Aulya A

03 Juni 2024 13:24

Iklan

Iklan

Aulya A

03 Juni 2024 13:24

Pertanyaan

temukan 5 perbedaan antara antigen dan antibodi dalam sistem imun!

temukan 5 perbedaan antara antigen dan antibodi dalam sistem imun! 


5

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Celine G

04 Juni 2024 06:29

Jawaban terverifikasi

<p>Antigen dan antibodi keduanya berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh atau imunitas. Istilah ini mulai ramai dikenal semenjak kasus COVID-19.</p><p>Sistem imunitas tubuh dirangsang oleh zat antigen sehingga menghasilkan antibodi. Pada tubuh manusia, ini bisa saja berbentuk bakteri, virus, atau bahan kimia tertentu. Ini dianggap sebagai zat asing oleh sistem imunitas karena dapat mengancam kesehatan tubuh.&nbsp;</p><p>Sementara itu, antibodi adalah zat kimia yang ada di aliran darah. Ia bekerja sebagai sistem imunitas tubuh. Fungsi antibodi dalam tubuh penting, yaitu sebagai tembok pertahanan terhadap antigen, seperti bakteri, virus, maupun zat beracun yang menyebabkan penyakit.</p><p><strong>Antigen adalah</strong> zat yang dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk menghasilkan antibodi sebagai bentuk perlawanan.</p><p><strong>Antibodi adalah</strong> zat kimia yang beredar di aliran darah dan termasuk dalam bagian dari sistem imunitas atau kekebalan tubuh.</p><p><strong>PERBEDAAN ANTIGEN DAN ANTIBODI:</strong></p><ol><li><strong>Antigen</strong> adalah molekul asing yang dapat menginduksi adanya respon imun dan bereaksi secara spesifik terhadap respon imun tersebut. <strong>Antibodi</strong> adalah protein pelindung yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh manusia.</li><li><strong>Antigen</strong> berfungsi untuk mengaktifkan kekebalan tubuh manusia. <strong>Antibodi</strong> berfungsi untuk menetralisasi toksin yang masuk dan untuk pertahanan tubuh terhadap infeksi dan virus.</li><li><strong>Antigen</strong> memicu pembentukkan antibodi dalam tubuh. <strong>Antibodi</strong> diproduksi untuk menjaga kekebalan tubuh.</li><li><strong>Antigen</strong> bisa berasal dari luar tubuh manusia, meski ada yang diproduksi dalam tubuh. <strong>Antibodi</strong> selalu diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh manusia.</li><li><strong>Antigen </strong>memiliki bentuk yang beranekaragam dan unik yang biasanya berupa protein atau gula (polisakarida) yang ditemukan di luar benda seperti sel atau virus. <strong>Antibodi</strong> menyerupai bentuk antigen yang akan dilawan dan merupakan protein berbentuk huruf Y atau penjepit dengan dua lengan yang fungsinya menangkap antigen.<br><br>&nbsp;</li></ol><p>&nbsp;</p>

Antigen dan antibodi keduanya berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh atau imunitas. Istilah ini mulai ramai dikenal semenjak kasus COVID-19.

Sistem imunitas tubuh dirangsang oleh zat antigen sehingga menghasilkan antibodi. Pada tubuh manusia, ini bisa saja berbentuk bakteri, virus, atau bahan kimia tertentu. Ini dianggap sebagai zat asing oleh sistem imunitas karena dapat mengancam kesehatan tubuh. 

Sementara itu, antibodi adalah zat kimia yang ada di aliran darah. Ia bekerja sebagai sistem imunitas tubuh. Fungsi antibodi dalam tubuh penting, yaitu sebagai tembok pertahanan terhadap antigen, seperti bakteri, virus, maupun zat beracun yang menyebabkan penyakit.

Antigen adalah zat yang dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk menghasilkan antibodi sebagai bentuk perlawanan.

Antibodi adalah zat kimia yang beredar di aliran darah dan termasuk dalam bagian dari sistem imunitas atau kekebalan tubuh.

