Revalin A

06 September 2024 11:07

Iklan

Revalin A

06 September 2024 11:07

Pertanyaan

Terbentuknya AFTA dilatarbelakangi sebagai berikut. 1. Munculnya perubahan eksternal, yakni masa transisi terbentuknya tatanan dunia baru. 2. Keinginan untuk saling memajukan ekonomi negara anggota ASEAN. 3. Keinginan untuk meningkatkan investasi asing langsung ke ASEAN 4. Keinginan untuk menggalang persatuan regional untuk meningkatkan posisi dan daya saing. Sebelumnya pembentukan kerjasama regional semacam ini sudah lebih dulu terbentuk di Eropa dan Amerika. Jelaskan lebih detail terkait masing masing faktor latar belakang yang ada diatas beserta contohnya dan mengapa masing masing latar belakang tersebut dapat mempengaruhi berdirinya Afta ?

Terbentuknya AFTA dilatarbelakangi sebagai berikut.

1. Munculnya perubahan eksternal, yakni masa transisi terbentuknya tatanan dunia baru.

2. Keinginan untuk saling memajukan ekonomi negara anggota ASEAN.

3. Keinginan untuk meningkatkan investasi asing langsung ke ASEAN

4. Keinginan untuk menggalang persatuan regional untuk meningkatkan posisi dan daya saing. Sebelumnya pembentukan kerjasama regional semacam ini sudah lebih dulu terbentuk di Eropa dan Amerika.

 

Jelaskan lebih detail terkait masing masing faktor latar belakang yang ada diatas beserta contohnya dan mengapa masing masing latar belakang tersebut dapat mempengaruhi berdirinya Afta ? 

Belajar bareng Champions

Brain Academy Champions

Hanya di Brain Academy

Habis dalam

00

:

03

:

41

:

27

Klaim

12

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Annisa A

07 September 2024 01:16

Jawaban terverifikasi

<p>Berikut penjelasan lebih detail mengenai faktor-faktor latar belakang terbentuknya AFTA:</p><p>1. Munculnya perubahan eksternal, yakni masa transisi terbentuknya tatanan dunia baru.</p><p>Contoh: Runtuhnya Uni Soviet dan berakhirnya Perang Dingin pada awal 1990-an. Hal ini memicu era globalisasi dan liberalisasi perdagangan yang lebih intens.<br>Pengaruh terhadap AFTA: Perubahan tatanan dunia mendorong negara-negara ASEAN untuk mencari cara agar lebih kompetitif di pasar global. AFTA dipandang sebagai strategi untuk meningkatkan daya saing regional dengan menciptakan pasar tunggal yang lebih besar dan terintegrasi.</p><p>2. Keinginan untuk saling memajukan ekonomi negara anggota ASEAN.</p><p>Contoh: Perbedaan tingkat perkembangan ekonomi antar negara anggota ASEAN. Negara-negara seperti Singapura dan Malaysia sudah lebih maju, sementara negara-negara seperti Kamboja dan Laos masih dalam tahap pembangunan.<br>Pengaruh terhadap AFTA: AFTA diharapkan dapat membantu negara-negara ASEAN yang kurang berkembang untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi mereka melalui akses pasar yang lebih luas dan investasi yang lebih besar.</p><p>3. Keinginan untuk meningkatkan investasi asing langsung ke ASEAN.</p><p>Contoh: Persaingan global untuk menarik investasi asing.<br>Pengaruh terhadap AFTA: &nbsp;AFTA diharapkan dapat menarik lebih banyak investasi asing dengan menciptakan iklim investasi yang lebih stabil dan menarik. Pasar tunggal yang lebih besar dan terintegrasi akan memberikan peluang investasi yang lebih besar bagi investor asing.</p><p>4. Keinginan untuk menggalang persatuan regional untuk meningkatkan posisi dan daya saing. Sebelumnya pembentukan kerjasama regional semacam ini sudah lebih dulu terbentuk di Eropa dan Amerika.</p><p>*Contoh, Uni Eropa (EU) dan North American Free Trade Agreement (NAFTA).<br>Pengaruh terhadap AFTA: ASEAN melihat keberhasilan integrasi regional di Eropa dan Amerika sebagai inspirasi. AFTA diharapkan dapat meningkatkan posisi tawar ASEAN di kancah internasional dan meningkatkan daya saing regional dalam menghadapi tantangan global.</p><p>Kesimpulan&nbsp;</p><p>Keempat faktor tersebut saling terkait dan mendorong terbentuknya AFTA. Perubahan eksternal mendorong negara-negara ASEAN untuk mencari cara agar lebih kompetitif di pasar global. Keinginan untuk saling memajukan ekonomi, meningkatkan investasi asing, dan menggalang persatuan regional merupakan faktor internal yang mendorong negara-negara ASEAN untuk membentuk AFTA.&nbsp;<br>&nbsp;</p>

