Ajeng D

02 Februari 2022 12:38

Iklan

Iklan

Ajeng D

02 Februari 2022 12:38

Pertanyaan

sistem pendidikan di Indonesia berubah seiring dengan perkembangan jaman. penulisan ejaan kata yang tidak tepat pada kalimat tersebut adalah... dan ...?


10

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

C. Aurora

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

03 Februari 2022 11:24

Jawaban terverifikasi

Halo, Ajeng D. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru, ya. Kakak bantu jawab, ya. Penulisan ejaan kata yang tidak tepat pada kalimat tersebut adalah ejaan "sistem" di awal kalimat dan kata "jaman". Berikut ini pembahasan untuk menjawab soal tersebut. Ejaan merupakan kaidah cara menggambarkan bunyi-bunyi (kata, kalimat, dan sebagainya) dalam bentuk tulisan (huruf-huruf) serta penggunaan tanda baca. Kaidah perujukan penulisan ejaan bahasa Indonesia terdiri atas dua, yaitu Kamus Besar Bahasa Indonesia dan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Penulisan ejaan kata yang tidak tepat pada kalimat tersebut adalah ejaan "sistem" di awal kalimat dan kata "jaman". Berikut ini adalah analisis kesalahan penulisan dan perbaikan kata tersebut. 1. Penulisan kata "sistem" kurang sesuai dengan ejaan karena tidak menggunakan huruf kapital pada huruf pertama. Seharusnya, setiap huruf pertama pada kata pertama dalam kalimat harus menggunakan huruf kapital. 2. Penulisan kata "jaman" tidak sesuai dengan ejaan karena termasuk kata tidak baku. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata yang sesuai adalah kata "zaman" yang bermakna 'jangka waktu yang panjang atau pendek yang menandai sesuatu'. Dengan demikian, penulisan ejaan kata yang tidak tepat pada kalimat tersebut adalah ejaan "sistem" di awal kalimat dan kata "jaman". Semoga dapat membantu, ya.


Iklan

Iklan

Vira A

07 Februari 2022 21:08

p kk boleh tanya


Riyaldi F

04 April 2023 12:55

Kata yang tidak baku dalam kalimat tersebut adalah ...dan...


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Dalam teks eksplanasi, pernyataan umum, isi, dan penutup harus berkaitan dan saling ... . a. memahami b. mendorong c. menggambarkan d. menjelaskan

128

1.0

Jawaban terverifikasi