Ridho S

04 Februari 2020 12:55

Iklan

Iklan

Ridho S

04 Februari 2020 12:55

Pertanyaan

teori mana sih yg sangat memperkuat masuknya agama hindu budha di nusantara apa kah?? 1].teori brahmana 2].teori ksatria 3].teori waisya 4].teori arus balik.... yg mana sih??


18

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

F. Afud

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

27 Desember 2021 14:40

Jawaban terverifikasi

Hai Ridho S, Kakak bantu jawab ya. Teori yang memperkua masuknya agama Hindu-Buddha di Nusantara adalah teori arus balik dikarenakan terdapat bukti prasasti yang mendukung. Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut. Teori arus balik yang dipelopori oleh F.D.K. Bosch. merupakan teori penyebaran Hindu-Buddha yang paling diakui. Berdasarkan teori ini, bangsa Indonesia berperan aktif dalam proses penyebarluasan agama Hindu di Indonesia. Setelah penguasa dan penduduk setempat berinteraksi dengan para pedagang Hindu dan pendeta-pendeta dari India, mereka menjadi tertarik dan mengirimkan perwakilannya ke India untuk mempelajari agama Hindu. Setelah kembali dari belajar, orang-orang Indonesia itulah yang mengajarkan dan menyebarluaskan agama Hindu di Indonesia. Teori tersebut dapat dibuktikan dengan adanya prasasti Nalanda dari kerajaan Sriwijaya yang berangka tahun 860. Prasasti tersebut berisi tentang Balaputradewa yang memerintahkan untuk membangun sebuah biara di Nalanda sebagai sebuah persembahan bagi sang Buddha.


Iklan

Iklan

Desy P

09 Februari 2020 03:50

Teori Waisya (yaitu oleh para pedagang) paling mendekati kebenaran. Mengapa? karena pada saat itu memang Indonesia terkenal menjadi pusat perdagangan rempah-rempah di asia, bahkan dunia, sehingga para pedagang dari India pun datang. Beberapa diantara para pedagang ini tentu saja ada yang memutuskan untuk menetap dan berkeluarga sehingga munculah agama hindu-buddha yang diturunkan secara biologis.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

bagaimana pola penyebaran manusia modern di dunia

2

0.0

Jawaban terverifikasi