Berikut penjelasan lebih detail mengenai faktor-faktor latar belakang terbentuknya AFTA:

1. Munculnya perubahan eksternal, yakni masa transisi terbentuknya tatanan dunia baru.

Contoh: Runtuhnya Uni Soviet dan berakhirnya Perang Dingin pada awal 1990-an. Hal ini memicu era globalisasi dan liberalisasi perdagangan yang lebih intens.
Pengaruh terhadap AFTA: Perubahan tatanan dunia mendorong negara-negara ASEAN untuk mencari cara agar lebih kompetitif di pasar global. AFTA dipandang sebagai strategi untuk meningkatkan daya saing regional dengan menciptakan pasar tunggal yang lebih besar dan terintegrasi.

2. Keinginan untuk saling memajukan ekonomi negara anggota ASEAN.

Contoh: Perbedaan tingkat perkembangan ekonomi antar negara anggota ASEAN. Negara-negara seperti Singapura dan Malaysia sudah lebih maju, sementara negara-negara seperti Kamboja dan Laos masih dalam tahap pembangunan.
Pengaruh terhadap AFTA: AFTA diharapkan dapat membantu negara-negara ASEAN yang kurang berkembang untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi mereka melalui akses pasar yang lebih luas dan investasi yang lebih besar.

3. Keinginan untuk meningkatkan investasi asing langsung ke ASEAN.

Contoh: Persaingan global untuk menarik investasi asing.
Pengaruh terhadap AFTA:  AFTA diharapkan dapat menarik lebih banyak investasi asing dengan menciptakan iklim investasi yang lebih stabil dan menarik. Pasar tunggal yang lebih besar dan terintegrasi akan memberikan peluang investasi yang lebih besar bagi investor asing.

4. Keinginan untuk menggalang persatuan regional untuk meningkatkan posisi dan daya saing. Sebelumnya pembentukan kerjasama regional semacam ini sudah lebih dulu terbentuk di Eropa dan Amerika.

*Contoh, Uni Eropa (EU) dan North American Free Trade Agreement (NAFTA).
Pengaruh terhadap AFTA: ASEAN melihat keberhasilan integrasi regional di Eropa dan Amerika sebagai inspirasi. AFTA diharapkan dapat meningkatkan posisi tawar ASEAN di kancah internasional dan meningkatkan daya saing regional dalam menghadapi tantangan global.

Kesimpulan 

Keempat faktor tersebut saling terkait dan mendorong terbentuknya AFTA. Perubahan eksternal mendorong negara-negara ASEAN untuk mencari cara agar lebih kompetitif di pasar global. Keinginan untuk saling memajukan ekonomi, meningkatkan investasi asing, dan menggalang persatuan regional merupakan faktor internal yang mendorong negara-negara ASEAN untuk membentuk AFTA. 
 


Iklan

Ioanna A

06 September 2024 14:05

<p>AFTA dibentuk untuk menyikapi perkembangan ekonomi dunia tahun 1980-an dan bertujuan menjadikan ASEAN Sebagai pasar tunggal dan basis produksi regional</p><p>&nbsp;</p><p>Maaf hanya itu yang bisa saya jawab๐Ÿ™</p>

AFTA dibentuk untuk menyikapi perkembangan ekonomi dunia tahun 1980-an dan bertujuan menjadikan ASEAN Sebagai pasar tunggal dan basis produksi regional

 

Maaf hanya itu yang bisa saya jawab๐Ÿ™


Buka akses jawaban yang telah terverifikasi

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan