Anonim A

17 Maret 2024 14:54

Iklan

Anonim A

17 Maret 2024 14:54

Pertanyaan

Simaklah Teks diskusi berikut ! Larangan penggunaan plastik sekali pakai membuat dilemma. Bentuknya kepentingan ekonomi dengan kepentingan lingkungan tidak terhindarkan. Beberapa Perusahaan diuntungkan, tetapi tidak sedikit juga yang mengalami kerugian. Sebagai restoran makanan cepat saji di Indonesia saat ini memang sudah tidak lagi menyediakan sedotan untuk produk minumannya. Alasannya, mereka berupa untuk berkontribusi dalam gerakan mengurangi sampah plastik yang saat ini mengancam kelestarian lingkungan. Sebagai catatan , World Economic Forum (WEF) memprediksi produksi plastik di dunia akan mencapai 1,124 juta ton pada 2050, naik hampir empat kali lipat dari 2014 sebanyak 311 juta ton. Semakin nyatanya ancaman sampah plastik ini membuat gerakan mengurangi konsumsi plastik mulai bermunculan. Salah satu restoran cepat saji, misalnya, tidak lagi menyediakan sedotan di 189 restoran yang terbesar di penjuru Indonesia mulai November 2018. Langkah mengurangi sampah plastik juga dlakukan oleh sejumlah pemerintah daerah di Indonesia. Baru- baru ini, beberapa daerah menerapkan kebijakan melarang peredaran dan penggunaan plastik. Salah satunya adalah Provinsi Bali. Sepertinya halnya dua sisi lain ada pula pihak yang merasa dirugikan dengan gerakan mengurangi sampah plastik, khususnya terkait larangan penggunaan plastik. Pihak-pihak itu, antara lain dari pelaku usaha, produsen PSP, termasuk industri daur ulang Pelarangan plastik sekali pakai berpotensi mengganggu aktivitas bisnis. Tidak sedikit pedagang yang mengeluh lantaran terpaksa harus memakai kemasan lainnya, seperti kertas minyak dalam melayani pembeli. Alhasil, harga makanan dari para pedagang juga ikut naik, yakni sekitar 20 – 25 persen . Tantangan pedagang untuk menjual makanannya pun menjadi semakin berat. 18. Simpulan yang sesuai dengan teks diskusi tersebut adalah…. A. Sebaiknya, perusaahaan tidak menggunakan plastik sekali plastik pakai jika tidak ingin rugi. B. Sebaiknya, restoran makanan cepat saji di Indonesia menyediakan plastik sekali pakai. C. Sebaiknya, gunakanlah plastik sekali pakai dengan bijak agar tidak terdampak pada lingkungan. D. Sebaiknya, Pemerintah memberi subsidi kepada Perusahaan yang terkena dampak pembatasan plastik.

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

01

:

15

:

12

:

44

Klaim

1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Salsabila M

Community

19 Maret 2024 02:21

Jawaban terverifikasi

<p>Simpulan yang sesuai dengan teks diskusi tersebut adalah:</p><p>C. Sebaiknya, gunakanlah plastik sekali pakai dengan bijak agar tidak terdampak pada lingkungan.</p><p>Pilihan ini merangkum pesan utama dari teks diskusi, yaitu perlunya penggunaan plastik sekali pakai dengan bijak untuk mengurangi dampak negatifnya pada lingkungan. Meskipun ada berbagai kepentingan ekonomi yang terlibat, penting untuk mempertimbangkan konsekuensi jangka panjang terhadap lingkungan dan mencari solusi yang berkelanjutan.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

Simpulan yang sesuai dengan teks diskusi tersebut adalah:

C. Sebaiknya, gunakanlah plastik sekali pakai dengan bijak agar tidak terdampak pada lingkungan.

Pilihan ini merangkum pesan utama dari teks diskusi, yaitu perlunya penggunaan plastik sekali pakai dengan bijak untuk mengurangi dampak negatifnya pada lingkungan. Meskipun ada berbagai kepentingan ekonomi yang terlibat, penting untuk mempertimbangkan konsekuensi jangka panjang terhadap lingkungan dan mencari solusi yang berkelanjutan.

 

 

 

 


 


Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan