Cepra A

16 Juni 2022 05:28

Iklan

Iklan

Cepra A

16 Juni 2022 05:28

Pertanyaan

Tentukan apakah pernyataan di bawah ini benar atau salah (B/S). Saluran pencernaan yang menghasilkan enzim pencernaan ialah mulut, lambung, dan usus halus.


101

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Gustinawati

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

16 Juni 2022 05:52

Jawaban terverifikasi

Jawaban yang benar untuk soal di atas adalah pernyataan benar. Pernyataan benar apabila saluran pencernaan yang menghasilkan enzim pencernaan ialah mulut, lambung, dan usus halus. Pencernaan kimiawi adalah proses perubahan molekul-molekul bahan organik yang ada dalam bahan makanan dari bentuk yang kompleks menjadi molekul lebih sederhana dengan bantuan enzim. Pencernaan kimiawi ini terdapat di Saluran pencernaan yang menghasilkan enzim pencernaan ialah mulut, lambung, dan usus halus (duodenum, jejunum, ileum). 1. Mulut Enzim amilase saliva di ludah pada mulut mencerna karbohidrat berupa amilum menjadi disakarida (maltosa). Yang termasuk disakarida misalnya adalah laktosa, maltosa dan sukrosa. 2. Lambung Getah lambung juga mengandung enzim pepsinogen, lipase, dan renin. - Pepsinogen akan diaktifkan oleh HCl menjadi pepsin. Pepsin berfungsi memecah molekul-molekul protein menjadi pepton. - Enzim renin berfungsi menggumpalkan kasein yang terdapat dalam susu. 3. Usus dua belas jari (duodenum) Di dalam usus dua belas jari terdapat lubang sebagai muara enzim yang diproduksi pankreas dan cairan empedu dari hati. Getah pankreas mengandung zat-zat berikut: a. Tripsinogen, yang diaktifkan oleh enterokinase menjadi tripsin. Tripsin berfungsi memecah protein menjadi pepton. Selanjutnya, pepton diubah menjadi asam amino. b. Enzim amilase pankreas yang berfungsi mengubah amilum menjadi maltosa. c. Enzim lipase pankreas (streapsin), berfungsi mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol. 4. Jejunum dan ileum Pada dinding jejunum terdapat banyak sel-sel kelenjar yang menghasilkan getah usus. Getah usus mengandung zat-zat berikut. a. Erepsinogen atau peptidase, yang diaktifkan oleh enterokinase menjadi erepsin. Erepsin berfungsi memecah pepton menjadi asam amino. b. Enzim maltase, sukrase, dan laktase, berfungsi mengubah gula disakarida menjadi gula monosakarida (glukosa). c. Lipase usus berfungsi mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol. Dengan demikian, pernyataan di atas benar.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Kemungkinan keturunan anak laki-laki mengalami buta warna dari pernikahan seorang laki-laki normal dengan seorang wanita buta warna ialah...

596

5.0

Jawaban terverifikasi