perekonomian sedang mengalami resesi akibat penurunan investasi dan konsumsi. Pemerintah berencana untuk mengambil tindakan untuk menghidupkan kembali perekonomian. Sebagai seorang analis ekonomi, jelaskan bagaimana konsep permintaan agregat dapat diterapkan dalam situasi ini. Gambarkan strategi-strategi yang dapat diambil oleh pemerintah untuk meningkatkan permintaan agregat dan mengatasi resesi.

2. Dalam konteks perekonomian negara fiksi "Monetaria", jelaskan konsep permintaan uang dalam teori ekonomi. Gambarkan faktor-faktor yang memengaruhi permintaan uang oleh masyarakat di “Monetaria”. Berikan contoh konkret tentang bagaimana perubahan faktor-faktor ini dapat mempengaruhi tingkat permintaan uang dan dampaknya pada aktivitas ekonomi.


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

AHMAD A

30 Oktober 2023 15:27

Jawaban terverifikasi

<p>Pembahasan :</p><p>&nbsp;</p><p>1. Pemerintah dapat meningkatkan permintaan agregat dengan kebijakan fiskal ekspansif, seperti meningkatkan pengeluaran publik dan memberikan insentif kepada konsumen dan pengusaha.</p><p>&nbsp;</p><p>2. Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan uang di Monetaria meliputi suku bunga, tingkat pendapatan nasional, tingkat inflasi, dan preferensi likuiditas masyarakat. Perubahan dalam faktor-faktor ini dapat mempengaruhi permintaan uang dan aktivitas ekonomi.</p>

Pembahasan :

 

1. Pemerintah dapat meningkatkan permintaan agregat dengan kebijakan fiskal ekspansif, seperti meningkatkan pengeluaran publik dan memberikan insentif kepada konsumen dan pengusaha.

 

2. Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan uang di Monetaria meliputi suku bunga, tingkat pendapatan nasional, tingkat inflasi, dan preferensi likuiditas masyarakat. Perubahan dalam faktor-faktor ini dapat mempengaruhi permintaan uang dan aktivitas ekonomi.


Iklan

Iklan

Meikarlina S

Community

30 Oktober 2023 22:52

Jawaban terverifikasi

<p>1.&nbsp;Konsep permintaan agregat adalah jumlah total permintaan barang dan jasa yang dihasilkan oleh konsumen, perusahaan, dan pemerintah dalam suatu perekonomian. Dalam situasi resesi, permintaan agregat dapat turun karena konsumen dan perusahaan kurang mengeluarkan uang untuk membeli barang dan jasa. Pemerintah dapat mengambil beberapa strategi untuk meningkatkan permintaan agregat dan mengatasi resesi, antara lain:</p><p>•Menurunkan suku bunga untuk mendorong konsumen dan perusahaan untuk meminjam uang dan mengeluarkan uang lebih banyak.</p><p>•Meningkatkan pengeluaran pemerintah untuk membiayai proyek-proyek infrastruktur dan program-program sosial yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja.</p><p>•Memberikan insentif pajak untuk mendorong konsumen dan perusahaan untuk mengeluarkan uang lebih banyak.</p><p>•Mendorong ekspor dengan menurunkan nilai tukar mata uang untuk membuat barang dan jasa dalam negeri lebih murah dan lebih menarik bagi konsumen asing.</p><p>2.&nbsp;Permintaan vang adalah permintaan terhadap uang tunai atau bentuk uang yang dapat dengan mudah ditukar dengan uang tunai. Faktor-faktor yang memengaruhi permintaan vang oleh masyarakat di "Monetaria" dapat meliputi tingkat suku bunga, inflasi, kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah, dan stabilitas politik. Contoh konkret tentang bagaimana perubahan faktor-faktor ini dapat mempengaruhi tingkat permintaan uang adalah sebagai berikut:</p><p>•Jika suku bunga naik, maka biaya untuk meminjam uang akan lebih mahal sehingga konsumen dan perusahaan mungkin akan lebih memilih untuk menahan uang daripada meminjam uang atau mengeluarkan uang.</p><p>•Jika inflasi tinggi, maka masyarakat mungkin akan lebih cepat membelanjakan uangnya karena nilai uang akan turun seiring waktu.</p><p>•Jika kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dan stabilitas politik rendah, maka masyarakat mungkin akan lebih cenderung untuk menahan uang dan tidak mengeluarkan uang untuk investasi atau konsumsi.</p><p>&nbsp;</p>

1. Konsep permintaan agregat adalah jumlah total permintaan barang dan jasa yang dihasilkan oleh konsumen, perusahaan, dan pemerintah dalam suatu perekonomian. Dalam situasi resesi, permintaan agregat dapat turun karena konsumen dan perusahaan kurang mengeluarkan uang untuk membeli barang dan jasa. Pemerintah dapat mengambil beberapa strategi untuk meningkatkan permintaan agregat dan mengatasi resesi, antara lain:

•Menurunkan suku bunga untuk mendorong konsumen dan perusahaan untuk meminjam uang dan mengeluarkan uang lebih banyak.

•Meningkatkan pengeluaran pemerintah untuk membiayai proyek-proyek infrastruktur dan program-program sosial yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja.

•Memberikan insentif pajak untuk mendorong konsumen dan perusahaan untuk mengeluarkan uang lebih banyak.

•Mendorong ekspor dengan menurunkan nilai tukar mata uang untuk membuat barang dan jasa dalam negeri lebih murah dan lebih menarik bagi konsumen asing.

2. Permintaan vang adalah permintaan terhadap uang tunai atau bentuk uang yang dapat dengan mudah ditukar dengan uang tunai. Faktor-faktor yang memengaruhi permintaan vang oleh masyarakat di "Monetaria" dapat meliputi tingkat suku bunga, inflasi, kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah, dan stabilitas politik. Contoh konkret tentang bagaimana perubahan faktor-faktor ini dapat mempengaruhi tingkat permintaan uang adalah sebagai berikut:

•Jika suku bunga naik, maka biaya untuk meminjam uang akan lebih mahal sehingga konsumen dan perusahaan mungkin akan lebih memilih untuk menahan uang daripada meminjam uang atau mengeluarkan uang.

•Jika inflasi tinggi, maka masyarakat mungkin akan lebih cepat membelanjakan uangnya karena nilai uang akan turun seiring waktu.

•Jika kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dan stabilitas politik rendah, maka masyarakat mungkin akan lebih cenderung untuk menahan uang dan tidak mengeluarkan uang untuk investasi atau konsumsi.

 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pada neraca saldo per 31 Desember 2017 terdapat akun sewa dibayar di muka Rp20.000.000,00. Sewa tersebut dibayar 1 September 2017, Atas dasar informasi tersebut maka pada waktu tutup buku per 31 Desember 2017 diminta anda untuk mencatat a. jurnal penyesuaian

552

0.0

Jawaban terverifikasi