PERBEDAAN ANTIGEN DAN ANTIBODI:

  1. Antigen adalah molekul asing yang dapat menginduksi adanya respon imun dan bereaksi secara spesifik terhadap respon imun tersebut. Antibodi adalah protein pelindung yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh manusia.
  2. Antigen berfungsi untuk mengaktifkan kekebalan tubuh manusia. Antibodi berfungsi untuk menetralisasi toksin yang masuk dan untuk pertahanan tubuh terhadap infeksi dan virus.
  3. Antigen memicu pembentukkan antibodi dalam tubuh. Antibodi diproduksi untuk menjaga kekebalan tubuh.
  4. Antigen bisa berasal dari luar tubuh manusia, meski ada yang diproduksi dalam tubuh. Antibodi selalu diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh manusia.
  5. Antigen memiliki bentuk yang beranekaragam dan unik yang biasanya berupa protein atau gula (polisakarida) yang ditemukan di luar benda seperti sel atau virus. Antibodi menyerupai bentuk antigen yang akan dilawan dan merupakan protein berbentuk huruf Y atau penjepit dengan dua lengan yang fungsinya menangkap antigen.

     

 


Iklan

Iklan

Navniaaa N

05 Juni 2024 02:11

Jawaban terverifikasi

<p>Antigen dan antibodi adalah dua hal yang berbeda. Saat ini masuk ke tubuh, sistem kekebalan menghasilkan sebuah zat yang akan menghancurkannya.&nbsp;</p><p>Zat yang dihasilkan sistem imun ini disebut sebagai antibodi. Perlu diketahui, ini bisa masuk ke tubuh melalui makanan, minuman, kotoran, debu, atau polusi.&nbsp;</p><p>Antibodi adalah bagian dari sistem kekebalan yang bekerja untuk melindungi tubuh dari bahaya virus, bakteri, kuman zat-zat yang dapat menyebabkan penyakit infeksi. Sistem imunitas tubuh akan menghasilkan antibodi sesuai dengan banyaknya antigen.</p><p>Bentuk antibodi menyerupai bentuk antigen yang akan dilawan. Tujuan antibodi menyerupai bentuk yaitu supaya antibodi bisa menempel pada antigen kemudian melawannya. Dengan begitu, antigen dalam tubuh tidak akan berkembang dan gagal menyebabkan infeksi.</p><p>Ini juga dapat menyebabkan reaksi alergi dan penyakit yang berkaitan dengan alergi, seperti asma dan eksim. Namun, kondisi ini hanya terjadi pada kasus tertentu.&nbsp;</p><p>&nbsp;</p>

Antigen dan antibodi adalah dua hal yang berbeda. Saat ini masuk ke tubuh, sistem kekebalan menghasilkan sebuah zat yang akan menghancurkannya. 

Zat yang dihasilkan sistem imun ini disebut sebagai antibodi. Perlu diketahui, ini bisa masuk ke tubuh melalui makanan, minuman, kotoran, debu, atau polusi. 

Antibodi adalah bagian dari sistem kekebalan yang bekerja untuk melindungi tubuh dari bahaya virus, bakteri, kuman zat-zat yang dapat menyebabkan penyakit infeksi. Sistem imunitas tubuh akan menghasilkan antibodi sesuai dengan banyaknya antigen.

Bentuk antibodi menyerupai bentuk antigen yang akan dilawan. Tujuan antibodi menyerupai bentuk yaitu supaya antibodi bisa menempel pada antigen kemudian melawannya. Dengan begitu, antigen dalam tubuh tidak akan berkembang dan gagal menyebabkan infeksi.

Ini juga dapat menyebabkan reaksi alergi dan penyakit yang berkaitan dengan alergi, seperti asma dan eksim. Namun, kondisi ini hanya terjadi pada kasus tertentu. 

 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Mengembangkan sikap saling menghargai, menyayangi dan mencintai sesama manusia termasuk ke dalam Sila …. A. Pertama B. Kedua C. Ketiga D. Keempat

0

0.0

Jawaban terverifikasi