Dysta A

12 April 2022 01:42

Pertanyaan

Sumpah Pemuda dirumuskan dan diikrarkan oleh para dari golongan yang berbeda. Perbedan tidak menjadi penghalang bagi para pemuda untuk berikrar dalam satu wadah yakni satu bangsa Indonesia. Nilai luhur yang terkandung dari peristiwa Sumpah Pemuda tersebut adalah


135

1

Jawaban terverifikasi

F. Rizqi

Mahasiswa/Alumni Institut Teknologi Bandung

12 April 2022 02:48

Jawaban terverifikasi

Hello Dysta A, Kak Fariz bantu jawab ya. Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah rasa cinta tanah air, nilai persatuan dan kesatuan, nilai rela berkorban, mengutamakan kepentingan bangsa diatas kepentingan pribadi dan kelompoknya, semangat persaudaraan, dan menghargai perbedaan satu sama lain. Yuk simak pembahasan berikut. Sumpah Pemuda adalah suatu bentuk pergerakan untuk memperoleh kemerdekaan Republik Indonesia yang dilakukan oleh para pemuda-pemudi Indonesia, yang menjadi unsur utama dalam perjuangan bangsa melawan penjajah demi mempersatukan seluruh rakyat Indonesia dalam perjuangan untuk meraih kemerdekaan. Hal ini dilakukan dengan menyatakan janji yaitu satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa. Nilai luhur yang terkandung dari peristiwa Sumpah Pemuda tersebut adalah sebagai berikut: 1. Rasa cinta tanah air. 2. Nilai persatuan dan kesatuan. 3. Nilai rela berkorban. 4. Mengutamakan kepentingan bangsa diatas kepentingan pribadi dan kelompoknya. 5. Semangat persaudaraan. 6. Menghargai perbedaan satu sama lain. Dengan demikian, nilai luhur yang terkandung dari peristiwa Sumpah Pemuda tersebut adalah rasa cinta tanah air, nilai persatuan dan kesatuan, nilai rela berkorban, mengutamakan kepentingan bangsa diatas kepentingan pribadi dan kelompoknya, semangat persaudaraan, dan menghargai perbedaan satu sama lain. Semoga membantu ya.


ask to forum

Belum menemukan jawaban?

Tanya soalmu ke Forum atau langsung diskusikan dengan tutor roboguru plus, yuk

Tanya ke Forum

Pertanyaan serupa

Perhatikan pernyataan berikut 1) UUD 1945 2) Peraturan Daerah Provinsi 3) Peraturan Pemerintah 4) Undang Undang/Perpu 5) Peraturan Presiden 6) Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat 7) Peraturan Daerah Kabupaten/ Kota Tata urutan perundang undangan di atas jika diurutkan menurut Undang-Undang Nomor 12 tahun 2011 tentang tata urutan perundang-undangan ditunjukkan pada huruf... A. 1), 2), 3), 4), 5), 6), 7) B. 1), 6), 4), 3), 5), 2), 7) C. 1), 6), 4), 5), 3), 2), 7) D. 1), 6), 3), 4), 5), 2), 7)

37

0.0

Jawaban terverifikasi