Nabila Z

25 Februari 2020 09:51

Iklan

Iklan

Nabila Z

25 Februari 2020 09:51

Pertanyaan

sistem koordinasi merupakan bentuk kerja sama antara sistem indra, sistem saraf, dan sistem hormon. bagamana ketiga sistem ini bekerja sama? berikan contohnya!


4

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

E. Milada

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

04 Januari 2022 14:16

Jawaban terverifikasi

Halo Nabila, kakak bantu jawab ya :) Sistem koordinasi merupakan bentuk kerjasama antara sistem indera, sistem saraf dan sistem hormon yaitu ketika adanya rangsangan melalui sistem indera tubuh yang akan diteruskan ke sistem koordinasi dengan adanya hormon sebagai alat pengatur penyeimbang tubuh dan kemudian akan memberikan tanggapan. Mari kita bahas bersama! Sistem koordinasi adalah sebuah sistem yang mengatur kerja organ-organ pada tubuh. Sistem ini berperan untuk memerintahkan setiap organ untuk dapat bekerjasama mendukung fungsi tubuh agar bekerja dengan baik. Semua sistem koordinasi saraf tersebut tidak akan berfungsi tanpa adanya sel saraf. Sel saraf atau yang biasa disebut neuron merupakan satuan kerja utama dari sistem koordinasi saraf. Mekanisme kerja sistem saraf dalam menghantarkan impuls saraf adalah hasil kerja dari neuron ini. Sel saraf juga yang memungkinkan kamu dapat merasakan berbagai rangsang dari panca indra. Di dalam organ indra terdapat ujung saraf yang sangat peka terhadap rangsangan yang disebut reseptor. Alat indra ini merupakan bagian dari sistem koordinasi pada manusia yang berfungsi untuk menerima setiap rangsangan dari luar. Reseptor kemudian meneruskan informasi tersebut ke otak. Selain itu, terdapat juga kelenjar endokrin dengan cara kerja di bawah perintah saraf dan sistem inilah yang menentukan kapan kelenjar harus memproduksi hormon dan kapan melepaskannya. Semoga jawabannya membantu ya!


Iklan

Iklan

Sultan M

26 Februari 2020 12:42

Sangat berhubungan karena itu dapat menjadi sistem impuls atau kerja dari suatu koordinasi pada tubuh. contoh pada saat kaki tersentuh duri maka akan terasa rangsangan, kemudian rangsangan tersebut akan dibawa oleh saraf sensorik lanjut lagi ke sumsum tulang belakang(karena gerak reflek) dan diterima saraf motorik dan otak yang menyebabkan indra penglihatan dan mulut berkata "Aduh...!" , pada saat itu hormon-hormon akan bekerja untuk menyeimbangkan gerakan tubuh akibat sakit yang dirasakan.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

jelaskan mekanisme pernapasan perut

3

5.0

Jawaban terverifikasi