Nina N

11 September 2023 07:36

Iklan

Nina N

11 September 2023 07:36

Pertanyaan

Tema:ipa kls 6 Soal cuma ada 5 1.apa itu perkembangan biak secara generatif 2. Apa itu perkembangan biak secara vegetatif dan apa bedanya dengan vegetatif alami dan buatan 3. Apa itu zigot 4. Apa itu penyerbukkan pada tanamanDan bagaimana terjadinya penyerbukkan 5. Apa itu pembuahan pada tanaman dan bagaimana terjadinya pembuahan tersebut Tolong jawab dan jelaskan secara lengkap;)

Tema:ipa kls 6

Soal cuma ada 5

1.apa itu perkembangan biak secara  generatif

2. Apa itu perkembangan biak secara vegetatif dan apa bedanya dengan vegetatif alami dan buatan

3. Apa itu zigot

4. Apa itu penyerbukkan pada tanamanDan bagaimana terjadinya penyerbukkan

5. Apa itu pembuahan pada tanaman dan bagaimana terjadinya pembuahan tersebut 

Tolong jawab dan jelaskan secara lengkap;)

 

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

01

:

07

:

37

:

00

Klaim

2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Vincent M

Community

11 September 2023 10:05

Jawaban terverifikasi

<p>1 . Perkembangbiakan secara generatif adalah <strong>proses perkembangbiakan tumbuhan dengan cara pembuahan dan penyerbukan</strong>. Perkembangbiakan secara generatif tumbuhan hanya terjadi pada tumbuhan yang memiliki organ reproduksi seperti serbuk sari dan kepala putik.</p><p>Contoh cara perkembangbiakan pada tumbuhan secara generatif adalah <strong>konjugasi, isogami, anisogami dan penyerbukan</strong>. Penyerbukan pada tumbuhan dapat dibantu oleh serangga.</p><p>2. Perkembangbiakan vegetatif adalah <strong>perkembangbiakan tumbuhan tanpa proses penyerbukan</strong>. Perkembangbiakan vegetatif terbagi menjadi dua, yakni alami (tanpa bantuan manusia) dan buatan (dengan bantuan manusia).</p><p>Perkembangbiakan <strong>vegetatif alami</strong> adalah proses reproduksi pada tumbuhan yang dapat diketahui pada tumbuhan muda yang baru tumbuh dan berkembang dari bagian-bagian <strong>vegetatif</strong> dari tumbuhan induk. Perkembangbiakan <strong>vegetatif buatan</strong> adalah proses reproduksi tumbuhan yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhannya.</p><p>3. Zi got merupakan <strong>gabungan sper ma dengan sel telur</strong>. Sel tersebut berisi semua informasi genetik (DNA) yang dibutuhkan untuk menjadi seorang bayi. Sebagian DNA berasal dari sel telur dan sebagiannya lagi berasal dari sper ma ayah.</p><p>4. Penyerbukan pada tumbuhan adalah <strong>proses menempelnya serbuk sari dari benang sari yang merupakan alat reproduksi jantan ke putik yang merupakan alat reproduksi betina</strong>. Singkatnya, penyerbukan adalah proses kawin atau reproduksi pada tumbuhan untuk menghasilkan buah atau tumbuhan baru.</p><p>5. Pembuahan (fertilisasi) adalah <strong>peristiwa peleburan sel kelamin jantan (sper ma) dengan sel ke lamin betina/sel telur (o vum)</strong>. Proses ini hanya dapat terjadi di antara bunga yang sejenis. Pada tumbuhan bi ji, pembuahan terjadi di dalam ruang Bakal bi ji.</p><p>Proses pembuahan pada tumbuhan terjadi <strong>ketika serbuk sari yang terdapat dalam benang sari menempel di atas kepala putik</strong>. Adapun penjelasan secara detail mengenai proses pembuahan adalah sebagai berikut. Saat serbuk sari sudah menempel, putik akan mengeluarkan cairan yang mengakibatkan serbuk sari mengembang.</p><p>&nbsp;</p>

1 . Perkembangbiakan secara generatif adalah proses perkembangbiakan tumbuhan dengan cara pembuahan dan penyerbukan. Perkembangbiakan secara generatif tumbuhan hanya terjadi pada tumbuhan yang memiliki organ reproduksi seperti serbuk sari dan kepala putik.

Contoh cara perkembangbiakan pada tumbuhan secara generatif adalah konjugasi, isogami, anisogami dan penyerbukan. Penyerbukan pada tumbuhan dapat dibantu oleh serangga.

2. Perkembangbiakan vegetatif adalah perkembangbiakan tumbuhan tanpa proses penyerbukan. Perkembangbiakan vegetatif terbagi menjadi dua, yakni alami (tanpa bantuan manusia) dan buatan (dengan bantuan manusia).

Perkembangbiakan vegetatif alami adalah proses reproduksi pada tumbuhan yang dapat diketahui pada tumbuhan muda yang baru tumbuh dan berkembang dari bagian-bagian vegetatif dari tumbuhan induk. Perkembangbiakan vegetatif buatan adalah proses reproduksi tumbuhan yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhannya.

3. Zi got merupakan gabungan sper ma dengan sel telur. Sel tersebut berisi semua informasi genetik (DNA) yang dibutuhkan untuk menjadi seorang bayi. Sebagian DNA berasal dari sel telur dan sebagiannya lagi berasal dari sper ma ayah.

4. Penyerbukan pada tumbuhan adalah proses menempelnya serbuk sari dari benang sari yang merupakan alat reproduksi jantan ke putik yang merupakan alat reproduksi betina. Singkatnya, penyerbukan adalah proses kawin atau reproduksi pada tumbuhan untuk menghasilkan buah atau tumbuhan baru.

5. Pembuahan (fertilisasi) adalah peristiwa peleburan sel kelamin jantan (sper ma) dengan sel ke lamin betina/sel telur (o vum). Proses ini hanya dapat terjadi di antara bunga yang sejenis. Pada tumbuhan bi ji, pembuahan terjadi di dalam ruang Bakal bi ji.

Proses pembuahan pada tumbuhan terjadi ketika serbuk sari yang terdapat dalam benang sari menempel di atas kepala putik. Adapun penjelasan secara detail mengenai proses pembuahan adalah sebagai berikut. Saat serbuk sari sudah menempel, putik akan mengeluarkan cairan yang mengakibatkan serbuk sari mengembang.

 


Iklan

Keysha N

10 Agustus 2024 03:39

<p>Perkembangbiakan yang melibatkan induk betina dan induk jantan&nbsp;</p>

Perkembangbiakan yang melibatkan induk betina dan induk jantan 


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan