Saddam A

05 April 2020 12:44

Iklan

Iklan

Saddam A

05 April 2020 12:44

Pertanyaan

Simbiosis Mutualisme dan contohnya


5

5

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

R. Laila

31 Januari 2022 08:11

Jawaban terverifikasi

Hai Saddam, kakak coba bantu jawab, ya :) Simbiosis mutualisme adalah simbiosis ketika dua belah pihak saling merasa diuntungkan dan hubungan tersebut merupakan suatu keharusan. Contohnya adalah lumut kerak (liken). Simbiosis biasanya terjadi antara dua jenis makhluk hidup. Simbiosis terdiri dari tiga jenis yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme, dan simbiosis parasitisme. Simbiosis mutualisme adalah simbiosis yang saling menguntungkan antara kedua belah pihak dan hubungan tersebut menjadi sebuah keharusan. Artinya, kedua jenis makhluk hidup harus melakukan simbiosis untuk dapat hidup dengan baik. Contohnya adalah liken atau lumut kerak. Simbiosis tersebut terjadi antara jamur dengan ganggang. Simbiosis komensalisme adalah simbiosis yang terjadi ketika satu pihak merasa diuntungkan, dan pihak lain tidak terpengaruh. Contohnya adalah anggrek dengan pohon besar. Anggrek hidup menumpang di pohon besar, tetapi anggrek tidak mengambil nutrisi dari pohon besar tersebut karena bisa berfotosintesis (membuat makanan sendiri). Selain itu, ada juga simbiosis komensalisme antara interaksi antara ikan hiu dengan ikan remora. Ikan remora yang mengikuti ikan hiu, mendapatkan keuntungan berupa sumber makanan yang berasal dari sisa-sisa makanan dari ikan hiu dan mendapatkan perlindungan dari ikan hiu. Dalam interaksi ini, ikan hiu tidak merasa dirugikan oleh ikan remora. Simbiosis parasitisme adalah simbiosis antara kedua pihak, satu diuntungkan dan satu dirugikan. Contohnya adalah tali putri dengan tanaman pagar. Tali putri tumbuh menempel pada tanaman pagar. Tali putri tidak dapat membuat makanan sendiri karena tidak memiliki zat hijau daun, sehingga mengambil nutrisi tanaman pagar. Jika dibiarkan terus menerus, tanaman pagar akan mati. Semoga membantu, ya!


Iklan

Iklan

Rifda A

05 April 2020 13:29

Simbiosis Mutualisme = Saling menguntungkan contoh : Lebah/kupu-kupu/kumbang dengan bunga keterangan : Lebah mendapatkan nectar dan bunga dibantu penyerbukan contoh : Ikan badut dengan Anemone laut keterangan : Ikan badut mendapatkan perlindungan dan Anemone mendapatkan sisa makanan.


Ketua S

05 April 2020 14:36

simbiosis mutualisme adalah hubungan antara dua jenis makhluk hidup yg bersifat saling menguntungkan contohnya= ~burung jalak memakan kutu kerbau ~lebah/kupu kupu mengisap nektar bunga


Ketua S

05 April 2020 14:36

semoga bermanfaat:)๐Ÿ™๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜‰


Filius A

05 April 2020 13:26

burung jalak dan kerbau


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

sepatu bola memiliki bagian bagian yang menonjol di bagian dasarnya.bagian tersebut bertujuan untuk.

6

5.0

Jawaban terverifikasi