Sasya S

27 April 2024 03:46

Iklan

Iklan

Sasya S

27 April 2024 03:46

Pertanyaan

Teori Arus Balik dalam penyebaran Hindu- Buddha ke Nusantara adalah .... a. proses penyebaran Hindu-Buddha dari India ke Nusantara melalui perdagangan dan migrasi. b. proses penyebaran Hindu-Buddha dari Nusantara kembali ke India melalui jalur perdagangan. c. proses penyebaran Hindu-Buddha melalui penjajahan dan pengaruh kebudayaan asing. d. proses penyebaran Hindu-Buddha melalui pernikahan antara bangsawan India dan Nusantara. e. proses penyebaran Hindu-Buddha melalui penyebaran agama Buddha oleh para biksu.


5

2


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

27 April 2024 10:44

<p><br>a. proses penyebaran Hindu-Buddha dari India ke Nusantara melalui perdagangan dan migrasi.</p><p>&nbsp;</p><p>Teori Arus Balik mengacu pada proses penyebaran agama Hindu-Buddha dari India ke wilayah Nusantara, yang kemudian diikuti dengan "balik" atau kembali ke India melalui jalur perdagangan. Penyebaran agama Hindu-Buddha ke Nusantara terjadi melalui berbagai jalur, termasuk jalur perdagangan dan migrasi.</p><p>Pada saat itu, perdagangan maritim menjadi salah satu faktor utama dalam penyebaran agama Hindu-Buddha. Pedagang India membawa agama mereka ke wilayah Nusantara ketika mereka melakukan perdagangan dengan kerajaan-kerajaan di kepulauan ini. Selain itu, juga terjadi migrasi penduduk dari India ke Nusantara yang membawa agama dan kebudayaan mereka.</p><p>Setelah agama Hindu-Buddha mengakar di Nusantara, hubungan perdagangan antara Nusantara dan India terus berlanjut, dan agama Hindu-Buddha juga dibawa kembali ke India melalui jalur perdagangan yang sama. Fenomena ini mencerminkan adanya aliran budaya dan agama antara India dan Nusantara, yang kemudian dikenal sebagai Teori Arus Balik.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>


a. proses penyebaran Hindu-Buddha dari India ke Nusantara melalui perdagangan dan migrasi.

 

Teori Arus Balik mengacu pada proses penyebaran agama Hindu-Buddha dari India ke wilayah Nusantara, yang kemudian diikuti dengan "balik" atau kembali ke India melalui jalur perdagangan. Penyebaran agama Hindu-Buddha ke Nusantara terjadi melalui berbagai jalur, termasuk jalur perdagangan dan migrasi.

Pada saat itu, perdagangan maritim menjadi salah satu faktor utama dalam penyebaran agama Hindu-Buddha. Pedagang India membawa agama mereka ke wilayah Nusantara ketika mereka melakukan perdagangan dengan kerajaan-kerajaan di kepulauan ini. Selain itu, juga terjadi migrasi penduduk dari India ke Nusantara yang membawa agama dan kebudayaan mereka.

Setelah agama Hindu-Buddha mengakar di Nusantara, hubungan perdagangan antara Nusantara dan India terus berlanjut, dan agama Hindu-Buddha juga dibawa kembali ke India melalui jalur perdagangan yang sama. Fenomena ini mencerminkan adanya aliran budaya dan agama antara India dan Nusantara, yang kemudian dikenal sebagai Teori Arus Balik.

 

 


 


Iklan

Iklan

Mercon M

Community

27 April 2024 12:20

Jawabannya adalah a. proses penyebaran Hindu-Buddha dari India ke Nusantara melalui perdagangan dan migrasi. Pembahasan: Teori Arus Balik mengacu pada fenomena penyebaran agama Hindu dan Buddha dari India ke Nusantara, yang terjadi melalui jalur perdagangan dan migrasi. Arus Balik menggambarkan proses kembali atau penyebaran kembali agama-agama tersebut dari India ke wilayah-wilayah Nusantara setelah sebelumnya telah terjadi kontak awal antara kedua wilayah tersebut. Hal ini mencakup perdagangan maritim yang aktif antara India dan wilayah-wilayah Nusantara, serta migrasi para pedagang, pemuka agama, dan ahli spiritual dari India ke kepulauan Nusantara. Oleh karena itu, opsi (a) merupakan jawaban yang tepat.


Mau jawaban yang terverifikasi?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

salah satu teori masuk dan berkembangnya pengaruh Hindu Budha di Indonesia adalah teori brahmana. Kemukakan inti dari teori brahmana.

1

0.0

Jawaban terverifikasi