Erina E

30 November 2023 05:38

Iklan

Erina E

30 November 2023 05:38

Pertanyaan

Sila pertama pancasila adalah ketahanan yang maha Esa tuliskan 3 contoh penerapannya di sekolah kalian!

Sila pertama pancasila adalah ketahanan yang maha Esa tuliskan 3 contoh penerapannya di sekolah kalian!

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

01

:

14

:

22

:

46

Klaim

1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Kevin L

Gold

30 November 2023 12:12

Jawaban terverifikasi

Soal ini merujuk pada materi Pancasila, khususnya sila pertama yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa. Sila ini mencerminkan nilai-nilai religius dan kerohanian dalam kehidupan sehari-hari, termasuk di lingkungan sekolah. Penjelasan: 1. Contoh pertama penerapan sila pertama Pancasila di sekolah adalah dengan melaksanakan kegiatan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing siswa. Misalnya, siswa Muslim melaksanakan sholat Dzuhur berjamaah di sekolah, siswa Kristen melakukan doa bersama sebelum memulai pelajaran, dan seterusnya. 2. Contoh kedua adalah dengan menghargai dan menghormati agama dan kepercayaan orang lain. Misalnya, tidak ada diskriminasi terhadap siswa yang beragama minoritas dan semua siswa diberikan hak yang sama untuk melaksanakan ibadahnya. 3. Contoh ketiga adalah dengan mengajarkan nilai-nilai moral dan etika yang berlandaskan agama dan kepercayaan. Misalnya, guru mengajarkan tentang pentingnya jujur, bertanggung jawab, dan menghargai orang lain yang merupakan nilai-nilai yang diajarkan dalam agama dan kepercayaan. Kesimpulan: Jadi, tiga contoh penerapan sila pertama Pancasila di sekolah adalah melaksanakan kegiatan ibadah, menghargai dan menghormati agama dan kepercayaan orang lain, serta mengajarkan nilai-nilai moral dan etika yang berlandaskan agama dan kepercayaan.


Iklan

Turrcilaa T

30 November 2023 13:16

Jawaban terverifikasi

<p>Sila pertama Pancasila yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, dapat diterapkan di sekolah dengan cara:</p><p>1. Menanamkan nilai-nilai keagamaan kepada murid-murid, seperti mengajarkan doa sebelum dan sesudah pelajaran, serta mengadakan kegiatan keagamaan.</p><p>2. Menyediakan fasilitas untuk ibadah, seperti mushala atau kapel di dalam lingkungan sekolah.</p><p>3. Menjalin kerjasama dengan komunitas agama setempat untuk mengadakan kegiatan keagamaan bersama.</p><p>&nbsp;</p>

Sila pertama Pancasila yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, dapat diterapkan di sekolah dengan cara:

1. Menanamkan nilai-nilai keagamaan kepada murid-murid, seperti mengajarkan doa sebelum dan sesudah pelajaran, serta mengadakan kegiatan keagamaan.

2. Menyediakan fasilitas untuk ibadah, seperti mushala atau kapel di dalam lingkungan sekolah.

3. Menjalin kerjasama dengan komunitas agama setempat untuk mengadakan kegiatan keagamaan bersama.

 


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan