Aisyah I

23 Agustus 2023 11:20

Iklan

Iklan

Aisyah I

23 Agustus 2023 11:20

Pertanyaan

tentukan unsur intrinsik dari cerkak pakulinan

tentukan unsur intrinsik dari cerkak pakulinan


3

2


Iklan

Iklan

Agrel S

23 Agustus 2023 12:03

<p>Unsur intrinsik Kabeh cerkak kui Podo kabeh, unsur intrinsik cerkak pakukinang yaitu :</p><p>&nbsp;• Tema : gagasan Utawa idhe sing dadi uderane &nbsp;cerita&nbsp;</p><p>•Alur/plot : Rerangkane kedadean ing sawijining &nbsp;cerkak</p><p>•Latar/setting : Katrangan sing bisa dijupsaka teks cerkak ngenani papan panggonan, waktu/wayah, Ian swasana</p><p>•Penokohan: Paraga ciptaan sing ana ing teks cerkak</p><p>•Sudut pandang : papan sing nyritakake ana ing sajroning cerita</p><p>•Amanat/pesan : Pesan sg disampekake penulis katujukake marang sing maca</p><p>&nbsp;</p>

Unsur intrinsik Kabeh cerkak kui Podo kabeh, unsur intrinsik cerkak pakukinang yaitu :

 • Tema : gagasan Utawa idhe sing dadi uderane  cerita 

•Alur/plot : Rerangkane kedadean ing sawijining  cerkak

•Latar/setting : Katrangan sing bisa dijupsaka teks cerkak ngenani papan panggonan, waktu/wayah, Ian swasana

•Penokohan: Paraga ciptaan sing ana ing teks cerkak

•Sudut pandang : papan sing nyritakake ana ing sajroning cerita

•Amanat/pesan : Pesan sg disampekake penulis katujukake marang sing maca

 


Iklan

Iklan

Vincent M

Community

23 Agustus 2023 12:07

<p>Unsur intrinsik adalah elemen-elemen yang terdapat dalam sebuah karya sastra yang membentuk struktur dan isi karya tersebut. Dalam cerkak "Pakulinan," unsur-unsur intrinsiknya mencakup:</p><p><strong>Tokoh (Characters):</strong> Tokoh-tokoh dalam cerkak "Pakulinan" termasuk orang-orang di desa Pakulinan, seperti Mbah Singobarong, Gunung Api, Pekik, dan lainnya. Mereka memiliki karakteristik, peran, dan interaksi yang membentuk alur cerita.</p><p><strong>Alur (Plot):</strong> Alur cerita menggambarkan peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam cerkak tersebut. Alur "Pakulinan" berpusat pada upaya warga desa Pakulinan untuk menenangkan Gunung Api dan melawan Gunung Gede.</p><p><strong>Setting (Lokasi dan Waktu):</strong> Cerita ini berlangsung di desa Pakulinan dan sekitarnya, serta melibatkan Gunung Api dan Gunung Gede. Waktu cerita tidak secara spesifik dijelaskan, namun terdapat unsur magis dan legendaris yang memberikan nuansa khas.</p><p><strong>Latar (Background):</strong> Latar sosial dan budaya desa Pakulinan dan hubungannya dengan alam dan mitologi lokal membentuk latar cerita.</p><p><strong>Gaya Bahasa (Style):</strong> Gaya bahasa yang digunakan dalam cerkak ini mencerminkan pengaruh budaya dan nuansa yang kuat. Penggunaan bahasa yang khas dan perpaduan unsur budaya lokal memperkaya cerita.</p><p><strong>Tema (Theme):</strong> Tema "Pakulinan" mencakup keberanian, persatuan, serta perlawanan terhadap kekuatan alam dan kejahatan. Tema ini diwakili oleh perjuangan warga desa Pakulinan melawan Gunung Api dan Gunung Gede.</p><p><strong>Amanat (Moral Message):</strong> Cerkak ini mengandung pesan tentang pentingnya kesatuan dan keberanian dalam menghadapi tantangan, serta penghargaan terhadap alam dan mitologi lokal.</p><p>Dengan memperhatikan unsur-unsur intrinsik tersebut, kita dapat lebih memahami struktur dan makna dari cerkak "Pakulinan."</p>

Unsur intrinsik adalah elemen-elemen yang terdapat dalam sebuah karya sastra yang membentuk struktur dan isi karya tersebut. Dalam cerkak "Pakulinan," unsur-unsur intrinsiknya mencakup:

Tokoh (Characters): Tokoh-tokoh dalam cerkak "Pakulinan" termasuk orang-orang di desa Pakulinan, seperti Mbah Singobarong, Gunung Api, Pekik, dan lainnya. Mereka memiliki karakteristik, peran, dan interaksi yang membentuk alur cerita.

Alur (Plot): Alur cerita menggambarkan peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam cerkak tersebut. Alur "Pakulinan" berpusat pada upaya warga desa Pakulinan untuk menenangkan Gunung Api dan melawan Gunung Gede.

Setting (Lokasi dan Waktu): Cerita ini berlangsung di desa Pakulinan dan sekitarnya, serta melibatkan Gunung Api dan Gunung Gede. Waktu cerita tidak secara spesifik dijelaskan, namun terdapat unsur magis dan legendaris yang memberikan nuansa khas.

Latar (Background): Latar sosial dan budaya desa Pakulinan dan hubungannya dengan alam dan mitologi lokal membentuk latar cerita.

Gaya Bahasa (Style): Gaya bahasa yang digunakan dalam cerkak ini mencerminkan pengaruh budaya dan nuansa yang kuat. Penggunaan bahasa yang khas dan perpaduan unsur budaya lokal memperkaya cerita.

Tema (Theme): Tema "Pakulinan" mencakup keberanian, persatuan, serta perlawanan terhadap kekuatan alam dan kejahatan. Tema ini diwakili oleh perjuangan warga desa Pakulinan melawan Gunung Api dan Gunung Gede.

Amanat (Moral Message): Cerkak ini mengandung pesan tentang pentingnya kesatuan dan keberanian dalam menghadapi tantangan, serta penghargaan terhadap alam dan mitologi lokal.

Dengan memperhatikan unsur-unsur intrinsik tersebut, kita dapat lebih memahami struktur dan makna dari cerkak "Pakulinan."


Mau jawaban yang terverifikasi?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Tentukan Jenis Pola Bilangan Berikut! d. 1, 3, 5, 7

493

5.0

Lihat jawaban (4)

Ada beberapa orang di dalam kereta. 19 orang turun di pemberhentian pertama dan 17 orang naik. Sekarang di dalam kereta ada 63 orang. Ada berapa banyak orang saat kereta diberangkatkan?

422

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan