Rani H

29 April 2022 00:22

Iklan

Iklan

Rani H

29 April 2022 00:22

Pertanyaan

Sistem Informasi Geografis Tata Guna Lahan di Kabupaten Sleman Artikel ini dirangkum dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Putra & Sugiartawan (2019) yang merancang SIG sehingga menghasilkan peta tata guna lahan di Kabupaten Sleman Provinsi D.I. Yogyakarta. Pembuatan peta tata guna lahan dengan menggunakan SIG bertujuan untuk mendukung pengambilan keputusan mengenai rencana penggunaan lahan dan potensi sumber daya alam. Tata guna lahan adalah hal yang penting dilakukan untuk mengurangi kerusakan tanaman dan lahan sehingga penanaman suatu tanaman disesuaikan dengan lahan dan kondisi cuaca suatu daerah. Penelitian ini menggunakan berbagai data, seperti peta administratif Kabupaten Sleman hingga informasi komoditas unggul di Kabupaten Sleman beserta vegetasinya. Semua data diinput dan diolah melalui aplikasi sistem dan analisis spasial sehingga menghasilkan peta tentang tata guna lahan di Kabupaten Sleman. Di bawah ini peta tata guna lahan di Kabupaten Sleman. Harapannya dengan peta tersebut pemerintah dapat membantu petani untuk menanam suatu komoditas tanaman yang sesuai dengan lahannya. \ Sumber: Putra, D. M. D. U., & Sugiartawan, P. (2019). Sistem Informasi Geografis Tata Guna Lahan di Kabupaten Sleman. Jurnal Sistem Informasi dan Komputer Terapan Indonesia (JSIKTI), 1(3), 175-184. Bagaimana pemanfaatan SIG untuk wilayah kalian? Dapatkah SIG menjadi perangkat untuk memperbaiki keadaan dengan lebih baik?

alt

9

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

T. TA.KakDeri

20 Juli 2022 13:02

Jawaban terverifikasi

Jawaban : SIG dimanfaatkan untuk bidang perencanaan tata ruang wilayah, mengkaji kesesuaian tanaman dan permukiman, pemantauan Daerah Aliran Sungai (DAS) serta mengkaji wilayah rawan bencana. Sistem Informasi Geografis (SIG) merupakan suatu sistem yang mampu mengelola, menyusun dan menganalisis data-data geospasial. SIG banyak dimanfaatkan untuk pengambilan keputusan di berbagai bidang, hal tersebut karena SIG mampu mempresentasikan data keadaan muka bumi secara nyata dalam komputer serta menganalisis data sesuai dengan kebutuhan. Pemanfaatan SIG diantaranya adalah dalam perencanaan tata ruang wilayah, pengkajian kesesuaian tanaman dan permukiman, pemantauan Daerah Aliran Sungai (DAS), pengkajian wilayah rawan bencana alam dan lain sebagainya. Dalam artikel yang tercantum pada soal, SIG dimanfaatkan untuk pembuatan peta tata guna lahann dalam rangka pengambilan keputusan mengenai rencana penggunaan lahan dan potensi sumber daya alam. Dengan SIG, analisis mengenai kesesuaian lahan dan potensi wilayah lebih mudah dilakukan. Hal ini tentunya dapat memberikan dampak yang positif bagi perkembangan wilayah. Karena dengan peta tersebut diharapkan para petani dapat menanam komoditas yang sesuai dengan lahannya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara tidak langsung, SIG dapat memperbaiki keadaan menjadi lebih baik.


Iklan

Iklan

Yul A

07 Maret 2024 14:02

hal apa yg sebaiknya dilakukan petani ketika akan menanam?


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Kota di Indonesia yang menurut sejarah pertumbuhannya berasal dari pertambangan adalah .... a. Dumai, Tembagapura, Bogor b. Bandung, Pematang Siantar, Cepu c. Palembang, Deli Serdang, Soroako d. Jakarata, Kuala Tanjung, Surabaya e. Sawah Lunto, Soroako, Bontang, Duma

539

0.0

Jawaban terverifikasi